Cara Daftar BPJS Kesehatan Online
unsplash.com

Cara Daftar BPJS Kesehatan Online dengan Mudah, Ini Langkahnya!

Cara daftar BPJS Kesehatan online sebenarnya cukup mudah untuk Anda lakukan. Terlebih sekarang ini Anda bisa mendaftar BPJS melalui online. BPJS ini memang sudah seharusnya dimiliki setiap masyarakat Indonesia. Karena mengingat BPJS ini merupakan jaminan kesehatan.

Nah, dengan adanya pendaftaran BPJS online ini Anda jadi lebih mudah dalam mendaftar BPJS di mana saja dan kapan saja. Dengan catatan, terhubung dengan internet. Pendaftaran BPJS secara online ini sudah pasti juga semakin memudahkan masyarakat. Karena masyarakat tidak perlu lagi mengantri dan berdesakan untuk melakukan pendaftaran.

Prosedur daftar BPJS Kesehatan secara online ini pastinya juga lebih menghemat waktu. Anda bisa mendaftar di sela-sela kesibukan tanpa perlu menghabiskan waktu untuk mengantre. Anda hanya perlu mendownload aplikasi JKN di smartphone untuk mendaftar BPJS secara online.

Aplikasi ini sudah bisa Anda temukan dengan mudah melalui Play Store atau App Store. Penggunaannya pun juga cukup mudah sehingga tidak perlu khawatir. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah dan memenuhi semua persyaratan dalam pendaftaran BPJS secara online.

Cara Daftar BPJS Kesehatan Online
unsplash.com

Cara Daftar BPJS Kesehatan Online dengan Mudah, Simak Tutorialnya Beriktu Ini!

BPJS Kesehatan ini merupakan program dari pemerintah untuk menjamin masyarakat Indonesia mendapatkan pemeliharaan dan perlindungan kesehatan. Dengan menjadi anggota BPJS kesehatan ini memungkinkan mereka yang perlu melakukan pengobatan ke rumah sakit tidak perlu lagi khawatir dengan biayanya.

Dengan menggunakan BPJS Kesehatan ini masyarakat tidak lagi perlu membayar biaya pengobatan. Sehingga mereka yang kurang mampu dapat mendapatkan perawatan kesehatan. Meski begitu, pengguna BPJS juga harus tetap membayar premi setiap bulannya sesuai dengan tingkat pelayanan yang diinginkan. Jika rajin membayar maka Anda bisa menggunakannya dengan lancar.

Bagi Anda yang ingin menjadi anggota BPJS kesehatan bisa langsung datang ke kantor BPJS kesehatan atau bisa mendaftar secara online di rumah. Anda bisa dengan mudah mendaftar melalui aplikasi JKN atau melalui link website www.bpj-kesehatan.go.id.

Nah, bagi Anda yang belum mendaftar menjadi anggota BPJS kesehatan, ada baiknya untuk segera mendaftarkan diri. Karena BPJS kesehatan ini memang sangat penting. Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika ingin mendaftar BPJS kesehatan secara online.

Download Aplikasi

Cara daftar BPJS Kesehatan online yang pertama Anda terlebih dahulu harus mendownload aplikasi mobile JKN dengan smartphone Anda. Anda bisa mendapatkan aplikasinya dengan install di Play Store atau App Store. Kemudian install dan tunggu hingga proses instalasi aplikasi selesai.

Kemudian Anda bisa membuka aplikasi yang berhasil terinstal. Klik menu Daftar kemudian pilih menu Pendaftaran Peserta Baru. Kemudian ikuti semua petunjuk dan syarat pendaftaran BPJS kesehatan sebagai peserta baru hingga semua proses selesai.

Baca Syarat dan Ketentuan

Dalam mendaftar BPJS kesehatan ini sudah pasti ada syarat dan ketentuan yang harus Anda ikuti. Sebelum mendaftar ada baiknya Anda membaca baik-baik hal ini. Kemudian ikuti semua persyaratan yang diajukan. Pastikan Anda membacanya dengan baik dan menyeluruh sebelum menyetujui.

Setelah membaca Anda bisa klik menu saya setuju kemudian klik selanjutnya. Kemudian masukan semua persyaratan yang dibutuhkan. Seperti NIK dan KTP kemudian isi kode Captcha. Pastikan semua data yang Anda isikan tersebut sesuai. Kemudian Anda bisa klik menu selanjutnya.

Biasanya secara otomatis layar gadget Anda akan menampilkan daftar keluarga dan calon penerima BPJS. Anda bisa klik menu selanjutnya. Anda bisa memasukan data diri sesuai dengan KTP kemudian klik menu selanjutnya untuk melakukan pendaftaran.

Pilih Fasilitas Kesehatan

Cara daftar BPJS Kesehatan online selanjutnya Anda bisa memilih fasilitas kesehatan yang diinginkan. Untuk fasilitas kesehatan ini memang terbagi menjadi beberapa jenis. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan dan kemampuan Anda saja. Karena, biasanya biaya yang dibebankan untuk premi tiap bulannya juga berbeda.

Pastikan Anda memilih fasilitas kesehatan yang mudah untuk Anda akses atau terdekat dengan lokasi Anda. Tujuannya untuk memudahkan Anda mengakses fasilitas tersebut ketika sakit. Namun pastinya lebih baik Anda juga tetap memperhatikan kualitas dari fasilitas kesehatan tersebut agar Anda mendapatkan fasilitas yang terbaik.

Masukan Alamat Email

Cara daftar BPJS Kesehatan online selanjutnya Anda bisa memasukan alamat email yang aktif kemudian klik Simpan. Setelah itu biasanya sistem JKN akan langsung mengirim kode verifikasi lewat email. Nomor tersebut bisa Anda salin ke mobile JKN maka secara otomatis tampil data peserta yang Anda daftarkan.

Selain itu, biasanya juga akan dikirimkan nomor virtual account yang bisa Anda gunakan untuk mengirim premi BPJS setiap bulannya. Pastikan nomor tersebut memang terkirim ke email Anda. Jangan lupa untuk menyimpan nomor tersebut karena akan memudahkan Anda dalam pembayaran premi.

Cetak Kartu

Cara daftar BPJS Kesehatan online selanjutnya setelah semua syarat dan ketentuan sudah Anda ikuti. Secara otomatis Anda akan terdaftar sebagai anggota BPJS kesehatan. Setelah itu, Anda bisa langsung cetak kartu BPJS Kesehatan. Nantinya kartu tersebut harus Anda bawa ketika berobat.

Pastikan kartu tersebut tidak hilang atau rusak. Karena hal ini akan sangat merepotkan Anda nantinya. Dengan kartu ini sebagai tanda bukti Anda menjadi anggota BPJS Kesehatan. Jadi ketika berobat semua biaya pengobatan dan perawatan Anda akan ditanggung. Anda tidak perlu membayar lagi.

Syarat Pendaftaran BPJS Kesehatan

Setelah mengetahui prosedur daftar BPJS Kesehatan secara online, ada baiknya Anda juga mengetahui syarat dalam pendaftaran BPJS Kesehatan ini. Baik pendaftaran online maupun offline Anda akan diminta untuk memenuhi beberapa persyaratan dalam pendaftaran BPJS Kesehatan ini.

Syaratnya antara lain KTP, KK, NPWP jika ada, nomor HP, buku rekening, pas foto ukuran 3 x 4. Jika online biasanya harus memberikan ukuran digital 50 kb. Kemudian Anda harus memasukan alamat email aktif untuk mempermudah proses pengiriman nomor verifikasi dan virtual account.

Prosedur Pendaftaran

Cara daftar BPJS Kesehatan online ini Anda juga harus mematuhi prosedur pendaftaran yang diberikan. Sebelum mendaftar sebaiknya siapkan semua berkas yang diperlukan untuk mempermudah Anda. Kemudian setelah masuk lama online isikan semua data yang dibutuhkan. Setelah itu, Anda bisa memilih biaya permi ada 3 pilihan kelas yaitu kelas 1, 2, dan 3.

Setiap kelas ini memiliki rentan biaya antara Rp 25 ribu hingga Rp59,5 ribu,. Selanjutnya lakukan pembayaran di bank BNI, BRI, atau Mandiri. Setelah selesai melakukan pembayaran, maka otomatis Anda akan terdaftar menjadi anggota BPJS Kesehatan.

Solusi Kendala dalam Pendaftaran BPJS Online

Setelah mengetahui cara daftar BPJS Kesehatan online ada baiknya Anda juga mengetahui solusi ketika mengalami kendala dalam pendaftaran. Mengingat Anda mendaftar sendiri tanpa bantuan petugas. Nah, apabila Anda mengalami kendala dalam pendaftaran ada baiknya menghubungi BPJS Kesehatan melalui nomor 165 atau Anda bisa langsung datang ke kantor BPJS Kesehatan untuk menyatakan keluhan.