2 Cara Upload Foto Instagram Agar Tidak Terpotong Tanpa Aplikasi
pixabay.com

2 Cara Upload Foto Instagram Agar Tidak Terpotong Tanpa Aplikasi

Untuk kamu yang menyukai memposting foto Instagram pasti selalu memperhatikan ukuran foto yang akan di upload. Akan tetapi tidak sedikit orang mengeluhkan karena foto terpotong saat akan mereka upload di Instagram. Entah ukuran foto menjadi persegi atau menjadi lebih atau kurang panjang. Tentunya hal ini akan terasa disayangkan karena tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Berikut ini cara upload foto Instagram agar tidak terpotong tanpa aplikasi.

Cara upload foto Instagram bisa dikatakan mudah. Walaupun terbilang mudah, ada banyak pemula yang belum mengetahui bagaimana caranya. Selain karena ukuran yang terpotong, kualitas gambarnya juga akan berubah. Seperti misalnya jika ukuran foto kamu berkualitas HD, tapi saat mengunggah ke Instagram ukurannya akan lebih kecil seperti hanya 640px saja.

2 Cara Upload Foto Instagram Agar Tidak Terpotong Tanpa Aplikasi
pixabay.com

2 Cara untuk Upload Foto Instagram supaya Tidak Terpotong Tanpa menggunakan Aplikasi 

Foto yang terpotong dan kualitas kurang baik tentunya bisa mengesalkan. Hal ini karena media sosial lain seperti Twitter atau Facebook memberikan fasilitas kepada penggunanya dapat mengupload ukuran gambar dan pixel sesuai dengan aslinya. Akan tetapi hal ini perlu diberlakukan oleh Instagram. Karena mereka berfokus kepada gambar dan konten video. Pengaturan pada ukuran bisa membuat proses pembuatan gambar pada Instagram menjadi lebih cepat dibuka dan ringan. Karena saat membuka gambar dengan pixel besar tentunya membutuhkan waktu dan data yang lebih banyak.

Deskripsi Singkat

Instagram merupakan suatu media komunikasi yang saat ini sedang disenangi oleh banyak generasi muda. Aplikasi ini dimanfaatkan untuk berbagi informasi yang berupa video dan foto. Penggunaan Instagram juga bisa dimaksimalkan sebagai tempat promosi atau pemasaran suatu brand serta sebagai tempat branding diri. Dengan begitu sangat penting untuk kamu yang memiliki tujuan tertentu untuk tahu cara upload foto Instagram agar tidak terpotong tanpa aplikasi.

Segala kegiatan yang akan menunjang untuk performa dari pribadi atau brand tertentu bisa diupload di Instagram berupa foto dan video. Karena Instagram mengatur ukuran foto dan video secara default, maka kamu perlu untuk mengatur terlebih dahulu. Kamu juga bisa mengetahui ukuran dari foto atau video terlebih dahulu yang akan diunggah sebagai antisipasi file terpotong. Instagram memiliki rasio foto dan video sendiri, sehingga saat mengupload tidak sesuai dengan rasio Instagram file akan terpotong.

Cara Mengupload Foto Horizontal 

Jika kamu ingin mengupload foto dengan bentuk horizontal cara yang bisa kamu lakukan cukup mudah. Berikut ini caranya:

  1. Buka aplikasi Instagram dan pilih foto yang akan kamu upload.
  2. Kemudian klik Sentuh ikon expand. Opsi ini berada di bawah sudut kiri bagian preview. Frame akan berubah secara otomatis dari persegi menjadi persegi panjang.
  3. Terakhir kamu bisa melanjutkan edit untuk mengupload seperti biasa. Ukuran dimensi foto maksimal ini adalah 1,91:1 bisa juga 1080 x 566 pixel.

Cara Unggah Foto Instagram supaya Tidak Terpotong Tanpa Memakai Aplikasi 

Jika kamu merasa heran dengan tampilan foto yang terpajang di Instagram terlihat cantik dan simetris karena ukuran yang pas. Tidak perlu khawatir karena kamu juga bisa membuat foto kamu terlihat indah dan enak dipandang karena ukuran yang pas. Kunci pastinya adalah mengetahui ukuran foto dari Instagram agar tidak terpotong tanpa aplikasi lainnya.

Cara pertama:

  1. Pertama-tama buka aplikasi Instagram terlebih dahulu. Untuk kamu yang belum memiliki aplikasi ini bisa download terlebih dahulu melalui Play Store atau App Store, kemudian membuat akun baru.
  2. Jika kamu ingin membuat story Instagram, bisa menekan tombol plus atau tambah di menu atas. Kamu juga bisa langsung membuka menu home di pojok kiri.
  3. Selanjutnya pilih foto yang akan kamu upload di Instagram. Kamu bisa mengubah ukuran foto sesuai dengan default yang ditetapkan Instagram.
  4. Kemudian download foto yang sudah diedit dengan ukuran yang sudah terbaru. Lalu bisa tap ikon anak panah ke bawah.
  5. Setelah selesai terdownload kamu bisa mengupload foto dengan ukuran terbaru dengan cara menekan icon tambah atau plus dan pilih feed Instagram.

Cara kedua:

  1. Buka aplikasi Instagram login ke akun Instagram kamu.
  2. Kemudian pilih foto yang akan diunggah dengan menekan icon plus atau tambah.
  3. Kemudian kamu bisa memilih icon anak panah dua yang saling berhadapan di pojok kiri bagian bawah atau icon resize. Icon ini memiliki fungsi sebagai pengubah ukuran foto menjadi persegi atau panjang.
  4. Terakhir setelah selesai memilih foto dan mengubah ukurannya kamu bisa langsung memberi caption dan unggah dengan menekan ikon panah ke arah selanjutnya.
  5. Tunggu beberapa saat hingga foto terunggah.

Itulah tadi 2 cara upload foto Instagram agar tidak terpotong tanpa aplikasi. Sekarang kamu juga bisa memiliki feed Instagram dengan foto yang lebih rapi dan teratur. Jika kamu merasa kedua cara ini sulit, kamu bisa langsung menggunakan fitur foto yang sudah disediakan oleh Instagram.