Cara Daftar LinkAja yang Praktis dan Nikmati Keuntungannya
youtube.com

Cara Daftar LinkAja yang Praktis dan Nikmati Keuntungannya

Cara daftar LinkAja sangat mudah dilakukan sehingga Anda bisa menikmati berbagai keunggulannya. Pada era saat ini teknologi semakin berkembang, dengan banyaknya aplikasi yang hadir untuk membantu kebutuhan masyarakat. Salah satunya yakni kehadiran dompet digital atau e-wallet yang bernama LinkAja.

LinkAja adalah salah satu dompet digital yang bisa menjadi pilihan dan digunakan untuk keperluan berbagai transaksi. Sebelum menggunakan aplikasi ini, Anda perlu melalui proses pendaftaran yang cukup mudah. Bagi pengguna baru hanya perlu mengikuti panduan daftar LinkAja pada aplikasinya. Sama halnya dengan alat pembayaran baru seperti eWallet yang lebih dulu ada, setelah itu ada GoPay, OVO, dan DANA.

Cara Daftar LinkAja yang Praktis dan Nikmati Keuntungannya
youtube.com

Pahami Cara Daftar LinkAja yang Praktis dan Cepat

Mengutip dari laman resmi linkaja.id, LinkAja adalah produk andalan dari PT. Fintek Karya Nusantara (Finarya), bahkan telah terdaftar di Bank Indonesia. Sejak 21 Februari 2019, Finarya yang secara resmi memperoleh lisensi/izin dari Bank Indonesia. Hadirnya sebagai Perusahaan Penerbit Uang Elektronik dan Penyelenggara Layanan Keuangan Digital Badan Hukum. Finarya juga telah menggunakan Sistem Manajemen Keamanan Informasi.

Cara daftar aplikasi ini perlu untuk diketahui calon penggunanya sehingga bisa menggunakan semua fitur yang tersedia. Fitur yang tersedia mulai dari pembayaran tagihan listrik, telepon, BPJS, internet, PDAM, serta transportasi. Selain itu, sistem layanan lainnya dari aplikasi ini yang bisa digunakan dalam transaksi pembelian pulsa, voucher game, paket internet, token listrik, hingga beli BBM di Pertamina. Bahkan tersedia layanan kirim uang ke sesama penggunanya dan rekening bank.

Cara Daftar

Bagi Anda yang tertarik dan ingin menggunakan LinkAja, hal pertama yang perlu dilakukan yakni mengunduh aplikasinya melalui PlayStore atau AppStore. Setelah itu, Anda bisa mengikuti beberapa cara daftar LinkAja brikut ini.

Pastikan download dan instal aplikasi LinkAja terlebih dahulu. Selanjutnya masuk ke dalam aplikasi dan masukkan nomor HP yang masih digunakan. Anda perlu hapus bagian awal yakni tanpa menggunakan 0. Kemudian input nomor yang akan Anda daftarkan, lalu tap mulai untuk mendaftarkannya.

Anda perlu tunggu sistem mengirimkan kode verifikasinya. Biasanya kode akan dikirimkan melalui pesan singkat dan jaga kerahasiaan kode tersebut. Selanjutnya masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan. Setelah itu, tulis alamat email aktif serta nama lengkap. Anda bisa pilih menu buat akun untuk melanjutkan prosesnya. Nantinya akan terlihat pilihan Syariah LinkAja jika ingin menghindari riba.

Namun Anda bisa melewati proses tersebut jika tidak menginginkannya. Pastikan untuk membuat PIN yang mudah diingat, namun sulit ditebak. Langkah berikutnya konfirmasi PIN yang telah diinput sebelumnya.

Pembuatan akun saat ini telah selesai, setelah melakukan verifikasi akun Anda bisa mengisi saldonya. Hal ini perlu dilakukan agar bisa melakukan transaksi secara lebih mudah dan simple. Caranya memang tidak terlalu rumit yakni hanya melalui bank atau swalayan yang telah melakukan kerja sama dengan pihak tersebut.

Langkah-Langkah Verifikasi Akun

Setelah Anda mengikuti cara daftar LinkAja, akan lebih baik jika segera melakukan verifikasi email. Tujuannya agar Anda bisa menggunakan aplikasi tersebut lebih leluasa serta terjamin keamanannya. Jika sewaktu-waktu terjadi masalah, Anda untuk menghubungi customer service melalui email resmi atau lainnya. Berikut ini adalah beberapa langkah verifikasi akun.

Pastikan untuk operasikan software LinkAja yang telah Anda miliki. Selanjutnya masuk ke bagian akun, lalu klik menu email. Anda bisa pilih menu kirim email dan masukkan PIN yang sebelumnya telah diinput. Sebaiknya tunggu hingga sistem memberikan laporan email sudah terkirim. Jika ada pesan masuk, bisa langsung lakukan pengecekan. Pada pesan yang dikirim oleh sistem, lalu tap pilihan verifikasinya. Umumnya terdapat pada bagian paling bawah.

Saat pesan belum masuk, Anda bisa segera minta sistem untuk mengirimkan ulang. Jika selama menunggu ternyata tidak ada tanggapan, kemungkinan mengalami kendala, baik pada sistem pusat maupun email Anda. Salah satu solusinya yakni dengan menggantinya, berikut penjelasannya.

Masuk pada akun yang terdapat pada pojok kanan bawah. Selanjutnya tap pilihan email yang ada di dalamnya dan pilih menu ganti email. Sistem akan membawa Anda pada halaman berikutnya. Pastikan masukkan akun email baru yang masih digunakan. Kemudian masukkan PIN yang telah didaftarkan. Anda bisa tunggu hingga muncul pemberitahuan email sudah dikirim. Cek pesan yang terdapat pada email tersebut dan cari tombol verifikasi, lalu klik.

Cara Upgrade ke LinkAja Full Service

Tak hanya cara daftar LinkAja, jangan lupa untuk melakukan upgrade akun Anda. Hal ini karena aplikasi ini yang sudah tersedia dalam bentuk Full Service. Anda akan dengan mudah menikmati berbagai macam fitur dari LinkAja. Oleh karena itu, perlu mengikuti cara upgrade LinkAja untuk mengubah LinkAja dari model basic ke Full Service. Berikut ini adalah panduan cara upgrade LinkAja Full Service.

Klik menu Akun pada aplikasi LinkAja, lalu pilih Tipe Akun. Jika muncul pop up, maka klik Upgrade Sekarang. Selanjutnya, foto KTP dan selfie dengan memegang KTP langsung melalui kamera ponsel. Setelah itu, isi semua formulir sesuai data KTP Anda. Selanjutnya akan memproses permintaan untuk upgrade akun LinkAja. Anda akan mendapatkan pemberitahuan maksimal 3×24 jam atau 3 hari kerja.

Namun, ada juga yang hanya memerlukan waktu 1 hari. Jika disetujui, pihaknya akan mengirimkan notifikasi melalui aplikasi. Mungkin banyak orang yang belum mengetahui cara daftar LinkAja Basic dan Full Service. Pada akun Basic hanya bisa menyimpan saldo maksimal Rp 2 juta. Sementara batas saldo akun Full Service bisa mencapai Rp 10 juta. Selain itu, juga bisa melakukan transfer uang dari LinkAja ke bank atau e-wallet lainnya minimal Rp 100 ke sesama LinkAja dan Rp 10.000 ke rekening lainnya.

Keuntungan Membuat Akun LinkAja

Mungkin saat ini ada yang masih belum paham akan keuntungan yang diperoleh, jika menjadi salah satu pengguna LinkAja. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan membuat akun LinkAja.

Anda bisa melakukan pembayaran atau transaksi apa saja dengan mudah dan cepat. Hal ini karena Anda bisa langsung klik melalui aplikasi LinkAja dalam ponsel. Mulai dari pembayaran listrik, BPJS, top up saldo, transfer ke bank atau antar e-wallet. Anda juga bisa membayar biaya transportasi yang dilakukan ke mana pun. Bahkan untuk alat transportasi apa pun dengan menggunakan aplikasi satu ini. Untuk melakukan top up saldo di Gojek, Grab, naik MRT, pesan tiket kereta api serta pesawat, saat ini juga bisa Anda lakukan.

Hal yang tak kalah menarik, Anda bisa membayar kebutuhan sehari-hari. Misalnya seperti membeli pulsa di provider Telkomsel, Indosat, dan lain sebagainya melalui LinkAja. Dengan membuat akun LinkAja, Anda juga bisa melakukan pengisian saldo dalam ShopeePay. Kini, lakukan checkout belanjaan yang Anda butuhkan dengan mudah dan cepat.

LinkAja hadir sebagai pilihan yang tepat jika ingin memiliki dompet digital. Terlebih dengan keuntungan yang ditawarkannya, aplikasi ini sangat memudahkan masyarakat untuk bertransaksi secara online maupun offline. Oleh karena itu, cara daftar LinkAja tersebut penting untuk dipahami.