Cara Mindahin File Laptop Ke HP
popsci.com

Cara Mindahin File Laptop Ke HP, Coba 4 Metode Mudah Ini!

Cara mindahin file laptop ke HP ternyata masih menjadi salah satu hal yang membingungkan. Dalam suatu keadaan tertentu yang mengharuskan kita memindahkan file yang ada di laptop ke HP. Apakah Anda sudah mengetahui seperti apa langkah-langkah yang harus dilakukan? Mengenai hal tersebut tidak perlu khawatir karena memang caranya sangatlah mudah.

Kita tahu smartphone memang menjadi salah satu teknologi digital yang peranannya sangat penting bagi kehidupan. Pada intinya tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi jarak jauh saja. Akan tetapi, HP juga menjadi salah satu alat yang dapat memudahkan kita untuk bekerja. Contohnya saja kita dapat menyimpan file ke dalam HP tersebut tanpa harus membawa laptop. Sebenarnya hal itu adalah keuntungan tersendiri bagi Anda yang tidak suka pergi kemana-mana menenteng tas laptop.

Meskipun begitu mungkin juga bisa dikatakan bahwa fitur-fitur yang terdapat di laptop lebih lengkap daripada smartphone. Tetapi faktanya juga tidak sedikit masyarakat Indonesia yang memindahkan file di laptop ke HP untuk suatu keperluan.

Cara Mindahin File Laptop Ke HP
popsci.com

Beberapa Cara Mindahin File Laptop Ke Hp

Terdapat berbagai macam cara yang mudah untuk kita gunakan memindahkan file dari laptop ke HP. Dimana nantinya kita bisa memanfaatkan aksesoris tambahan, aplikasi lainnya bahkan layanan penyimpanan.

Tetapi pastikan cara yang Anda pilih itu sesuai dengan kondisi maupun kebutuhan. Karena memang masing-masing cara menawarkan keunggulan serta membutuhkan media transfer yang berbeda-beda juga pastinya. Perlu diingat juga bahwa setiap metode memiliki kecepatan transfer yang beragam. Bisa dikatakan juga bergantung pada teknologi ataupun versi yang Anda gunakan. Daripada penasaran berikut ini terdapat beberapa cara mindahin file laptop ke HP.

Kabel Data

Untuk cara mindahin file laptop ke HP yang pertama bisa dilakukan menggunakan kabel data. Merupakan cara yang paling utama direkomendasikan meskipun Anda baru pertama kali melakukannya. Tidak hanya itu saja metode ini juga bisa dikatakan merupakan metode yang paling umum digunakan. Kabel data merupakan kabel yang biasanya kita gunakan untuk mengecas HP. Ternyata peranan kapal tersebut tidak hanya membantu mencharger baterai HP yang habis saja tetapi juga dapat membantu memindahkan file.

Pertama yang harus dilakukan tentunya mencolokkan kabel data ke HP serta laptop guna menyambungkannya. Sudah terhubung, agar muncul notifikasi di layar HP menanyakan mengenai apa tujuan Anda menggunakan kabel data tersebut. Biasanya terdapat menu pilihan charger only, transfer foto atau transfer file. Kemudian pilihlah transfer files. Pastikan juga HP sudah terhubung kemudian bukalah file explorer yang ada di laptop kemudian carilah mana file yang ingin dikirim ke HP.

Setelah anda menemukan file tersebut klik kanan lalu pilih copy. Carilah tempat dimana file tersebut ingin Anda simpan kemudian klik kanan area kosong yang ada di folder dan pilih opsi paste.

Flashdisk

Kemudian cara mindahin file laptop ke HP yang kedua adalah menggunakan flash disk. Hal ini menjadi rekomendasi terbaik apabila Anda berencana untuk memindahkan file yang ukurannya itu besar. Perlu diketahui bahwa file dengan ukuran besar tersebut tidak akan ideal pemindahannya jika menggunakan kabel data. Mungkin beberapa orang sudah mencoba dan mengatakan bisa tetapi sebenarnya atau proses pengirimannya sangat lambat bahkan terdapat kemungkinan terjadi kegagalan atau pengiriman tidak selesai.

Maka solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah memindahkan file tersebut menggunakan flash disk. Pertama yang harus dilakukan adalah menghubungkan USB ke laptop terlebih dahulu. Berikutnya temukan file yang ingin Anda pindahkan dan pilih menu copy dalam flashdisk. Selanjutnya hubungkan USB dengan HP menggunakan kabel OTG. Tunggulah sampai USB terbaca di HP Anda. Setelah itu masuklah ke file explorer yang di HP kemudian pindahkan data dari USB ke HP Anda.

Cloud Storage

Selain itu masih ada cara mindahin file laptop ke HP menggunakan layanan Cloud Storage. Tapi dalam hal ini tentunya jaringan internet yang stabil adalah salah satu kunci suksesnya. Sebetulnya. terdapat banyak layanan Cloud Storage yang bisa dimanfaatkan. Namun tidak ada salahnya jika Anda mencoba file box. Melalui layanan tersebut nantinya Anda dapat memindahkan file dari laptop ke HP ataupun sebaliknya dengan lebih leluasa.

Untuk bisa memindahkan file melalui file ini tentunya Anda harus mengunduh aplikasi seluler tersebut terlebih dahulu. Tidak perlu khawatir karena layanan tersebut sudah ada di Google Play Store ataupun App Store. Setelah itu login saja kemudian pilihlah file mana yang ingin Anda download.

Bluetooth

Menggunakan bluetooth juga menjadi salah satu metode yang dapat digunakan Untuk memindahkan file dari laptop ke HP. Mungkin sekarang ini sudah terdapat banyak laptop yang mempunyai fitur bluetooth di dalamnya sehingga hal tersebut akan memudahkan kita ketika ingin memindahkan file ke HP. Pertama yang harus dilakukan adalah menyalakan bluetooth pada laptop dan HP. Setelah itu carilah file yang ingin dipindahkan kemudian klik kanan pilih send to atau kirim ke.

Setelah itu akan muncul pop-up window yang berisikan daftar perangkat bluetooth yang sudah terhubung maka Pilihlah perangkat HP Anda. Tunggulah proses pengiriman sampai selesai.

Jadi bagaimana sangat mudah bukan, beberapa cara mindahin file laptop ke HP di atas? Tetapi kembali ke penjelasan sebelumnya yang mengatakan bahwa pilihlah cara yang mudah dan bisa dipahami oleh diri sendiri jika Anda tidak meminta bantuan kepada orang lain. Selamat mencoba.