Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Windows 10 dengan Beberapa Opsi Ini!
freepik.com

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Windows 10 dengan Beberapa Opsi Ini!

Cara uninstall aplikasi di laptop Windows 10 yang akan kami bahas kali ini bisa menjadi pedoman untuk Anda. Khususnya bagi pengguna Windows, tenang saja akan ada beberapa opsi yang bisa diikuti dengan mudah.

Laptop Anda sering ngelag dan berakhir error ketika membuka terlalu banyak aplikasi? Banyak yang menjadi penyebab hal seperti ini terjadi, salah satunya adalah banyaknya file yang membuatnya penuh. Tentu saja otomatis makin banyak aplikasi yang perlu dibersihkan.

Namun ternyata sampai sekarang masih banyak orang yang bingung bagaimana cara menghapusnya dengan tuntas. Deretan aplikasi yang akhirnya hanya menumpuk tersebut jelas mengganggu bukan? Nah maka dari itulah pastikan kita ketahui langkahnya untuk menghilangkannya dari perangkat tersebut.

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Windows 10 dengan Beberapa Opsi Ini!
freepik.com

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Windows 10 dengan Beberapa Opsi

Beberapa orang memang belum mengetahui cara menghapus aplikasi tertentu. Bahkan tidak jarang beberapa aplikasi meski sudah di uninstall tetap tidak mau hilang dari perangkatnya tersebut. Apabila terjadi hal seperti ini tentu kita menjadi malas membersihkannya kembali.

Tenang saja kami hadir untuk membantu Anda jika saja ada kasus seperti ini terjadi. Apapun aplikasinya bisa dihapus sampai tuntas tanpa terkecuali, oleh karena itulah silahkan simak berikut ini.

Melalui Pengaturan

Opsi pertama yang kami sarankan adalah melalui menu pada pengaturannya. Buka laptop Anda lalu masuk ke Start yang berada di pojok bawah seperti biasa. Lalu cari saja ikon berupa setelan atau pengaturan.

Jika sudah kita bisa masuk ke Aplikasi. Lalu ke Aplikasi dan Fitur. Karena kita ingin meng uninstall nya jelas kita perlu masuk ke bagian dalam aplikasi melalui pengaturannya tersebut. Nantinya kita tinggal pilih saja klik ke Hapus Instalan.

Otomatis akan diproses pencopotan aplikasi tersebut dengan mudah sekali. Aplikasi yang Anda lepas tadi akan langsung hilang dari perangkat tersebut. Jadi mudah sekali bukan opsi pertama ini?

Melalui Menu Start

Cara kedua yakni melalui Menu Start. Pasalnya kita hanya perlu masuk ke bagian startnya tersebut untuk bisa memulai menghapus aplikasi mana saja yang sudah tidak terpakai. Maka dari itulah coba langsung saja langkah pelepasan tersebut.

Klik saja pojok bawah bagian ikon Start tersebut, langsung saja cari aplikasi mana yang ingin Anda hapus tersebut. Tinggal tekan dan tahan yang lama menggunakan klik kanan pada aplikasi yang ingin Anda uninstall tersebut. Otomatis kita akan terbantu proses penghapusan dengan mudah sekali tanpa perlu khawatir.

Menggunakan Panel Kontrol Program

Cara uninstall aplikasi di laptop Windows 10 yang satu ini menggunakan pada bagian panel kontrolnya. Ketika menggunakan laptop kita akan masuk saja ke panel kontrol lalu pilih saja bagian Programnya. Lanjutkan ke Program dan Fitur untuk bisa untuk melakukan pencopotannya.

Seperti biasa klik dan sambil tahan dengan menggunakan klik kanan agar program aplikasi tersebut terhapus. Pilih ke Hapus Instalan atau Ubah. Dengan begini otomatis akan terproses dan hapus langsung berbagai aplikasi yang sudah tidak terpakai.

Menggunakan Aplikasi Pembersih Khusus

Cara uninstall aplikasi di laptop Windows 10 juga bisa Anda coba lakukan dengan menggunakan tambahan aplikasi. Kini banyak sistem aplikasi yang akan membantu kita dalam melakukan pembersihan secara efektif. Tinggal pasang aplikasi tersebut lalu gunakan fitur pembersih aplikasi yang tersedia di dalamnya dengan mudah.

Manfaat Melakukan Uninstall Aplikasi di Laptop

Berikut adalah manfaat yang bisa Anda peroleh ketika uninstall aplikasi di laptop. Antara lain:

Peningkatan Kecepatan Laptop

Cara uninstall aplikasi di laptop Windows 10 ini akan membantu dalam peningkatan kecepatan pada laptop. Seperti yang kita tahu bahwa sekarang ini aplikasi yang tidak terpakai hanya akan membuat penuh perangkat. Pasti akan membuat sistem berjalan lebih lambat daripada sebelumnya.

Silahkan Anda untuk segera melakukan pembersihan. Kita akan diuntungkan dalam mempercepat laptop dan efektivitas aktivitas di perangkat tersebut.

Peningkatan Keamanan Perangkat

Cara uninstall aplikasi di laptop Windows 10 juga akan membantu dalam peningkatan keamanan. Banyak aplikasi yang sebenarnya membawa pengaruh tidak baik kepada perangkat. Sehingga tentu saja kita perlu segera melakukan banyak hal untuk segera mengatasinya.

Maka dari itulah akan lebih baik jika menghindari kebocoran atau memasukan virus ke laptop segera uninstall aplikasi tidak terpakai. Sortir dan uninstall aplikasi yang memang sudah tidak bisa kita gunakan. Kebanyakan akan langsung memberikan pengaruh terhadap kinerjanya sistem perangkat tersebut, bukan hanya pada laptop namun juga pada ponsel.

Membantu Menambah Ruang di HDD

Cara uninstall aplikasi di laptop Windows 10 memiliki manfaat yang jelas berhubungan dengan penambahan ruang. Laptop memiliki Hard Drive Disk yang memiliki manfaat penting sekali.

Aplikasi yang banyak dan menumpuk tidak terpakai memiliki data yang tentu saja bisa membuat Hard Drive Disk penuh. Jika hal ini terjadi jelas akan membuatnya makin tidak nyaman.

Meringankan Beban Perangkat

Terakhir tentu akan membantu meringankan beban dari perangkat laptop yang Anda gunakan. Kerja sistem yang terlalu berlebihan jelas berpotensi membuat perangkat lebih berat.

Jika hal seperti ini terjadi akan membuat kita harus berhati-hati ketika menggunakannya. Sistem yang membuat beban berlebih akan membuat kesabaran lebih ekstra.

Tanpa perlu khawatir sama sekali semua akan terselesaikan. Jadi silahkan memilih langkah mana yang paling mudah untuk Anda coba mandiri.

Cara uninstall aplikasi di laptop Windows 10 ini bisa Anda coba segera. Tanpa perlu berlama-lama, segera sortir aplikasi yang sudah tidak terpakai agar perangkat laptop Anda lebih ringan dari beban tersebut.