Jelaskan Cara Membuat Karya Seni Aplikasi yang Tepat, Ikuti Langkah Ini!
quizizz.com

Jelaskan Cara Membuat Karya Seni Aplikasi yang Tepat, Ikuti Langkah Ini!

Jelaskan cara membuat karya seni aplikasi adalah termasuk ke dalam seni rupa tiga dimensi. Sejak duduk di bangku Sekolah Dasar, materi seni aplikasi sudah diterapkan kepada para siswa, bahkan mulai dari kelas 3.

Pastinya mempelajari seni aplikasi perlu dimulai dari yang simpel terlebih dahulu. Karena termasuk seni rupa tiga dimensi, maka karya seni aplikasi ini mampu kita lihat dan raba oleh indra.

Secara umum, memang seni rupa terbagi menjadi dua jenis, yaitu dua dimensi dan tiga dimensi. Karya seni aplikasi termasuk ke dalam seni tiga dimensi yang memiliki sisi panjang, lebar, tinggi, dan volume sehingga dapat dinikmati dari segala arah oleh manusia.

Jelaskan Cara Membuat Karya Seni Aplikasi yang Tepat, Ikuti Langkah Ini!
quizizz.com

Jelaskan Cara Membuat Karya Seni Aplikasi dengan Benar!

Ada begitu banyak jenis cabang seni di kehidupan. Setiap karya seni pastinya memiliki teknik tersendiri. Di karya seni tiga dimensi ada karya seni aplikasi.

Banyak orang yang menyebut bahwa karya seni aplikasi ini termasuk cabang seni yang paling mudah. Pada dasarnya memang teknik dari seni aplikasi ini hanya menempel atau menjahit saja.

Penyebutan seni aplikasi sebenarnya merujuk pada teknik yang digunakan, yaitu teknik aplikasi. Teknik aplikasi sendiri adalah suatu teknik dalam karya hias yang seringkali dimanfaatkan dalam seni menjahit.

Oleh karena itu, untuk menggunakan teknik ini, Anda perlu menyusun beberapa potong kain yang sudah dibentuk sebelumnya dan kemudian menyatukannya dengan menjahit. Namun demikian, biasanya para pemula bisa melakukan seni aplikasi dengan menempel di atas kertas saja.

Untuk jelaskan cara membuat karya seni aplikasi ini sebenarnya tidak sulit, tetapi juga tidak bisa dibilang terlalu mudah. Itu karena tingkatan sulit dan mudah sangat relatif untuk setiap orang.

Mungkin untuk seniman handal dan profesional akan berpikir bahwa seni aplikasi ini sangat mudah. Namun, untuk pemula pastinya akan berbeda. Satu yang pasti, siapa saja dapat membuat karya seni aplikasi mereka sendiri jika memang memiliki niat dan berkeinginan tinggi.

Jika Anda ingin belajar membuat karya seni aplikasi, maka berikut ini langkah-langkahnya.

Memilih Desain dan Bahan Kain

Untuk jelaskan cara membuat karya seni aplikasi yang pertama adalah memilih desain dan bahan kain yang sesuai. Apabila Anda masih pemula, maka sebaiknya memilih desain sederhana, seperti bentuk hati, bentuk bintang, burung, dan objek lain yang mudah dikenali.

Anda bisa memanfaatkan internet dalam menentukan desain aplikasi tersebut. Ingatlah bahwa Anda akan menjahit aplikasi tersebut di atas kain, jadi sebisa mungkin pilih bentuk geometris dan sederhana agar mudah dipotong.

Sedangkan untuk bahan kain, pikirkan atau sesuaikan saja jenis kain dengan desain yang Anda pilih. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan warna kain atau desain agar tidak bertabrakan.

Gambar Desain di Atas Kertas

Berikutnya jelaskan cara membuat karya seni aplikasi adalah menggambarnya di atas kertas. Jika desain Anda terdiri dari huruf-huruf atau bentuk asimetris lainnya yang harus menghadap ke arah tertentu, maka gambar berlawanan arah pada kertas.

Itu dilakukan agar bentuk gambar akan mengarah ke arah yang tepat pada potongan yang telah selesai. Hal ini harus Anda perhatikan dengan benar.

Jiplak Pola di Atas Lapisan yang Dapat Ditempelkan dengan Setrika

Kemudian Anda bisa menjiplak pola yang ada di suatu lapisan. Tempelkan aplikasi di sisi halus dari lapisan dengan perekat, karena sisi yang memiliki lem akan lebih sulit untuk dikerjakan.

Setelah Anda menyelesaikan desain dalam jelaskan cara membuat karya seni aplikasi, maka potonglah menggunakan gunting. Sebaiknya gunakan pena kain atau bolpoin dengan tinta yang tidak merembes agar hasil karya tidak ternodai.

Adapun lapisan kain keras yang Anda tempelkan dengan setrika tersedia di toko-toko kain.

Setrika Kain

Apabila sudah menjiplak desain pada kain, jelaskan cara membuat karya seni aplikasi adalah dengan menyetrika sisi belakang kain. Balikkan kain hingga sisi muka menghadap ke bawah. Pastikan juga pengaturan uap pada setrika Anda sudah mati.

Karena jika pengaturan uap belum mati, maka kelembabannya akan sangat mempengaruhi lapisan kain keras Anda. Setelahnya, Anda bisa memotong desain pada kain tersebut menggunakan gunting yang tajam.

Menempelkan Aplikasi

Nah, selanjutnya pada jelaskan cara membuat karya seni aplikasi adalah menempelkan aplikasi yang sudah dibuat pada sebuah kain. Pastikan bahwa bahan dasar yang akan Anda gunakan bersih dan telah disetrika agar rapi.

Jika Anda menggunakan bahan katun atau lainnya yang dapat mengecil, maka cucilah dengan mesin cuci pengering untuk mempersiapkan sebelum diberikan aplikasi.

Cara menempelkan aplikasi tersebut tentu saja dengan dijahit. Untuk itu Anda membutuhkan jarum dan benang atau bahkan mesin jahit jika Anda. Pastikan juga aplikasi sudah berada di tempat yang baik dan tidak mengganggu.

Rapikan Setelah Selesai

Apabila Anda sudah melakukan semua cara pada jelaskan cara membuat karya seni aplikasi seperti di atas, maka tahap paling akhir adalah merapikan karya tersebut.

Terkadang pasti akan ada suatu hal yang terlewat atau bahkan berbagai hal-hal kecil yang mempengaruhi kerapian dari karya seni Anda. Biasanya hal yang paling umum adalah benang yang menjulur keluar dan berantakan.

Anda bisa memotong benang tersebut dari sisi belakang aplikasi. Setelah tiu setrika kain tersebut agar lebih rapi dan tidak kusut. Anda juga bisa menambahkan sedikit hiasan dekoratif tambahan, seperti payet, kancing, dan lain sebagainya.

Tips Dalam Membuat Karya Seni Aplikasi

Apabila Anda sudah memahami jelaskan cara membuat karya seni aplikasi seperti di atas, maka selanjutnya adalah mengetahui tips-tips dalam mempraktekannya.

Ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui saat akan membuat karya seni aplikasi, yaitu:

  • Karya seni aplikasi tidak harus menggunakan mesin jahit. Mesin jahit hanya akan mempercepat proses penempelan aplikasi. Namun begitu, Anda tentunya sangat bisa menjahit dengan tangan. Jangan lupa untuk mencari tahu bagaimana langkah menjahit aplikasi dengan tangan yang benar.
  • Pastikan bahwa bahan kain untuk aplikasi Anda tidak lebih berat dari bahan dasar yang akan menjadi tempat mereka menempel. Karena jika aplikasi lebih berat, maka akan sulit menempel.
  • Anda bisa menggunakan aplikasi untuk menutupi lubang ata noda pada pakaian lama. Dengan begitu, Anda masih bisa menggunakannya.
  • Sebelum mencuci  pakaian yang telah selesai dipasangkan aplikasi, pastikan Anda tahu cara mencuci dari bahan aplikasi dan bahan kain dasar yang mereka tempeli.

Jika Anda mengikuti langkah di atas, maka sudah pasti proses pembuatan karya seni aplikasi tidak akan sulit. Anda bahkan bisa membuatnya secara mandiri di rumah.

Melakukan jelaskan cara membuat karya seni aplikasi tidak membutuhkan banyak biaya. Anda bahkan juga bisa menggunakan bahan-bahan bekas, seperti kain perca misalnya. Dengan begitu, Anda juga mengurangi limbah kain di Indonesia sekaligus mendapatkan hasil karya yang cantik dan pastinya memiliki nilai estetik tinggi.