Cara Sembunyikan Aplikasi di Hp Xiaomi
dardura.com

Cara Sembunyikan Aplikasi di Hp Xiaomi, Cepat dan 100% Berhasil!

Bagaimana sebenarnya cara sembunyikan aplikasi di hp Xiaomi? Hal ini ternyata masih jarang penggunanya ketahui. Padahal, menyembunyikan aplikasi bisa memberikan beberapa keuntungan.

Xiaomi di Indonesia menjadi salah satu hp sejuta umat. Artinya, Anda akan dengan mudah menemukan pengguna Xiaomi karena memang sebanyak itu yang menggunakannya. Sebenarnya hal ini cukup masuk akal, mengingat hp Xiaomi tergolong cukup terjangkau.

Meski harganya terjangkau, tetapi Xiaomi mampu memberikan spesifikasi mumpuni dengan fitur yang terus berkembang. Salah satu fitur yang ada di hampir semua hp keluaran baru Xiaomi adalah fitur sembunyikan aplikasi.

Cara Sembunyikan Aplikasi di Hp Xiaomi
dardura.com

Ternyata Inilah Cara Sembunyikan Aplikasi di Hp Xiaomi!

Karena spesifikasinya yang tergolong tinggi, hp Xiaomi bisa Anda gunakan untuk menginstal berbagai macam aplikasi di dalamnya. Anda bisa mengunduh mulai dari aplikasi video player, browser, pemutar musik, game, aplikasi edit, dan lainnya.

Ketika aplikasi diunduh, maka file akan muncul di layar hp agar pengguna lebih mudah untuk membukanya. Terkadang, aplikasi yang Anda unduh bahkan secara otomatis hadir di homescreen.

Hal itu sebenarnya tidak masalah dan justru tergolong memudahkan. Namun, berbeda jika Anda merupakan seseorang yang ingin menjaga privasi. Misalnya, Anda tidak ingin orang membuka aplikasi media sosial seperti Instagram atau WhatsApp di hp Xiaomi.

Untuk mengatasi masalah tersebut, maka Anda bisa menyembunyikan aplikasi-aplikasi tersebut. Fitur hide atau sembunyikan aplikasi ini sudah Xiaomi sematkan secara langsung melalui sistem MIUI mereka. Jadi Anda tidak perlu repot mengunduh aplikasi pihak ketiga.

Anda bisa menerapkan cara sembunyikan aplikasi di hp Xiaomi ini pada berbagai jenis aplikasi. Berikut caranya:

Menyembunyikan Aplikasi dengan App Lock

Metode pertama yang bisa Anda terapkan adalah menyembunyikan aplikasi melalui fitur Aplikasi tersembunyi bawaan MIUI Xiaomi. Fitur ini tersedia di hampir semua perangkat Xiaomi. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pergilah ke Setelah atau Settings hp Xiaomi Anda terlebih dahulu.
  • Geser layar ke arah bawah hingga menemukan kolom Setelan Aplikasi, kemudian klik pada menu Kunci Aplikasi.
  • Setelahnya akan muncul jendela baru, Anda hanya perlu klik bagian kanan atas (logo gerigi setelan).
  • Geser layar ke arah bawah dan klik opsi Aplikasi Tersembunyi, silahkan aktifkan itu.
  • Kemudian, pilih menu Kelola Apl Tersembunyi. Pada tahap cara sembunyikan aplikasi di hp Xiaomi ini Anda akan melihat daftar aplikasi terinstal. Silahkan beri centang pada aplikasi yang ingin Anda sembunyikan.
  • Apabila sudah, maka segera tutup semua jendela yang ada, maka sekarang aplikasi pilihan tersebut sudah berhasil tersembunyi di hp Xiaomi.

Untuk dapat melakukan cara ini, pastikan hp Xiaomi Anda memilih menu pengaturan Aplikasi tersembunyi. Karena jika tidak, maka artinya Anda harus menggunakan cara yang berbeda atau justru fitur ini tidak ada di tipe hp Xiaomi tersebut.

Bagaimana Cara Mengembalikan Aplikasi Tersembunyi di hp Xiaomi?

Terkadang Anda membutuhkan cara sembunyikan aplikasi di hp Xiaomi hanya untuk sementara waktu saja. Ketika sudah selesai, Anda ingin mengembalikan aplikasi tersebut.

Tidak perlu khawatir, mengembalikan aplikasi yang sebelumnya Anda sembunyikan di hp Xiaomi sama mudahnya. Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Bukalah menu Pengaturan atau Settings pada hp Xiaomi Anda.
  • Jika sudah terbuka, silahkan cari menu Aplikasi atau Apl di daftar pengaturan.
  • Sama seperti saat akan menyembunyikannya, kini Anda juga harus masuk ke menu Kunci Aplikasi.
  • Di dalam sana terdapat pada menu, yaitu Kunci Apl dan Apl Tersembunyi. Pilihkan bagian Apl Tersembunyi untuk masuk ke dalamnya.
  • Di dalam menu tersebut akan ada daftar aplikasi yang sebelumnya Anda sembunyikan dengan tombol berwarna hijau.
  • Untuk menampilkannya kembali, maka Anda hanya perlu klik tombol di samping aplikasi hingga menjadi abu-abu dan tidak lagi hijau.
  • Jika sudah melakukannya, maka Anda bisa keluar dari menu Pengaturan dan mengecek bagian menu hp dan juga home screen. Aplikasi yang sebelumnya tidak ada pasti sudah tersedia kembali.

Jadi, Anda tidak perlu takut melakukan cara sembunyikan aplikasi di hp Xiaomi karena bisa dengan mudah mengembalikannya seperti semula. Dengan menyembunyikan aplikasi, privasi Anda jadi akan lebih terjaga.