cara Setting Kamera Laptop Agar Terang
unsplash.com

Cara Setting Kamera Laptop Agar Terang dan Jernih, Simak!

Cara setting kamera laptop agar terang sangat berguna bagi Anda. Terlebih jika Anda memang sering melakukan Zoom meeting di perangkat tersebut. Pertemuan online menjadi sebuah kegiatan yang cukup populer sejak awal pandemi berlangsung beberapa tahun yang lalu.

Perangkat pendukung yang biasa digunakan dalam kegiatan ini umumnya adalah perangkat Laptop. Hal ini karena dirasa jauh lebih praktis dan memiliki gambar yang berkualitas. Oleh karena itu, setting kamera harus diketahui dengan baik untuk mendapatkan angle gambar yang cerah, dan lebih jelas. Pengaturan webcam ini sangat mempengaruhi kualitas gambar yang akan Anda dapatkan.

cara Setting Kamera Laptop Agar Terang
unsplash.com

Cara Setting Kamera Laptop Agar Terang dengan Berbagai Tips

Pandemi menjadi salah satu alasan perubahan gaya hidup dan kebiasaan seseorang. Seperti di sektor pekerjaan, banyak perusahaan mulai memberikan kebijakan baru tentang peraturannya di masa pandemi. Seperti WFH atau Work From Home yaitu melakukan pekerjaan secara remote alias bekerja di rumah masing-masing.

Ini sebetulnya dilakukan karena pada saat itu, kasus Covid-19 dengan jumlah penderita yang meningkat pesat, sehingga WFH menjadi salah satu jalan keluar bagi pemutus rantai penularan. Dari proses pembelajaran ini, maka lahirlah berbagai pertemuan secara online, baik bagi para pekerja, sampai siswa yang masih bersekolah. Zoom Meeting dirasa menjadi salah satu penjembatan interaksi yang cukup efektif dan praktis.

Tidak heran jika pasca pandemi berlangsung, menggunakan interaksi secara online masih dilakukan, mengingat prosesnya yang mudah dan dapat dilakukan kapan dan di mana saja. Dengan interaksi secara online ini, harus berjalan dengan berbagai persiapan. Seperti kondisi komputer maupun laptop yang prima, hingga suasana yang dibuat sedemikian rupa agar khidmat dan tenang.

Melakukan pertemuan secara online, tetap diwajibkan menjalankannya se formal mungkin. Persiapan laptop ini berupa pengisian daya yang cukup, serta pengaturan konfigurasi dan cahaya kamera laptop. Berikut beberapa cara meningkatkan performa kamera dengan baik.

Cara Setting Kamera Laptop Agar Terang Lewat Webcam

Memang benar, terdapat aplikasi pengaturan pada setiap jenis laptop yang berbeda-beda. Webcam menjadi salah satu jenis aplikasi pengaturan kamera dengan kualitas yang baik, sehingga banyak para penggunanya menggunakan aplikasi ini untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan termasuk dalam hal recording PC.

Selain karena performanya yang bagus, fitur-fitur pada Webcam juga tersedia secara lengkap dan menarik, namun tetap mengedepankan kemudahan akses sehingga dapat digunakan oleh semua kalangan, baik newbie maupun yang sudah ahli.

Berikut tata cara setting kamera laptop agar terang menggunakan Webcam yang benar, untuk mendapatkan hasil gambar terbaiknya. Pertama-tama, instal aplikasi Webcam ini, di Laptop yang akan Anda gunakan untuk melakukan meeting online. Selanjutnya, buka aplikasi tersebut, kemudian tekan menu pengaturan.

Pilih menu Dropdown kemudian klik Webcam. Setelah beberapa saat Anda akan mendapatkan berbagai macam menu yang ada di aplikasi ini dan pilih sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa, untuk mendapat kualitas gambar yang baik, Anda tidak boleh meninggalkan fitur pencahayaan dan kontras di aplikasi ini.

Terakhir, jika hasil gambar dirasa sudah sesuai dengan keinginan, Anda bisa tekan tombol OK dan lanjut menggunakannya.

Cara Setting Kamera Laptop Agar Terang Menggunakan Device Manager

Fitur device manager adalah bawaan laptop. Sehingga, Anda tidak perlu repot lagi untuk memastikannya terinstal di perangkat Anda. Karena, aplikasi ini pasti sudah tersedia di perangkat Anda. Penggunaan fitur ini dapat Anda pakai sewaktu-waktu. Terlebih ketika aplikasi kamera sedang terdapat masalah yang serius.

Pengaturan device kamera ini juga bisa menjadi solusi jika sebelumnya kamera laptop terlihat baik-baik saja, dan tiba-tiba mengalami suatu masalah, seperti hasil gambar yang buram, atau mengabur. Simak tutorial menggunakan editing kamera device manager berikut ini.

Cari fitur ini dengan menekan tombol Windows yang tersedia di keyboard laptop Anda. Kemudian ketik devices manager, dan pilih. Setelah fitur ini terbuka, Anda akan mendapati banyak menu pilihan. Kemudian pilih HD Graphics, klik kanan kemudian tekan update drivers. Cara setting kamera laptop agar terang yang selanjutnya pilih my computer, lanjut pilih menu let get me pick, kemudian  pilih menu Microsoft basic display adapter. Jika sudah selesai proses, kemudian tekan close.

Bagaimana Cara Menjaga Agar Kamera Laptop Tetap Jernih Saat Digunakan

Kualitas gambar pada laptop memang menjadi salah satu hal penting yang wajib kita perhatikan, saat akan melakukan zoom meeting, dan keperluan online lainnya. Namun siapa sangka, terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perbedaan kualitas gambar yang dihasilkan tersebut. Agar tidak menghambat performanya, berikut ini cara merawat kamera pada laptop agar tetap jernih dan bekerja dengan baik.

Rutin membersihkan Lensa Kamera

Cara setting kamera laptop agar terang saat digunakan, tidak terlepas dari beberapa faktor yang kita lakukan sehari-hari. Perawatan ringan secara rutin, seperti membersihkan kamera ternyata merupakan suatu solusi, agar Anda mendapatkan kondisi gambar yang sesuai dan jernih. Langkah ini juga bisa dilakukan hanya dalam waktu beberapa menit saja, untuk mengisi waktu luang Anda.

Caranya pun cukup mudah, Anda hanya memerlukan cairan khusus pembersih kaca, serta kain tipis yang halus untuk membersihkannya. Perlu diingat, proses ini wajib Anda lakukan secara hati-hati, karena proses yang salah justru akan membuat kaca lensa mudah tergores dan membuat hasil gambar yang didapatkan nantinya malah semakin buruk.

Sudut Pencahayaan yang Terang

Cara setting kamera laptop agar jernih juga wajib Anda lakukan. Namun, memastikan pencahayaan yang terang saat Anda melakukannya juga merupakan suatu solusi selanjutnya yang wajib Anda coba. Memastikan pencahayaan ini, dapat Anda lakukan dengan berbagai peralatan sederhana, seperti membeli lampu pencahayaan yang biasa disebut dengan lampu eksternal.

Setting Aplikasi Zoom dan Google Meet

Melakukan proses ini dapat menjadi salah satu cara setting kamera laptop agar terang yang selanjutnya. Pada aplikasi ini, sebetulnya terdapat fitur pengaturan, sehingga Anda dapat melakukan setting pencahayaan, sampai dengan resolusi untuk menentukan kualitas video Anda. Namun, untuk mendapatkan hasil yang baik, Anda wajib mendownload akun premium, ya.

Perhatikan Bandwidth

Apa itu Bandwith? Bandwidth sendiri merupakan kisaran maksimal besar kecilnya transfer yang sebuah perangkat dapat lakukan untuk proses pertukaran data. Singkatnya, Bandwidth merupakan kapasitas internet yang bisa masuk untuk mengakses suatu data di perangkat Anda.

Sehingga, apabila kapasitasnya kecil, hasil video juga akan berpengaruh dan malah tidak bagus. Pastikan Anda mengeceknya dan menutup beberapa aplikasi dengan kebutuhan data internet cukup tinggi, sebelum Anda melakukan pertemuan online. Selain itu, pastikan juga koneksi internet yang Anda miliki.

Penutup

Memastikan kondisi dan performa kamera pada perangkat laptop saat menggunakan interaksi secara online memang menjadi sebuah keharusan bagi kita. Apalagi, kualitas gambar ini akan sangat berpengaruh terhadap jalannya proses meeting yang akan Anda lewati. Sehingga, Anda wajib menjaga performa kamera tersebut dengan baik.

Cara setting kamera laptop agar terang merupakan salah satu hal yang wajib Anda lakukan. Carilah berbagai kendala serta cara mengatasinya sehingga saat Anda sedang melakukan pertemuan secara online ini, segalanya dapat berjalan dengan baik. Selain itu, mempersiapkan performa perangkat, seperti daya baterai, kondisi mesin laptop dan data internet juga tidak kalah pentingnya, untuk menciptakan suasana Zoom Meeting menjadi lebih kondusif.