Karya Aplikasi Dibuat dengan Cara yang Mudah, Yuk Simak di Sini!
youtube.com

Karya Aplikasi Dibuat dengan Cara yang Mudah, Yuk Simak di Sini!

Karya aplikasi dibuat dengan cara yang tidak mudah. Ada berbagai tahapan yang harus Anda lakukan untuk membuat karya seni aplikasi. Jenis karya aplikasi sebenarnya menjadi contoh nyata bahwa seni yang indah dapat terbuat dari cara apapun, bahkan yang mudah sekalipun.

Sejak duduk di bangku sekolah dasar, kita sebenarnya sudah belajar mengenai karya aplikasi. Pastinya karya aplikasi juga tidak kalah menakjubkan. Selain itu, karya seni aplikasi ini juga akan lebih rapi karena terkait dengan sistem.

Mungkin Anda masih belum menyadari apa sebenarnya karya aplikasi ini. Oleh karena itu, berikut pengertiannya untuk Anda.

Karya Aplikasi Dibuat dengan Cara yang Mudah, Yuk Simak di Sini!
youtube.com

Karya Aplikasi Dibuat dengan Cara Berikut Ini!

Dunia seni itu sebenarnya sangatlah luas. Ada berbagai jenis karya seni dengan teknik pembuatan yang berbeda-beda. Salah satu yang sudah cukup populer adalah karya aplikasi atau karya seni aplikasi. Karya aplikasi sendiri banyak diterapkan pada kerajinan yang memiliki nilai estetika.

Mudahna, karya aplikasi merupakan suatu teknik dalam karya seni rupa tiga dimensi. Di dalam buku Seni Budaya Kelas 10 dari Kemendikbud, karya seni rupa tiga dimensi sendiri memiliki arti sebagai karya seni yang dapat terlihat dari dua sisi yang berbeda.

Berdasarkan dari fungsinya, karya seni rupa tiga dimensi ini terbagi menjadi karya yang memiliki fungsi pakai atau yang juga terkenal dengan seni terapan (applied art). Nah, karya aplikasi dibuat dengan cara tertentu tersebut juga termasuk ke dalam jenis karya seni rupa tiga dimensi.

Pengertian Karya Seni Aplikasi

Sebelum mengetahui bagaimana cara pembuatannya, akan lebih baik jika kita mengulas tuntas mengenai pengertiannya terlebih dahulu. Karya aplikasi atau karya seni aplikasi merupakan suatu teknik hiat.

Biasanya karya aplikasi ini diterapkan dalam seni jahit-menjahit dan menempel. Karya aplikasi dibuat dengan cara menempelkan berbagai kain yang dihias menyerupai berbagai bentuk.

Dengan kata lain, seni aplikasi dibuat dengan cara khusus untuk menghias kain. Beberapa orang bahkan menganggap bahwa karya aplikasi ini menjadi karya seni yang paling mudah di antara lainnya.

Pasalnya, siapa saja dapat membuat seni aplikasi ini. Seperti yang sudah disebutkan di atas, di Indonesia anak sekolah dasar juga sudah mempelajari untuk menciptakan karya aplikasi ini.

Aplikasi artinya termasuk karya yang menggunakan teiknik menempelkan atau menjahitkan potongan kain yang sudah memiliki bentuk seperti buah, binatang, bunga, dan lain sebagainya sebagai hiasan.

Meski menggunakan teknik menjahit, tetapi proses pembuatan karya aplikasi ini masih bisa Anda lakukan meski tanpa bantuan mesin jahit. Karya seni ini tidak hanya terbatas oleh panjang dan lebar sisi saja, tetapi juga mengenai tinggi dan juga kedalaman.

Proses Pembuatan Karya Aplikasi

Setelah mengetahui pengertiannya dengan benar, maka Anda bisa tahu karya aplikasi dibuat dengan cara apa. Meski mendapat julukan sebagai karya seni paling mudah, tetapi nyatanya membuat karya aplikasi tetap terdiri dari beberapa tahap.

Anda harus benar-benar mengetahui dan mengikuti tahapan tersebut agar hasilnya sesuai dengan harapan. Jika Anda mengikuti tahapan yang ada dengan benar, maka hasil karya aplikasi akan menjadi sangat indah dan memuaskan.

Berikut ini langkah-langkah dalam membuat karya aplikasi sendiri.

Memilih Kain yang Akan Digunakan

Langkah pertama yang paling penting adalah memilih kain. Seperti pengertiannya, karya aplikasi adalah sebuah karya seni menghias kain dengan teknik menjahit, baik itu dengan atau tanpa mesin jahit.

Oleh karena itu, Anda harus memilih kain terlebih dahulu. Pastikan kain pilihan Anda memiliki bahan yang cukup mumpuni dan tidak rapuh terhadap jahitan. Anda bisa menggunakan kain perca atau kain baru.

Membuat Desain

Setelah mendapatkan kain yang sesuai, maka selanjutnya adalah membuat atau memilih desain. Sebenarnya Anda bisa membuat desain terlebih dahulu ataupun memilih kain terlebih dahulu.

Apabila Anda membuat desain terlebih dahulu, maka sesuaikan jenis kain dengan desain tersebut. Namun, jika Anda memilih kain terlebih dahulu, maka Anda bisa menyesuaikan desainnya.

Anda bisa menyesuaikan desain dengan jenis kainnya. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan warna yang ingin Anda aplikasikan agar terlihat lebih menarik.

Menjiplak Gambar Desain

Karena karya aplikasi dibuat dengan cara menjahit, maka akan lebih mudah jika Anda menciptakan desain yang sudah ada di atas sebuah kertas. Gambarlah desain pada selembar kertas dengan baik.

Hal ini bertujuan untuk memudahkan proses pemotongan agar sesuai gambar yang Anda inginkan. Setelah berhasil menjiplak, langkah selanjutnya adalah memotong gambar desain tersebut dengan perlahan dan penuh kehati-hatian agar tidak rusak.

Akan lebih baik apabila Anda menggunakan guntung yang tangkas agar proses pemotongan lebih mudah. Jika sudah, maka persiapkan juga bahan untuk merekatkan aplikasi tersebut.

Menempelkan Aplikasi Sesuai Pola

Karya aplikasi dibuat dengan cara selanjutnya adalah menempelkan aplikasi yang sudah Anda buat sebelumnya. Tempelkan aplikasi tersebut sesuai dengan pola kain yang sudah terpotong di bahan dasarnya.

Agar hasilnya jauh lebih rapi, maka sebaiknya jahitlah pola dengan teknik yang sederhana atau bisa juga dengan teknik jahit sulam. Apabila proses menjahit sudah selesai, maka rapikanlah benang-benang yang masih berlebih pada bagian belakang.

Untuk merapikan benang tersebut, maka Anda hanya perlu memotongnya. Dengan begitu, maka benang yang berlebih tidak akan mengganggu lagi dan membuat hasil karya aplikasi menjadi jauh lebih rapi.

Rapikan Hasil Karya Aplikasi

Tahap terakhir karya aplikasi dibuat dengan cara yang cukup sederhana adalah dengan merapikannya. Untuk merapikan karya aplikasi, Anda bisa menggunakan setrika.

Tempelkan setrika tersebut pada kain yang sudah terdapat aplikasi di atasnya. Lakukan hal tersebut hingga aplikasi menjadi halus dan rapi, sesuai dengan keinginan kita.

Di Mana Saja Karya Aplikasi Dapat Diterapkan?

Anda kini sudah mengetahui bahwa karya aplikasi dibuat dengan cara menjahit atau menempelkan suatu aplikasi ke atas kain dan kertas. Satu yang menjadi pertanyaan adalah, apakah kita bisa menerapkan karya aplikasi ini di semua kerajinan?

Jawabannya adalah tentu tidak. Anda hanya bisa menerapkan karya aplikasi pada suatu kerajinan yang memiliki nilai estetika adalah keindahan. Hal itu karena karya aplikasi memiliki teknik pembuatan yang mirip seperti montase, kolase, dan juga mozaik.

Anda bisa menempelkan berbagai kain dengan hiasan bermotif tertentu, seperti menyerupai binatang, bunga, dan juga lain sebagainya. Karya aplikasi ini termasuk salah satu teknik hias yang dapat dilakukan oleh siapapun.

Membuat karya aplikasi, selain karena tekniknya cukup mudah, tetapi juga memerlukan modal yang cukup sedikit. Sebab, Anda bisa menggunakan bahan-bahan dari barang bekas sekalipun. Dengan begitu, maka biaya pembuatannya juga akan jauh lebih murah.

Anda pastinya bisa membuat karya aplikasi secara mandiri di rumah setelah mengetahui karya aplikasi dibuat dengan cara apa. Ikuti saja langkah-langkah yang ada di atas, dengan begitu maka Anda akan berhasil menciptakan karya aplikasi yang indah dan pastinya memiliki nilai estetika tinggi.