cara ngeblok tulisan di laptop
pixabay.com

Tanpa Ribet! Berikut Ini Serangkaian Cara Ngeblok Tulisan di Laptop

Sebenarnya ada banyak cara ngeblok tulisan di laptop, mulai dari menggunakan mouse atau keyboard. Namun jika kamu masih menjadi pemula dalam menggunakan laptop tentunya hal tersebut terlihat membingungkan. Untuk itu, kamu tidak perlu khawatir, berikut ini ada serangkaian cara untuk mengeblok tulisan yang ada di laptop.

cara ngeblok tulisan di laptop
pixabay.com

Serangkaian Cara Ngeblok Tulisan di Laptop

Tak hanya menggunakan mouse saja, melainkan teknik ngeblok di laptop untuk menyalin teks juga dapat dilakukan dengan keyboard. Nah, jika kamu penasaran, yuk, langsung saja simak serangkaiannya dibawah ini.

Menggunakan Mouse

Teknik mengeblok tulisan di laptop menggunakan mouse sebenarnya juga cukup beragam. Untuk caranya sendiri juga terbilang cukup mudah. Nah, berikut ini beberapa tekniknya.

  1. Untuk blok satu kata, maka langkah yang perlu kamu lakukan yaitu dengan mengklik kiri dua kali menggunakan mouse.
  2. Lalu untuk blog satu baris, arahkan kursor ke ujung teks, lalu klik kiri satu kali dan seret hingga semua baris teks tersebut diblok.
  3. Untuk blog satu paragraf, maka kamu perlu mengklik kiri tombol mouse sebanyak tiga kali.
  4. Nah, untuk memblok semua teks yang ada di dokumen tersebut, langkah-langkahnya yaitu arahkan kursor ke ujung tulisan. Setelah itu, tekan tombol kiri mouse lalu tarik ke bawah hingga selesai.

Menggunakan Tombol Shift + Tombol Arah

Selain menggunakan mouse, cara ngeblok tulisan di laptop juga dapat kamu lakukan dengan menggunakan kombinasi keyboard. Untuk langkah-langkahnya juga terbilang cukup mudah. namun jika kamu masih kebingungan, silahkan perhatikan berikut ini.

  1. Untuk memblok teks ke sebelah atas, yaitu dengan cara menekan “Shift” + “panah ke kiri”.
  2. Lalu untuk mengeblok teks ke sebelah kanan, yaitu dengan menekan “Shift” + “Panah ke kanan”.
  3. Selanjutnya untuk memblok teks ke atas yaitu dengan menekan “Shift” + “Panah ke atas”.
  4. Lalu untuk memblok teks ke bawah yaitu dengan menekan “Shift” + “Panah ke bawah”.
  5. Pada satu karakter atau satu baris tulisan, kamu perlu menekan tombol “Shift” disertai menekan tombol “kanan” “kiri” “bawah” serta ‘atas” secara bersamaan.
  6. Untuk memilih semua teks, maka hal yang perlu dilakukan yaitu dengan menekan tombol “shift” + “home” secara bersamaan. Atau juga bisa dengan menahan tombol “shift + “End” secara bersamaan untuk menyorot semua isi teks dari atas hingga bawah.

3. Menggunakan Tombol F8

Cara ngeblok tulisan di laptop yang tak kalah mudah berikutnya yaitu dengan menggunakan tombol F8. Metode ini bisa dibilang sebagai mode pilihan pengganti tombol “Shift” untuk menyorot sebuah teks dalam dokumen Word. Nah, jika penasaran langkah-langkahnya, simak berikut ini.

  1. Pertama-tama, silahkan arahkan kursor ke ujung teks yang ingin kamu blok.
  2. Setelah itu, tekan tombol F8 pada keyboard sekali saja.
  3. Apabila sudah, lihat sudut kiri pada bilah status Word (di bawah jendela Word) untuk Extend Selection.
  4. Untuk selanjutnya, silahkan arahkan kursor ke akhir teks tersebut.
  5. Nah, setelah itu, tulisan akan secara otomatis terblok dengan sendirinya.

Menggunakan Tombol CTRL + A

Cara selanjutnya yang dapat kamu coba yaitu dengan menggunakan kombinasi tombol keyboard CTRL + A. Nah, metode ini bisa dibilang menjadi yang paling mudah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu menekan tombol keyboard tersebut, maka secara otomatis teks yang kamu inginkan akan otomatis terblok dengan sendirinya.

Jadi itulah serangkaian cara ngeblok tulisan di laptop yang perlu kamu perhatikan. Nah, dengan serangkaian cara seperti yang sudah dijelaskan diatas tentunya akan mempermudah kamu untuk memblok teks sesuai keinginan. Tak harus semuanya, kamu dapat memilih salah satu cara diatas yang menurut kamu paling mudah.