Cara Menyembunyikan Aplikasi di Hp Samsung
pixabay.com

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Hp Samsung Ternyata Mudah

Hp sudah menjadi salah satu kebutuhan yang sangat wajib dimiliki, bahkan oleh semua kalangan masyarakat di luar sana. Hal tersebut dikarenakan hp mempunyai banyak fungsi, dan dapat bermanfaat bagi aktivitas sehari-hari. Nah, saat ini sedang banyak pembahasan mengenai cara menyembunyikan aplikasi di hp Samsung. Hal tersebut dikarenakan brand Samsung memang sudah populer dan bahkan digunakan hampir semua pengguna ponsel.

Namun siapa sangka ternyata aplikasi di hp Samsung dapat disembunyikan. Tetapi tidak semua pengguna tahu dan paham mengenai langkahnya. Selain itu, karena pengguna Samsung yang sudah mendunia, sehingga pembahasan ini sangat bermanfaat untuk kedepannya.

Bahkan hal ini juga akan membantu kamu dalam melindungi privasi. Itulah kenapa setiap pengguna harus tahu langkah menyembunyikan aplikasinya. Dalam hal ini kamu juga dapat melindungi aplikasi yang dianggap penting, supaya orang lain tidak tahu.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Hp Samsung
pixabay.com

Beberapa Cara Menyembunyikan Aplikasi di Hp Samsung yang Mudah

Mungkin sebagian pengguna ponsel mempunyai aplikasi, konten, atau privasi yang sebenarnya sangat penting dan tidak boleh diketahui orang lain. Oleh karena itu untuk mengatasi hal tersebut, kamu harus tahu  bagaimana mengenai cara menyembunyikan aplikasi.

Perlu kamu tahu,  ternyata perangkat Samsung sudah dibekali dengan aplikasi buatan sendiri. Hal tersebut bertujuan untuk menyembunyikan aplikasi penting. Sedangkan nama dari aplikasi tersebut adalah Secure Folder. Di mana perangkat ini juga memungkinkan untuk beberapa konten atau aplikasi tidak bisa dijangkau orang lain.

1. Cara Menyembunyikan Aplikasi di Hp Samsung Menggunakan Secure Folder

Langkah yang pertama ini terbilang sangat mudah dan setiap pengguna dari hp Samsung dapat menggunakan aplikasi bawaannya bernama Secure Folder. Penasaran bagaimana langkah-langkahnya? Silakan ikuti beberapa ulasan di bawah.

  • Silakan kamu buka hp lalu cari opsi “Secure Folder” di daftar aplikasidan kamu juga bisa gunakan kolom pencarian untuk menemukannya.
  • Setelah itu, silakan pilih menu “Secure Folder”, dan jika sudah terbuka maka tekan opsi “Next”.
  • Berikutnya, kamu bisa menekan tombol “Create Secure Folder”, dan tunggu sampai proses pembuatan folder rahasia ini selesai.
  • Kemudian kamu bisa membuat metode kunci keamanan untuk membuka folder tersebut dan beberapa pilihannya antara lain sidik jari, PIN, pemindai iris, atau pola.
  • Berikutnya kamu bisa mengatur kata sandi yang akan digunakan dan selanjutnya buka aplikasi tersebut pada menu “App Drawer”.
  • Lalu kamu bisa menekan opsi “Add Apps” atau tekan tombol “+”, tujuannya adalah untuk memilih aplikasi mana yang ingin kamu sembunyikan.
  • Langkah terakhir, kamu bisa memilih salah satu aplikasi atau beberapa sesuai keinginan sampai muncul tanda centang, setelah itu klik opsi “Add” untuk menyembunyikannya.

Namun jika kamu ingin membuka aplikasi yang telah disembunyikan, silakan masuk ke aplikasi “Secure Folder” dan masukkan kunci keamanannya. Namun jika kamu ingin menduplikasi aplikasinya, maka cukup tekan aplikasi yang disembunyikan dalam Secure Folder lalu tekan opsi “Add to Homescreen”.

2. Cara Menyembunyikan Aplikasi di Hp Samsung Melalui Homescreen

Selain mengikuti langkah-langkah di atas tadi, kamu juga bisa memanfaatkan homescreen di hp Samsung. Selain itu untuk caranya sendiri sangat mudah, dan bagi kamu yang penasaran atau belum tahu silahkan simak penjelasannya berikut.

  • Silakan kamu buka “App Drawer”, lalu pilih opsi ikon titik tiga di bagian kanan atas layar.
  • Kemudian silahkan pilih “Settings”, dan diikuti dengan “Hide Apps On Home and App Screen”.
  • Berikutnya kamu juga bisa menentukan aplikasi mana yang akan disembunyikan, misal Spotify lalu setelah itu tekan opsi “Done”.
  • Setelah itu aplikasi yang tadinya muncul di layar, maka akan langsung disembunyikan oleh sistem hp.
  • Namun jika kamu ingin mengakses aplikasi tersebut, silahkan cari melalui kolom pencarian di App Drawer.
  • Berikutnya kamu juga dapat mengaksesnya melalui menu “Apps” di Pengaturan, dan cari namanya lalu tekan “Open”.

Langkah tersebut sangatlah mudah untuk dilakukan, itulah mengapa sangat penting untuk tahu cara menyembunyikan aplikasi di hp Samsung. Selain itu kamu juga bisa menambah wawasan sebab semua konten, foto, video, bahkan aplikasi dapat disembunyikan tanpa sepengetahuan orang lain. Selamat membaca, semoga dapat bermanfaat.