Cara Daftar Driver Gojek
unsplash.com

Cara Daftar Driver Gojek dan Syaratnya, Mudah Cukup Pakai Ponsel!

Cara daftar driver Gojek berikut ini bisa Anda terapkan dengan mudah. Bahkan Anda bisa mendaftar hanya menggunakan ponsel saja. Lapangan pekerjaan memang selalu dicari demi mendapatkan penghasilan. Bagi orang-orang yang benar-benar membutuhkannya, segala pekerjaan bahkan rela dilakukan asalkan halal dan bisa memberikan keuntungan.

Salah satu pekerjaan yang sering menjadi pilihan pada zaman sekarang yaitu dengan menjadi driver ojek online. Hal tersebut karena dengan menjadi driver tidak ada persyaratan khusus seperti gelar ataupun jenjang pendidikan. Kini pun banyak sekali platform ojek online yang memiliki banyak driver untuk melayani pelanggan. Salah satu platformnya yang paling populer yaitu Gojek.

Cara Daftar Driver Gojek
unsplash.com

Cara Daftar Driver Gojek dan Syaratnya

Menjadi driver Gojek memang bisa menjadi salah satu pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Apalagi mengingat Gojek kini sudah populer dan banyak dimanfaatkan oleh orang-orang. Anda pun juga bisa menjadikannya pekerjaan sampingan selain pekerjaan utama. Dengan begitu pun Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan di samping pekerjaan utama.

Gojek Indonesia resmi meluncur pada 13 Oktober 2010 dengan sistem yang masih sederhana dan hanya memiliki driver 20 orang sama. Cara pemesanannya pun masih dilakukan melalui call center 24 jam. Kemudian pada tahun 2014, Gojek disempurnakan agar driver dan penumpang agar lebih mudah melakukan transaksi.

Hal itu didukung dengan adanya tawaran dana investasi besar yang diterima oleh Nadiem Makarim. Setelah itu tahun 2015 Gojek meluncurkan aplikasi yang bisa diinstal pada ponsel. Aplikasi ini pun mendapatkan sambutan positif dari masyarakat luas karena pelanggan akan dimanjakan dengan tarif yang murah serta mudah dalam penggunaannya.

Aplikasi ini pun semakin dikenal masyarakat berkat adanya berbagai fitur. Misal fitur untuk penumpang Go Ride, fitur taksi online Go Car, fitur pengantaran barang Go Box, fitur pesan antar makanan Go Food, serta tersedia berbagai fitur layanan pembayaran.

Syarat Menjadi Driver Gojek

Sebelum membahas tentang cara daftar driver Gojek, kita akan membahas tentang persyaratannya. Dalam mendaftar menjadi driver Gojek memang tidak bisa asal mendaftar, terdapat syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Jika tidak maka tentunya Anda tidak bisa lolos menjadi driver Gojek. Lalu apa saja persyaratannya? Berikut ini adalah beberapa syaratnya:

  • WNI atau Warga Negara Indonesia
  • Memiliki usia minimal 18 tahun dan maksimal 65 tahun saat melakukan pendaftaran
  • Mempunyai rekening bank
  • Memiliki e-KTP yang asli
  • Sudah memiliki SIM C atau D asli yang masih dalam masa berlaku
  • Syarat dalam cara daftar driver Gojek selanjutnya yaitu memiliki STNK dan SKPD asli pajak 5 tahunan dan masih berada dalam masa berlaku
  • Memiliki SKCK asli atau yang legalisir
  • Kendaraan yang digunakan memiliki batas maksimal 8 tahun yang dihitung dari tahun pendaftaran
  • Maksimal CC kendaraan tidak boleh lebih dari atau sama dengan 250 cc
  • Kendaraan berjenis 4 Tak
  • Kendaraan bukan bertipe motor trail, sport, ataupun touring

Itulah persyaratan yang harus Anda penuhi sebelum mendaftar menjadi driver Gojek. Syarat tersebut tentunya penting demi kenyamanan dan juga keamanan Anda sendiri maupun untuk penumpang nantinya.

Cara Daftar

Setelah mengetahui syarat-syaratnya kini saatnya membahas tentang cara daftar driver Gojek. Cara ini tidak sulit serta hanya membutuhkan perangkat ponsel saja dan jaringan internet karena dilakukan secara online. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama Anda memerlukan aplikasi GoPartner. Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu melalui Playstore secara gratis.
  2. Setelah aplikasi terunduh dan terpasang selanjutnya buka aplikasi tersebut.
  3. Anda akan mendapatkan tampilan yang memberikan 2 pilihan yaitu “MASUK” dan “DAFTAR JADI MITRA”. Klik pilihan “DAFTAR JADI MITRA”.
  4. Selanjutnya Anda akan diminta untuk memasukkan nomor HP yang akan digunakan atau didaftarkan. Pastikan mengisi nomor dengan benar kemudian klik “Lanjut”.
  5. Setelah itu Anda akan mendapatkan kode verifikasi melalui SMS pada nomor yang telah Anda daftarkan sebelumnya. Cara daftar driver Gojek selanjutnya masukkanlah 4 kode tersebut pada tempat yang disediakan lalu klik “Konfirmasi”.
  6. Kemudian Anda akan masuk pada halaman Pendaftaran Mitra Gojek. Pada halaman ini Anda bisa memilih di antara 2 pilihan yaitu “Mobil driver” atau “Motor driver”. Pilihlah “Motor driver”.
  7. Setelah itu Anda akan masuk pada halaman “Lengkapi Profil Anda”. Di sini Anda harus mengisi data informasi yang diminta. Mulai dari nama lengkap, no HP yang aktif, no telepon darurat, email, kota tempat mendaftar dan lain sebagainya. Pastikan untuk mengisi data dengan benar. Setelah itu klik “Lanjut”.
  8. Kemudian Anda akan diminta untuk mengupload foto berkas yang diminta yaitu foto profil, KTP, SIM, STNK, SKCK dan juga Rekening Bank. Pastikan foto yang di upload terlihat jelas dan tidak blur. Setelah itu klik “Kirim berkas pendaftaran”.
  9. Anda akan mendapatkan tampilan layar bertuliskan “Pendaftaran Anda lagi dalam proses verifikasi”, artinya data yang telah Anda submit sedang dilakukan verifikasi oleh aplikasi. Anda juga bisa melihat status pendaftaran dalam laman “Daftar jadi Mitra”.
  10. Cara daftar driver Gojek pun sudah selesai.

Cara Cek Status Pendaftaran GoPartner

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Anda bisa melakukan pengecekan status pendaftaran pada aplikasi ini. Caranya pun mudah dan simple. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama buka aplikasi GoPartner pada ponsel Anda.
  2. Setelah aplikasi terbuka maka pilih menu “Daftar jadi Mitra”.
  3. Kemudian masukkan nomor telepon yang sudah pernah Anda daftarkan.
  4. Setelah itu maka Anda akan mendapatkan kode OTP melalui SMS yang masuk pada nomor yang Anda masukkan tadi. Masukkanlah kode OTP tersebut pada tempat yang tersedia lalu klik “Selanjutnya”
  5. Status pendaftaran Anda pun akan muncul dan bisa Anda lihat apakah sudah lolos verifikasi atau belum.

Jika Anda sudah lolos dalam proses verifikasi maka Anda dapat mengikuti langkah aktivasi yang diberikan melalui SMS. Untuk pengambilan atribut seperti jaket dan helm maka Anda bisa mengunjungi kantor Gojek terdekat. Namun jika Anda belum lolos mungkin saja terdapat syarat dan ketentuan dalam cara daftar driver Gojek yang belum Anda penuhi sehingga tidak bisa diterima. Misal karena umur, berkas yang di upload dan masalah lainnya.

Penutup

Perlu Anda pahami bahwa proses rekrutmen Mitra Gojek baru akan dilakukan dengan menyesuaikan berdasarkan kebutuhan masing-masing wilayah serta bisa dibuka maupun ditutup kapan saja tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu. Jadi jika terdapat pendaftaran dari calon mitra melalui aplikasi GoPartner secara online, maka pendaftaran tersebut akan diproses lebih lanjut jika terdapat kebutuhan penambahan driver pada wilayah yang didaftarkan oleh calon driver.

Misalnya jika Anda sudah melakukan proses pendaftaran dan sudah lolos proses verifikasi namun akun Anda belum aktif sehingga belum bisa digunakan, hal tersebut berarti bahwa pendaftaran mitra Gojek di area Anda sedang tertutup. Maka Anda harus menunggu hingga pendaftaran di buka agar bisa segera menggunakan akun dan mulai bekerja.

Demikianlah pembahasan tentang cara daftar driver Gojek yang bisa Anda terapkan. Semoga cara ini bisa membantu dan memudahkan Anda dalam melakukan pendaftaran.