Jelaskan Cara Pembuatan Karya Seni Aplikasi
youtube.com

Jelaskan Cara Pembuatan Karya Seni Aplikasi, Simak!

Jelaskan cara pembuatan karya seni aplikasi agar bisa lebih mudah pembuatannya. Karya seni ini membutuhkan berbagai macam teknik. Dengan teknik yang bagus, maka akan tercipta suatu karya seni dengan hasil yang mengagumkan. Dalam kehidupan ini terdapat banyak karya seni yang bisa kita jumpai.

Manusia mampu menciptakan karya seni dengan berbagai macam bahan. Banyak sekali barang-barang yang awalnya tidak berguna dan tak bernilai berubah menjadi karya seni yang punya nilai jual yang tinggi. Semua itu berkat kreatifitas tangan manusia.

Jelaskan Cara Pembuatan Karya Seni Aplikasi
youtube.com

Jelaskan Cara Pembuatan Karya Seni Aplikasi!

Karya seni aplikasi merupakan salah satu teknik yang ada dalam karya seni rupa tiga dimensi. Sedangkan, karya seni rupa tiga dimensi termasuk sebuah karya seni yang  bisa disaksikan dengan lebih dari dua sisi.

Selain itu, karya seni aplikasi juga bisa dikatakan sebagai suatu teknik hias yang pada umumnya sering kita jumpai dalam seni jahit-menjahit.

Adapun cara pembuatan  karya seni aplikasi ini bisa dilakukan dengan menempelkan berbagai macam jenis kain yang dihias seperti halnya bentuk bunga, hewan, benda, dan masih banyak lagi yang lainnya..

Siapa saja bisa membentuk karya seni aplikasi ini. Bahkan anak kecil pun bisa diajari dan menerapkan karya seni ini dengan cepat dan mudah. Maka dari itu, Anda perlu jelaskan cara pembuatan karya seni aplikasi ini pada anak-anak secara terperinci.

Contoh Karya Seni Aplikasi

Karya seni aplikasi sebenarnya bisa kita jumpai setiap hari di berbagai macam tempat. Bahan dasar pembuatan karya seni ini pun juga beraneka ragam.

Agar tidak semakin penasaran, berikut ini adalah contoh karya seni aplikasi yang sering kita jumpai di sekitar kita.

Karya Seni dengan Menggunakan Kain Perca

Karya seni aplikasi juga termasuk salah satu seni yang bermanfaat untuk menghias bahan dasar berupa kain. Nah, karya seni ini tergolong dalam seni menjahit yang cukup mudah untuk kita praktekkan dari pada dengan jenis karya seni lainnya.

Untuk cara pembuatan karya seni aplikasi dengan kain perca ini ini yaitu dimulai dengan cara memotong kain sesuai dengan bentuk yang Anda inginkan.

Selanjutnya, Anda bisa menempelkannya pada kain yang lain. Adapun penerapan karya seni ini biasanya diterapkan dalam tas, hiasan dinding, tempat pensil, dan lain sebagainya.

Contoh karya seni ini pada umumnya berbentuk binatang,bunga,  daun, bangun datar, hingga bentuk-bentuk lain yang kerap kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Jika tidak memiliki kain perca, maka Anda bisa membuat dengan kertas origami.

Meski demikian, karya seni aplikasi paling banyak tercipta dari kain perca atau kain sisa. Dengan memakai media berupa kain perca, karya seni tersebut bisa menjadi lebih bernilai harganya.

Karya seni seperti ini sangat pas untuk kita terapkan dalam melatih motorik anak yang masih usia dini. Selain itu, karya seni seperti  ini juga bisa digunakan sebagai kesibukan jika Anda sudah selesai melakukan kegiatan sehari-hari.

Jelaskan cara pembuatan karya seni aplikasi dengan menggunakan sisa kain atau kain perca seperti berikut ini:

Bahan yang dibutuhkan:

  • Gunting kertas
  • Jarum pentul
  • Gunting kain
  • Pengukur kain
  • Jarum jahit mesin
  • Pensil
  • Jarum jahit tangan
  • Pelindung jari
  • Penggaris
  • Penjepit kain atau midang

Bahan:

  • Kain perca
  • Benang jahit
  • Tali
  • Dakron
  • Kain pelapis bagian belakang

Cara membuat:

Untuk cara membuat karya seni ini, ada beberapa langkah yang perlu Anda tahu. Mulai dari membuat pola, menggabungkan kain, menjahit potongan, dan lain sebagainya. Adapun caranya Anda bisa mengikuti langkah berikut ini:

1. Membuat pola

Pertama kali yang harus Anda lakukan dalam membuat pola yaitu dengan cara memilih motif yang Anda inginkan. Kemudian, Anda bisa merancang desain yang Anda inginkan.

Buatlah pola dengan menggunakan kertas, contohnya pola bunga untuk hiasan. Lalu, Anda tinggal menggunting kain perca sesuai dengan pola yang telah Anda buat.

2. Menggabungkan Potongan Kain Sisa/Perca

Selanjutnya, jelaskan pembuatan karya seni aplikasi ini dengan cara menggabungkan potongan kain perca yang membentuk blok. Kemudian Anda bisa menyambung blok satu dengan lainnya.

Lalu pasang dakron dan kain pelapis di bagian belakang blok. Selanjutnya buatlah jelujur pada tepi blok dan tengah blok supaya dakron dan kain pelapis tidak pisah atau lepas. Pasanglah blok pada penjepit kain yang biasa dikenal dengan pemindang.

3. Menjahit Tindas

Untuk membuat jahitan tindas, Anda bisa melakukannya dengan menjahit tangan atau mesin. caranya mudah, mulailah jahitan dari tepi kemudian ke arah tengah. Untuk bundel jahitan harus terdapat pada bagian dalam dakron.

4. Sashing atau Menyambung antara Blok

Untuk menyambung antara blok, maka Anda perlu menggunting terlebih dahulu dua lembar kain lapisan. Setelah itu, pasang dakron di antara dua lapisan kain.

Kemudian sambunglah lapisan kain depan dan lapisan belakang dengan menjahit jelujur. Setelah itu, jahitlah sambungan blok yang sudah dijahit jelujur.

5. Menyambung Border

Setelah menyambung blok, cara pembuatan karya seni aplikasi dengan kain perca ini bisa Anda lakukan dengan cara menyatukan dua lembaran blok dengan kain penyambung. Anda bisa menjahit seluruh kain penyambung.

6. Menjahit Binding

Pelisir merupakan ornamen berupa pita yang pada umumnya dijumpai pada pinggiran pakaian atau kain. Cobalah untuk memasang pelisir pada tepian border dengan menggunakan model jahitan tindas.

Karya Seni dari kain Flanel

Kain flanel termasuk salah satu jenis bahan yang dinilai serbaguna dan paling banyak digunakan untuk menciptakan karya seni. Sebab, kain flanel kualitasnya cukup baik dan mudah untuk dibuat menjadi kreativitas.

Kain yang berbahan wool ini memang sangat lembut dan nyaman digenggam. Tak heran jika banyak orang yang memilih jenis kain satu ini untuk membuat kreativitas atau karya seni. Flanel juga menghadirkan berbagai macam jenis warna kain yang menarik.

Warna-warna pada kain flanel ini bisa dibuat menjadi karya seni yang menarik dan lucu. Buktinya sudah banyak sekali produk kerajinan tangan yang tercipta dari kain flanel warna-warni ini. Antara lain seperti:

Tempat Tisu

Jika Anda sudah memiliki kotak tisu biasa, maka cobalah untuk tempelkan kain flanel pada bagian luarnya. Kemudian, bisa memilih warna serta bentuk sesuai keinginan. Tempat tisu Anda bisa menjadi lebih unik dan cantik.

Tempat Pensil

Jika Anda ingin membuat tempat pensil yang unik dan berbeda dengan yang lainnya, maka Anda bisa membuat sendiri karya seni dari flanel berupa tempat pensil. Dengan memakai kain flanel, Anda dapat membuat tempat pensil dengan model yang sesuai dengan keinginan Anda.

Tempat Handphone

Dari kain flanel, Anda bisa membuat karya seni berupa tempat handphone yang lucu. Anda bisa menggunakannya untuk kepentingan sendiri atau bisa jadi karya seni untuk dijual.

Tas

Tas dari kain flanel ternyata juga terbilang cukup menarik. Anda bisa membuat tas lucu dari kain flanel untuk anak kecil. Bahkan, saat ini sudah banyak produk tas yang terbuat dari kain flanel.

Jelaskan cara pembuatan karya seni aplikasi dengan kain flanel atau kain perca supaya bisa dipraktekkan dengan mudah. Anda bisa mengajari anak-anak untuk membuat karya seni ini. Dengan begitu, anak-anak bisa menjadi lebih kreatif.