cara Daftar Aplikasi Twitter
pixabay.com

Ini Dia Pengertian, Fitur, dan Cara Daftar Aplikasi Twitter Simple

Kamu pasti sudah tahu bahwa Indonesia menjadi salah satu negara dengan penggunaan sosial media terbanyak di dunia. Hal tersebut sudah terbukti dengan lebih dari 50% penduduknya menggunakan sosial media seperti Instagram, TikTok, Facebook, WhatsApp, Line, dan juga Twitter. Selain itu juga ditambah dengan berkembangnya teknologi yang semakin pesat, sehingga banyak juga orang menggunakan sosial media. Namun apakah kamu sudah tahu bagaimana cara daftar aplikasi twitter?

Karena semakin maraknya virus Covid-19, membuat semua aktivitas terpaksa dilakukan dari rumah. Sehingga, semakin meningkat juga orang yang menggunakan aplikasi media sosial, baik sekedar untuk hiburan atau menyelesaikan tugas. Sedangkan aplikasi media sosial yang banyak digunakan adalah Twitter. Diperkirakan sudah ada lebih dari 22.8% penggunanya di Indonesia. Hal tersebut karena ketika ada sesuatu berita yang sedang trending, maka Twitter adalah solusi terbaiknya.

cara Daftar Aplikasi Twitter
pixabay.com

Pengertian, Fitur, serta Cara Daftar Aplikasi Twitter yang Wajib Anda Tahu

Bahkan semua hal receh atau serius akan dibahas di aplikasi Twitter meskipun menyangkut agama, politik, skandal, hiburan, atau berita viral. Meskipun sudah banyak yang menggunakan aplikasi ini, kita akan memberikan beberapa informasi lainnya. Karena banyak juga yang belum tahu pengertian, serta fitur apa saja di Twitter. Untuk kamu yang penasaran dan belum tahu, maka jangan skip artikel di bawah ini.

Apa yang Dimaksud dengan Aplikasi Twitter?

Menjadi salah satu layanan jejaring sosial yang biasa disebut dengan mikroblog daring. Di mana aplikasi ini memungkinkan setiap pengguna untuk mengirim atau membaca pesan teks hingga 280 karakter. Pada awalnya, aplikasi Twitter hanya mengizinkan pengguna untuk mengirimkan 140 karakter, namun pada tahun 2017 sudah bertambah jumlah karakternya menjadi 280.

Untuk pengguna yang tidak mendaftar maka hanya dapat membaca tweet, sedangkan yang sudah terdaftar dapat menulis atau membagikan post tersebut. Selain itu, kata “Tweet” berarti pengguna menulis atau membagikan postingan. Sedangkan “Retweet” berarti membagikan tulisan pengguna lain ke beranda profil kita.

Fitur-Fitur yang ada di Aplikasi Twitter

Sebelum kita akan membahas mengenai bagaimana cara daftar aplikasi Twitter, di bawah ini akan ada beberapa fitur yang tersedia di dalamnya. Karena setiap pengguna aplikasi twitter, maka wajib tahu fitur apa saja yang disediakan. Penasaran dengan pembahasan ini? Yuk, kita simak bersama-sama.

1. Fitur Kicauan atau Tweet

Menjadi salah satu fitur yang memungkinkan setiap pengguna untuk dapat membagikan foto, video, tulisan, hingga GIF ke publik. Bahkan secara umum, tweet yang kamu bagikan tersebut dapat dilihat oleh semua pengguna aplikasi. Namun setiap pengguna juga dapat mengatur, batasan kiriman hanya bagi pengikut tertentu.

Selain dapat mengirim tweet melalui situs web atau aplikasi, pengguna juga mampu mengirim tweet lewat SMS khusus di negara-negara tertentu. Bahkan setiap pengguna juga dapat menggunakan twitter secara gratis. Namun jika akan mengirim tweet melalui SMS maka akan dikenakan biaya layanan seluler.

2. Fitur Follow, Followers, serta Unfollowing

Ketika kamu menggunakan aplikasi Twitter maka akan ada beberapa istilah seperti follow, followers, dan unfollowing. Semua fitur tersebut berfungsi untuk menghubungkan komunikasi dengan pengguna lain, serta bertujuan supaya mendapatkan tweet terbaru secara real-time melalui beranda twitter.

Selain itu, kamu juga dapat melakukan pemblokiran terhadap akun yang dirasa mengganggu atau mungkin ketika pengguna tidak menyukainya. Bahkan fitur ini juga sudah ada di beberapa aplikasi media sosial lainnya seperti Instagram, Facebook, dan sejenisnya.

3. Fitur Hashtag

Disebut juga dengan nama tagar dan mempunyai lambang #, biasanya fitur ini digunakan untuk mengawali setiap topik bahasan yang terjadi di twitter. Manfaat dari menggunakan fitur ini adalah, untuk mengidentifikasi sebuah brand tertentu. Setiap topik pembahasan yang menggunakan hashtag, biasanya akan memungkinkan untuk menjadi trending di aplikasi twitter.

Namun kini juga banyak yang masih penasaran dengan, bagaimana cara daftar aplikasi Twitter?

4. Fitur Retweet

Salah satu istilah yang digunakan untuk membagikan ulang kiriman, dan biasanya akan dibagian ke pengguna twitter lainnya. Fungsi dari menggunakan fitur ini adalah, supaya setiap kiriman tersebut selalu dalam keadaan relevan. Selain menyangkut kiriman setiap pengguna juga dapat me-retweet balasan, dengan tujuan untuk dibagikan ke pengikutnya.

5. Fitur Tampilan

Ternyata ada beberapa fitur unggulan yang dihadirkan oleh Twitter, salah satunya adalah tampilan. Menjadi fitur yang memungkinkan setiap pengguna untuk merubah tampilan menjadi bawaan, lampu mati, atau temaram.

Bahkan setiap pengguna juga dapat melakukan perubahan warna atau hurufnya, sehingga beranda twitter terlihat jauh lebih menarik. Selain itu, dengan memanfaatkan fitur ini, maka pengguna akan jauh lebih merasa nyaman ketika menggunakan Twitter. Selain itu, kamu juga harus tahu bagaimana cara daftar aplikasi Twitter yang tepat.

Tutorial Daftar Aplikasi Twitter

Karena ternyata masih banyak yang masih bingung dengan pembahasan ini, maka kamu harus menyimak informasi berikut dengan seksama. Hal tersebut juga akan bermanfaat di kemudian hari, dan inilah beberapa caranya.

  • Silakan kamu downlad aplikasi twitter di hp terlebih dahulu, lalu buka aplikasi tersebut dan tekan tombol “Get Started”.
  • Berikutnya kamu dapat mengetik nama, nomor telepon, atau email yang digunakan.
  • Jika kamu sudah selesai mengisi bagian tersebut dengan benar, silakan klik tombol “Next”.
  • Lalu kamu dapat menekan tombol “Sign Up”. Nantinya  Twitter akan mengirimkan kode sebanyak 6 digit ke nomor atau email yang dimasukkan tadi.
  • Kemudian kamu dapat memasukkan kode verifikasi sesuai kiriman, lalu tekan tombol “Next”.
  • Setelah itu, kamu akan dimintai memasukkan kata sandi ke akun Twitter. Silakan berikan opsi untuk menyambungkan ke daftar kontak telepon atau tidak.
  • Lalu setelah kamu sudah selesai melakukan langkah-langkah di atas, maka akun Twitter siap digunakan.

Manfaat apa yang Didapatkan jika Menggunakan Aplikasi Twitter?

Setelah kita membahas bagaimana cara daftar aplikasi Twitter dengan baik, di bawah ini kita lanjut menjelaskan beberapa manfaat dari menggunakan aplikasinya. Kamu yang penasaran dan belum tahu dengan informasi ini. Silakan simak dengan seksama.

Mudah dalam Mendapatkan Informasi Up to Date

Ketika kamu menginginkan sebuah kabar paling trending dan terbaru, maka silakan download aplikasi Twitter. Karena di dalam aplikasi ini kamu dapat menemukan kabar paling trending baik mengenai politik, ekonomi, motivasi, bisnis, dan masih banyak lainnya.

Mampu Menjadi Tempat dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis

Ketika kamu sulit dan mempunyai keterbatasan dalam membagikan postingan, maka dapat menggunakan Twitter sebagai solusi terbaiknya. Bahkan dengan menggunakan aplikasi ini kamu dapat mengasah kemampuan mengenai beropini, bercerita, atau menulis.

Sebagai Media Tepat untuk Berbagi Informasi

Ketika kamu menggunakan Twitter, maka nanti akan lebih mudah mendapatkan informasi terbaru. Bahkan dengan aplikasi ini, kamu dapat saling bertukar informasi. Biasanya dapat bertukar tulisan, video, atau foto yang sedang trending.

Itulah penjelasan detail mengenai cara daftar aplikasi Twitter serta dunia fitur di dalamnya, semoga dapat membantu dan menambah wawasan.