Maskapai Terbaik Dunia, Qatar Airways Peringkat Pertama
nusatrip.com

Maskapai Terbaik Dunia, Qatar Airways Peringkat Pertama

Maskapai terbaik dunia menjadi pilihan tepat untuk temani perjalanan Anda. Saat bepergian ke luar negeri, kebanyakan akan lebih memilih untuk naik pesawat. Tujuannya agar menikmati perjalanan lebih efektif dan efisien. Bahkan banyak pula yang memiliki kecenderungan terhadap salah satu atau beberapa maskapai, dengan selalu mengandalkannya sebagai pilihan transportasi udara.

Tentu ada alasan yang membuat orang memilih suatu maskapai, salah satunya yakni pelayanan. Pelayanan yang diberikan seperti kondisi kabin, tempat duduk, makanan, kenyamanan selama penerbangan, hingga servis yang diberikan kru maskapai. Menurut survei terdapat beberapa maskapai yang memenuhi kriteria sebagai maskapai terbaik.

Maskapai Terbaik Dunia, Qatar Airways Peringkat Pertama
nusatrip.com

Inilah Maskapai Terbaik Dunia yang Perlu Anda Ketahui

Terdapat banyak maskapai yang masuk dalam nominasi, Qatar Airways yang menempati peringkat pertama. Qatar Airways berhasil meraih penghargaan bergengsi sebagai maskapai terbaik versi AirlineRatings. Maskapai ini adalah milik dari negara Qatar yang berkantor pusat di Doha. Keputusan Qatar Airways untuk tetap beroperasi di berbagai situasi menjadikan maskapai internasional ini sukses membukukan pendapatan yang tinggi.

Selain dilihat dari pendapatannya, AirlineRatings juga menilai maskapai dari beberapa hal. AirlineRatings mempertimbangkan dari usia masing-masing unit pesawat, produk yang ditawarkan, ulasan penumpang, hingga keamanannya.Qatar Airways yang menduduki peringkat pertama karena berhasil melakukan inovasi kabin. Bahkan turut memberikan pelayan terbaik terhadap penumpang.

Berikut ini adalah daftar lengkap maskapai terbaik dunia 2022 berdasarkan data pemeringkatan AirlineRatings.

Qatar Airways

AirlineRatings sebagai situs peringkat keselamatan perjalanan udara yang merilis daftar tahunan maskapai penerbangan terbaik. Maskapai Qatar Airways berhasil menjadi maskapai terbaik pada tahun 2022. Awalnya, maskapai ini yang secara khusus untuk penerbangan kerajaan. Namun, seiring dengan berjalannya waktu maskapai ini dijadikan maskapai komersial. Bahkan kini telah menjadi salah satu maskapai terbaik. Qatar Airways yang memiliki rute penerbangan yang lengkap sehingga dapat menemani setiap rencana bepergian yang akan Anda lakukan.

Qatar Airways sebagai maskapai penerbangan nasional Negara Bagian Qatar. Penerbangan ini memiliki hampir 150 tujuan. Misalnya seperti Benua Amerika, Afrika, Asia-Pasifik, Eropa, Timur Tengah, dan Kaukasus melalui hub Doha. Bandara Internasional Hamad yang dipilih oleh Skytrax menjadi Bandara Terbaik Dunia. Dalam laporan tahunan, Qatar Airways telah membawa sekitar 18,5 juta penumpang. Sementara melaporkan peningkatan pendapatan sebesar 78% mencapai QR52,3 miliar (US$14,4 miliar) hingga akhir Maret 2022.

Qatar Airways juga telah membuka sejumlah rute baru. Rute yang dibuka meliputi Abidjan, Pantai Gading; Lusaka, Zambia; Harare, Zimbabwe; Almaty, Kazakhstan; Kano serta Port Harcourt, Nigeria. Tentu saja, pencapaian yang konsisten dari Qatar Airways karena pelayanan terbaiknya untuk para penumpang. Penghargaan dari Skytrax sendiri menjadi penghargaan bergengsi pada industri aviasi.

Singapore Airlines

Singapore Airlines  juga termasuk maskapai terbaik dunia. Maskapai penerbangan berbendera Singapura dengan hubnya berada di Bandara Changi Singapura. Selama tahun 2021-2022, maskapai ini telah membawa 3.388.000 penumpang dengan 69 destinasi. Bahkan per 31 Maret 2022, armada operasi yang dimiliki Singapore Airlines yakni 123 pesawat penumpang dan tujuh pesawat kargo.

Pada 2021-2022, pendapatan Singapore Airlines yang sebesar SGD$2.121 juta (+309,6%) tahun-ke-tahun mengalami kenaikan SGD$2.806 juta. Maskapai penebangan ini juga memperkuat kemitraan terpisah dengan Garuda Indonesia dan Malaysia Airlines. Untuk menawarkan lebih banyak pilihan bagi pelanggan dan juga meningkatkan konektivitas untuk mendorong pariwisata kawasan Asia Tenggara.

Turkish Airlines

Turkish Airlines adalah maskapai penerbangan yang berasal dari Turki dengan hub yang berada di Bandara Istanbul. Maskapai ini memiliki sebanyak 370 pesawat dengan 128 negara tujuan. Menurut data dari Turkish Airlines Annual Report, pada 2021, jumlah penumpang maskapai penerbangan ini meningkat 45,7% pada penerbangan domestic. Sementara untuk pada penerbangan internasional meningkat 74,5%.

Hasilnya, pendapatan penumpang juga mengalami kenaikan sebesar 69% YoY menjadi US$ 6,4 miliar. Pada pendapatan kargo mengalami kenaikan 48% menjadi US$ 4 miliar. Pada tahun 2022, Turkish Airlines memiliki rencana untuk membuka tujuan penerbangan baru berdasarkan pada peluang dan kondisi pasar. Tentunya untuk memperluas pertumbuhan yang kuat di wilayah tersebut.

Japan Airlines

Japan Airlines (JAL) termasuk maskapai penerbangan terbaik dunia yang berdiri pada 1 Agustus 1951 di Jepang. Per Maret 2021, maskapai ini mengoperasikan 218 pesawat dengan 60 rute internasional dan 132 rute domestik di 368 bandara untuk 63 negara. Berdasarkan data JAL Group, pendapatan hingga Maret 2022 mengalami peningkatan 41,9% dari tahun ke tahun hingga 682,7 miliar yen atau yang setara US$5 miliar.

Selain itu, JAL juga memiliki rencana untuk mengurangi emisi CO2 dengan penggantian pesawat hemat bahan bakar. Maskapai penerbangan terbaik ini akan melakukan inovasi dalam operasi penerbangan. Bahkan penggunaan bahan bakar penerbangan alternatif untuk mengurangi total emisi CO2 menjadi hampir nol pada tahun 2050.

Emirates

Emirates adalah maskapai penerbangan global yang hadir dengan layanan 150 bandara di 78 negara dari pusatnya di Dubai, Uni Emirat Arab. Berdasarkan The Emirates Group Annual Report 2021-2022, hingga 31 Maret 2022, maskapai ini mengoperasikan lebih dari 1.100 penerbangan penumpang mingguan. Bahkan hingga mencapai 127 bandara di seluruh dunia.

Emirates terus memperkuat kemitraan strategisnya dengan Qantas dan flydubai. Maskapai ini memperluas kemitraan interline dan codeshare di seluruh Eropa, Amerika, Afrika, dan Asia. Termasuk dengan Aeromar, airBaltic, Airline, Azul, Cemair, Garuda Indonesia, Gulf Air, Maladewa, South African Airways serta TAP Air Portugal.

Emirates turut menandatangani perjanjian dan melakukan inisiatif dengan mitra pariwisata di berbagai tujuan sehingga dapat mendukung pemulihan perjalanan dan pariwisata. Dengan peningkatan kapasitas secara signifikan di sebagian besar pasar, keseluruhan pendapatan Emirates mengalami peningkatan 91% menjadi US$16,1 miliar. Atas pencapaiannya Emirates menjadi salah satu maskapai terbaik di dunia. Terlebih dalam hal aspek hiburan selama penerbangan dan eksekusi layanan yang elegan.

KLM

KLM adalah maskapai penerbangan yang berasal dari Belanda yang berdiri sejak 7 Oktober 1919. Oleh karena itu, menjadikannya sebagai maskapai tertua di dunia yang masih beroperasi dengan nama aslinya. Maskapai penerbangan ini yang beroperasi di 92 kota Eropa dan 70 destinasi antarbenua. Bersama SkyTeam Alliance, KLM menawarkan lebih banyak kemungkinan untuk penumpangnya dengan melayani 1.063 tujuan di 173 negara. Berdasarkan KLM Annual Report 2021, total pendapatan maskapai ini meningkat menjadi EUR 6.065 juta pada tahun 2021.

Selain itu, lebih dari 1.000 karyawan memperoleh pekerjaan baru di KLM melalui mobilitas internal. Bahkan pada 2020, KLM mendapatkan Diamond Award untuk Keselamatan Kesehatan oleh APEX. Sementara pada 2022, KLM mendapatkan penghargaan World Class dengan pujian dalam beberapa aspek. Mulai dari aspek kepemimpinan dalam keberlanjutan, pola pikir sirkular, efisiensi serta keterlibatan yang luar biasa pada sektor pendek.

Saudia

Saudi Arabian Airlines yang dikenal sebagai Saudia. Maskapai penerbangan Arab Saudi ini berbasis di Bandara Internasional King Abdul Aziz di Jeddah. Saudia dengan hub sekunder di Bandara Internasional King Khalid di Riyadh serta Bandara Internasional King Fahd di Dammam. Maskapai ini memiliki sebanyak 144 pesawat yang beroperasi untuk 100 destinasi.

Selama kuartal pertama tahun 2022, Saudia membawa 5,1 juta penumpang dengan jumlah penerbangan lebih dari 40.000. Saudia turut mengumumkan beberapa rute penerbangan baru.  Mulai dari Bangkok, Barcelona, Malaga, Marrakech, Moscow, Seoul, Entebbe, Amsterdam, Chicago, serta Mykonos.

Maskapai terbaik dunia banyak dipilih untuk melakukan perjalanan dengan aman dan nyaman. Maskapai tersebut yang akan memberikan pelayan terbaik terhadap penumpangnya.