Cara Menyetem Gitar dengan Aplikasi
pixabay.com

Cara Menyetem Gitar dengan Aplikasi, Bisa Menjadi Pilihan untuk Anda

Cara menyetem gitar dengan aplikasi bisa Anda lakukan dengan berbagai langkah. Bagi yang suka dengan alat musik gitar tentu tidak asing lagi dengan stem gitar. Stem gitar biasa pemilik gunakan untuk menghasilkan nada yang pas dan nyaring. Pastinya setiap orang menginginkan suara gitar yang nyaring dan enak bagi para pendengar.

Bagi yang sudah ahli dalam bermain gitar tentu sudah mengetahui nada yang pas. Namun, bagi yang masih pemula dan baru saja memiliki cara tertentu harus menyetem sendiri. Biasanya para pemula yang sedang belajar bermain gitar akan merasa kesulitan saat mengenali intonasi atau nada. Apalagi gitar belum melalui stem, tentu suaranya akan terdengar fals.

Cara Menyetem Gitar dengan Aplikasi
pixabay.com

Inilah Cara Menyetem Gitar dengan Aplikasi yang Bisa Anda Ikuti

Bagi para pemula melakukan stem gitar bukan merupakan hal yang mudah. Hal itu karena nada-nada harus sesuai supaya menghasilkan nada yang pas. Bagi yang sudah ahli cukup menggunakan perasaan dan pendengaran saja sudah bisa melakukan stem gitar. Namun, tidak perlu khawatir pada zaman yang sudah semakin berkembang teknologinya Anda bisa memanfaatkan sebuah aplikasi.

Saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan stem gitar. Terdapat beberapa cara untuk melakukan stem gitar menggunakan berbagai aplikasi. Berikut merupakan berbagai cara menyetem gitar dengan aplikasi yang bisa Anda ketahui:

Stem Gitar Menggunakan Aplikasi Guitar Tuna

Salah satu aplikasi yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan stem gitar yaitu Guitar Tuna. Anda bisa mendapatkan aplikasi Guitar Tuna ini secara gratis pada PlayStore. Aplikasi Guitar Tuna merupakan salah satu yang terbaik dan akurat untuk mengenali nada gitar.

Cara kerja dari aplikasi ini yaitu menggunakan sebuah mikrofon dari HP, setelah itu aplikasi bisa mengenali sebuah bunyi dari nada gitar tersebut. Tidak perlu khawatir cara stem gitar melalui aplikasi ini sangat mudah bahkan bagi pemula. Berikut merupakan cara stem gitar menggunakan aplikasi Guitar Tuna:

  1. Langkah pertama bukalah aplikasi Guitar Tuner terlebih dahulu setelah berhasil menginstal.
  2. Setelah aplikasi berhasil terbuka bukalah menu tuner.
  3. Kemudian bunyikan satu senar tanpa menekan kunci apapun pada gitar. Anda bisa mencoba dari senar ke satu yang terletak pada bagian bawah dan paling tipis.
  4. Selanjutnya Guitar Tuna akan otomatis mendeteksi senar berapa yang Anda bunyikan. Nadanya pun juga akan terekam pada mikrofon pada smartphone.
  5. Dalam melakukan stem gitar pada aplikasi ini, berikan terus senar gitar sampai nada menyentuh posisi yang pas pada garis tengah yaitu standar tuning.
  6. Apabila muncul pemberitahuan too low berarti nada terlalu rendah. Maka dari itu Anda harus menaikkan nadanya lagi dengan memutar key tune untuk mengencangkan senar.
  7. Jika yang muncul pemberitahuan too high berarti nadanya terlalu tinggi, Anda bisa mengundurkan senar sampai menyentuh nada yang pas.
  8. Pastikan melakukan langkah yang sama dengan senar yang lain.
  9. Apabila sudah berhasil Anda stem, sebaiknya coba mainkan gitar untuk mencoba apakah nadanya fals atau tidak.

Stem Gitar Menggunakan Aplikasi Pro Guitar

Cara menyetem gitar dengan aplikasi selanjutnya yaitu bisa menggunakan aplikasi Pro Guitar. Selain menggunakan Guitar Tuna Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi Pro Guitar untuk melakukan stem. Aplikasi ini bisa Anda mendapatkan secara gratis pada Google PlayStore atau AppStore.

Caranya cukup mudah hanya dengan beberapa langkah saja gitar Anda bisa merdu suaranya. Berikut merupakan cara stem gitar menggunakan aplikasi Pro Guitar:

  1. Langkah pertama install terlebih dahulu aplikasi Pro Guitar pada PlayStore.
  2. Setelah aplikasi berhasil terinstall lanjut untuk membukanya.
  3. Jika aplikasi sudah berhasil terbuka Anda akan melihat senar dan lubang gitar seperti umumnya.
  4. Kemudian petik senar yang paling bawah sendiri yaitu nomor satu.
  5. Setelah memetik senar gitar apabila muncul tune up, hal itu berarti senar belum selaras.
  6. Apabila muncul tulisan tune down ada bisa mencoba untuk mengendurkan senar sampai muncul tulisan tune in.
  7. Ada bisa mengulangi langkah tersebut pada senar gitar nomor 2 sampai 6. Pastikan semua senar tersebut Anda petik sampai muncul tulisan tune in.
  8. Setelah semua selesai kita sudah bisa Anda mainkan.

Nah, itu dia ulasan tentang cara menyetem gitar dengan aplikasi. Anda bisa mengikuti berbagai langkah tersebut untuk melakukan stem gitar supaya mendapatkan nada yang pas. Sehingga saat memainkan gitar akan mendapatkan suara yang indah dan nyaman untuk didengar.