Karya Seni Aplikasi Benda Ditempelkan Dengan Cara
unplash.com

Karya Seni Aplikasi Benda Ditempelkan dengan Cara Apa?

Karya seni aplikasi benda ditempelkan dengan cara apa? Jawabannya bisa Anda dapatkan dengan menyimak artikel ini hingga tuntas. Ketika mendengar istilah karya seni mungkin yang tergambar di kepala pertama kali yaitu sebuah lukisan atau patung. Namun sebenarnya karya seni bukan hanya itu saja, namun sangat beragam dan bermacam-macam.

Bahkan dalam kehidupan sehari-hari mungkin Anda juga melihat atau bahkan menciptakan seni akan tetapi tidak menyadarinya. Namun sebenarnya apa itu karya seni? Mulai dari seni, merupakan imajinasi yang diciptakan oleh manusia dengan kreatif menggunakan perasaan manusia itu sendiri, ciptaan tersebut juga memiliki nilai estetika atau keindahan.

Sedangkan karya seni berarti hasil ciptaan seni itu sendiri. Karya seni juga bisa didefinisikan sebagai hasil ciptaan manusia yang di dalamnya terkandung unsur lembut, indah, halus, dan juga memesona. Bentuk kesenian tersebut bisa dilihat dari benda yang kita gunakan sehari-hari ataupun benda yang digunakan untuk acara atau kebutuhan khusus.

Karya Seni Aplikasi Benda Ditempelkan Dengan Cara
unplash.com

Karya Seni Aplikasi Benda Ditempelkan dengan Cara Apa?

Karya seni terbagi menjadi dua kelompok yaitu seni rupa terapan dan juga seni rupa murni. Seni rupa terapan merupakan seni yang mengandung unsur estetika atau keindahan namun juga memiliki nilai guna dalam kehidupan sehari-hari. Seni terapan ini memiliki 2 fungsi. Pertama fungsi estetis yaitu untuk barang hias atau barang untuk mempercantik sesuatu sehingga hanya dinikmati unsur keindahannya saja.

Misalnya yaitu vas bunga, topeng, kerajinan, dan lain sebagainya. Fungsi kedua yaitu praktis yang dimiliki oleh karya seni yang mampu memerikan fungsi bukan hanya dilihat keindahannya saja. Misalnya yaitu meja, kursi, almari, rumah, dan lain sebagainya. Seni rupa terapan juga terbagi menjadi 2 cabang yaitu 2 dimensi dan 3 dimensi.

Seni rupa terapan 2 dimensi merupakan karya yang hanya memiliki 2 sisi yaitu panjang dan lebar, tidak memiliki ruang sebab tidak memiliki unsur ketinggian dan ketebalan. Banyak contoh seni 2 dimensi yang sering kita lihat. Misalnya yaitu seperti lukisan, mozaik, karikatur, fotografi, grafis, kaligrafi, poster, dan lainnya.

Kemudian karya seni rupa 3 dimensi merupakan karya seni yang memadukan unsur panjang, lebar, dan tinggi sehingga membentuk volume dan bisa dilihat dari segala sisi maupun arah. Contohnya yaitu patung, tugu, monumen, keramik, dan juga seni karya. Karya tersebut tentunya bisa kita lihat baik dari depan, belakang, atas, maupun bawah.

Sementara itu, jenis seni murni merupakan karya seni yang diciptakan untuk dinikmati keindahannya saja bukan untuk mempertimbangkan kegunaannya. Biasanya seni murni memiliki nilai estetika yang tinggi dan juga berkualitas. Karena itu tak heran jika para senimannya sering menunjukkan karyanya melalui pameran atau galeri agar bisa dinikmati oleh orang lain.

Contoh dari karya seni murni seperti lukisan, patung, kaligrafi, dan lain sebagainya. Anda pastinya juga sering melihat karya murni ini dipajang di berbagai tempat sebagai hiasan bukan? Baik di rumah, sekolah, kantor, hotel, maupun tempat umum lainnya.

Karya Seni Aplikasi

Dari banyaknya jenis karya seni, kali ini kita akan membahas mengenai karya seni aplikasi benda ditempelkan dengan cara apa. Namun sebelumnya tahukah Anda apa itu karya seni aplikasi? Istilah tersebut mungkin masih sedikit asing bagi sebagian orang sehingga membuatnya semakin penasaran dan ingin mencari tahu lebih banyak.

Karya seni aplikasi merupakan salah satu seni yang berguna untuk menghias kain atau benda lainnya yang berbahan kain. Cara menghias tersebut yaitu dengan menempelkan potongan kain yang sudah dibentuk sedemikian rupa pada kain lain sebagai hiasan. Karena berperan sebagai hiasan maka bentuk kain yang ditempelkan tentu memiliki keindahan.

Misalnya yaitu berbentuk bunga, daun, binatang, benda langit, maupun bentuk-bentuk geometri seperti kotak, segitiga, lingkaran, dan sebagainya. Karya seni ini juga termasuk karya yang paling mudah untuk dilakukan atau dibuat dibandingkan dengan karya lainnya. Bahkan bukan hanya orang dewasa saja yang bisa melakukannya, namun anak-anak pun juga bisa.

Seperti yang telah disebutkan bahwa karya seni ini menggunakan teknik menempelkan, caranya yang digunakan yaitu menggunakan teknik menjahit dengan benang dan jarum. Caranya pun bisa dilakukan menggunakan mesin jahit maupun menggunakan tangan seperti menjahit biasa. Dengan begitu kita tahu bahwa karya seni aplikasi benda ditempelkan dengan cara dijahit, baik menggunakan mesin maupun tangan.

Karya seni aplikasi umumnya digunakan sebagai hiasan pada berbagai benda yang berbahan kain. Misalnya yaitu pakaian, dompet, tas, sarung bantal, taplak meja, gorden jendela, hiasan dinding, dan masih banyak lagi. Adanya hiasan ini akan membuat barang-barang tersebut terlihat lebih indah, tidak terlalu polos, dan juga bisa menambah nilai jualnya.

Cara Membuat

Untuk membuat karya seni aplikasi benda ditempelkan dengan cara menjahit tidaklah sulit. Karena itu pun anak-anak bisa diajari untuk mencoba membuatnya. Hal ini juga bertujuan untuk mengembangkan keterampilan anak sekaligus memicu sifat kreatifnya dalam menciptakan sesuatu. Karya seni aplikasi sering menggunakan bahan berupa kain perca yang sudah tidak terpakai lagi.

Kain perca sendiri merupakan sisa kain yang akan dijadikan pakaian oleh penjahit dan sudah tidak dimanfaatkan lagi. Meskipun berupa kain sisa dan tergolong limbah namun kain perca masih bisa dimanfaatkan untuk menciptakan sesuatu yang indah dan bermanfaat. Untuk mendapatkan kain perca ini sebagai bahan pembuatan karya seni aplikasi maka Anda bisa mendapatkannya dengan mudah dari penjahit pakaian yang ada di sekitar lingkungan Anda.

Setelah mendapatkannya maka selanjutnya Anda bisa mulai membuat karya seni ini. Nah, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama siapkan bahan yaitu kain perca, gunting, kertas, benang, jarum, dan juga kain yang akan dihias.
  2. Kemudian Anda bisa membuat desain terlebih dahulu pada selembar kertas untuk mempermudah proses pemotongan kain. Buatlah bentuk sesuai yang Anda inginkan, bisa berbentuk hewan seperti kupu-kupu, tanaman seperti bunga atau daun, bentuk bulan, matahari, segitiga, persegi, maupun bentuk lainnya.
  3. Setelah jadi, maka potong desain tersebut kemudian gunakan untuk memotong kain perca agar bentuknya sama persis dengan yang diinginkan.
  4. Setelah kain perca terpotong menjadi bentuk sesuai desain maka selanjutnya Anda bisa menempelkannya pada kain yang ingin dihias. Anda bisa menentukan di mana posisinya yang tepat dan bagus.
  5. Jika sudah maka selanjutnya Anda tinggal menjahit potongan kain perca tersebut dengan kain yang ingin dihias. Anda bisa menjahitnya menggunakan tangan maupun menggunakan mesin jahit. Pastikan menjahit dengan rapi agar hasilnya juga bagus,
  6. Setelah semua kain perca sudah dijahit selanjutnya Anda bisa menyetrika kain tersebut agar tampilannya semakin halus dan rapi.
  7. Karya seni aplikasi benda pun sudah jadi.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai karya seni aplikasi benda ditempelkan dengan cara dan juga cara pembuatannya. Anda bisa mencoba membuat karya seni ini sendiri di rumah untuk mengusir bosan maupun melakukannya bersama anak-anak.