Cara Upload Video Di Wa Full Tanpa Aplikasi
pixabay.com

Ini Dia, Cara Upload Video di WA Full Tanpa Aplikasi

Cara upload video di WA full tanpa aplikasi mungkin menjadi cara yang banyak dicari. Hal itu dikarenakan WhatsApp membatasi size dan durasi yang bisa diupload. Untuk WA Status biasanya hanya berdurasi pendek yakni kurang dari satu menit.

Padahal mungkin banyak dari kita yang ingin membagikan video dalam durasi yang panjang. Mengingat WhatsApp merupakan aplikasi yang banyak digunakan orang. Bahkan hampir setiap orang yang memiliki smartphone biasanya juga memiliki aplikasi ini.

Oleh karena itu, aplikasi ini bisa menjadi salah satu aplikasi yang bisa kita gunakan untuk sharing video. Namun, itu tadi kendalanya durasi dan size video yang bisa diupload memiliki keterbatasan. Jadi, memang banyak yang mencari cara agar bisa upload video secara full di WA.

Cara Upload Video Di Wa Full Tanpa Aplikasi
pixabay.com

Simak yuk Cara Upload Video di WA Full Tanpa Aplikasi

Teknologi merupakan hal yang sangat membantu kita dalam menjalankan aktivitas sehari-sehari. Salah satunya adalah teknologi smartphone. Kita bisa melakukan banyak hal lewat satu benda ini.

Di dalam smartphone ada banyak aplikasi yang bisa kita gunakan. Salah satu aplikasi yang dimiliki oleh pengguna smartphone adalah WhatsApp atau WA. Karena bisa mempermudah dalam melakukan komunikasi.

Kita bisa melakukan telepon, telepon video, mengirim dokumen, gambar dan video. Namun seperti dijelaskan di atas ada keterbatasan dalam pengiriman video. Berikut ini adalah cara upload video di WA full yang tidak perlu mendownload aplikasi lain.

1. Melalui Google Drive

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk bisa mengupload video di WhatsApp dengan full adalah dengan menggunakan Google Drive. Dengan menggunakan Google Drive video yang kamu kirim bisa utuh tanpa terpotong. Berikut ini adalah langkah-langkah mengirim video whatsapp melalui Google Drive.

  1. Pertama, kamu harus buka aplikasi Google Drive di Smartphone kamu atau bisa juga  melalui browser.
  2. Setelah itu unggah atau upload video yang ingin dikirim dengan mengklik icon \”+\” atau klik \”Upload\”.
  3. Selanjutnya pilih video yang ingin kamu kirim dan tunggu proses pengunggahan itu hingga  selesai.
  4. Jika sudah selesai, kamu bisa menyalin tautan atau link dengan cara \”Share Link\” dan paste di pesan WhatsApp.
  5. Terakhir, bisa kamu kirim ke orang yang akan kamu kirimi video.

Jika kamu ingin mengirim video yang sama ke orang yang lain lagi kamu tidak perlu mengupload ulang video. Kamu hanya perlu menyalin link tadi dan mengirimkannya ke orang lain. Namun, jika ingin mengirim video yang baru, kamu bisa mengulang proses di atas.

Selain itu, menggunakan penyimpanan di google drive juga bisa menguntungkan kita. Karena penyimpanan ini bisa diakses secara online. Penyimpanan ini seperti ini bisa menjadi backup an data kita jadi sewaktu-waktu jika smartphone kita rusak data yang kita miliki tidak hilang asal sudah dicadangkan ke Google Drive.

2. Melalui Lampiran

Cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah mengirim video melalui lampiran. Lampiran ini adalah bagian dari aplikasi WhatsApp Jadi, kamu tidak perlu melakukannya melalui browser atau aplikasi lain. Berikut ini adalah cara upload video di WA full tanpa aplikasi tapi melalui lampiran WA.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka aplikasi WhatsApp dan memilih kontak yang ingin kamu kirimkan video.
  2. Lalu klik pada simbol klip kertas yang ada di samping kanan dekat tombol untuk mengirim pesan atau lampiran.
  3. Selanjutnya kamu bisa klik pada opsi Document, jangan memilih opsi video meskipun file yang ingin kamu kirim berformat MP4.
  4. Langkah berikutnya adalah memilih video yang ingin kamu kirimkan

Tutorial upload video di WA tanpa aplikasi bisa kamu lakukan dengan cara di atas. Namun, memang tetap memiliki keterbatasan tapi setidaknya size atau durasi yang kita kirim bisa lebih besar dengan menggunakan cara ini.

Size maksimal ukuran file yang bisa kamu kirim melalui whatsapp adalah 100Mb untuk pengguna Android, 128Mb untuk pengguna Iphone, dan 50Mb untuk pengguna WA Web. Walaupun memiliki keterbatasan namun untuk mengirim video2 biasa tetap sangat membantu.

3. Mengupload Status Video WA dengan Durasi Panjang

Jika di atas adalah cara upload video untuk dikirimkan ke kontak. Kali ini adalah cara upload video di WA full tanpa aplikasi untuk status. Terkadang suka gemes sendiri karena kita upload video 30 detik tapi yang bisa terupload hanya 27 detik.

Hal itu pastinya akan membuat video terpotong. Juga Informasi yang dibagikan pasti akan menggantung. Untuk itu, berikut ini adalah tutorial upload video di WA full tanpa aplikasi di status.

  1. Pertama, kamu bisa membuka WhatsApp, lalu klik menu Status yang ada di samping kanan kolom Chat atau Obrolan.
  2. Kemudian Klik pilihan My Status dengan ikon kamera untuk membuat status WA yang baru.
  3. Lalu kamu bisa menentukan pilihan apakah ingin merekam langsung atau ingin mengambil dari galeri.
  4. Selanjutnya, Potong video sesuai dengan durasi yang kamu inginkan, antara 1 sampai 30 detik pertama dengan cara menggeser tools Cut ke samping kiri.
  5. Setelah itu kamu bisa mengklik tombol Send untuk melanjutkan (ikon panah berWArna hijau yang berada di pojok kanan bawah).
  6. Lalu akan tampil video dengan  30 detik pertama status kamu.
  7. Kemudian kamu bisa melanjutkan dengan mengunggah ulang video yang sama, namun dengan memilih Cut di bagian durasi dari 30 sampai 54 detik.
  8. Nantinya hal ini dapat menyambung video yang kamu unggah sebelumnya, sehingga status kamu bisa berlanjut hingga lebih dari 30 detik.
  9. Kamu bisa menuliskan caption sesuai dengan yang kamu inginkan pada kolom yang tersedia, lalu klik Send jika sudah selesai.
  10. Dengan begitu video status WhatsApp kamu akan menjadi lebih panjang dan tentunya tidak akan ada informasi yang terpotong.

Di atas adalah cara upload video di WA story full tanpa aplikasi. Namun, kamu juga bisa menggunakan aplikasi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Menggunakan Aplikasi

Walaupun judulnya adalah cara upload video di WA full tanpa aplikasi, namun pastinya kamu juga harus tahu cara dengan menggunakan aplikasi. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah aplikasi VidCompact.

Aplikasi ini berguna untuk mengkompres size video yang akan kamu kirim. Mengingat WA hanya mampu menerima uploadan video sebesar 100mb saja pada Android. Aplikasi ini memang hanya bisa digunakan untuk Android saja.

Namun, jika menggunakan aplikasi ini pastinya akan memudahkan kamu dalam mengirim video. Karena bisa dikompress dan ukurannya pasti menjadi lebih kecil dan tentunya juga lebih ringan.

Nah, di atas adalah cara-cara yang bisa kamu gunakan untuk mengirim atau mengupload video dengan durasi panjang di WA. Kamu bisa memilih salah satu cara di atas untuk mengirim video

Cara upload video di WA full tanpa aplikasi merupakan cara yang cukup praktis karena kita tidak perlu mendownload aplikasi lain. Dengan begitu, pastinya juga bisa lebih menghemat waktu.