Call Center BPJS Kesehatan
pexels.com

Punya Kendala BPJS, Begini Cara Hubungi Call Center BPJS Kesehatan!

Saat ini berbagai macam informasi sudah bisa kita dapatkan dengan cepat. Bahkan, saat ini juga sudah banyak layanan informasi yang memudahkan masyarakat untuk memecahkan suatu masalah, seperti adanya call center BPJS Kesehatan.

Adanya call center sangat membantu masyarakat untuk mencari solusi permasalahan tanpa harus datang ke instansi terkait. BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan juga melengkapi badan ini dengan fasilitas call center, yaitu dengan nomor 1500 400.

Call Center BPJS Kesehatan
pexels.com

Layanan Call Center BPJS Kesehatan yang Wajib Anda Tahu

Salah satu fasilitas call center yang ada dalam BPJS Kesehatan ini disebut dengan Care Center 1500 400.

Tersedia banyak layanan yang dapat Anda akses melalui sambungan udara. Dari mulai daftar menjadi peserta BPJS Kesehatan, pengaduan, hingga konsultasi kesehatan. Agar lebih jelasnya, berikut ini adalah layanan yang dimiliki oleh call center BPJS ini.

1. Pendaftaran Diri sebagai Anggota BPJS

Tak hanya bisa melakukan pendaftaran secara online, saat ini daftar BPJS Kesehatan juga dapat Anda lakukan melalui  telepon. Kemudahan ini dihadirkan untuk masyarakat yang akan melakukan pendaftaran sebagai anggota BPJS. Sebab. Semua masyarakat wajib melakukan pendaftaran, baik itu WNI maupun WNA.

Hanya dengan melalui care center 1500 400, proses mendaftar menjadi anggota BPJS Kesehatan menjadi lebih simpel. Khususnya untuk para peserta mandiri atau PBPU (Peserta Bukan Penerima Upah).

Melalui sambungan telepon, nantinya petugas BPJS Kesehatan akan meminta data diri yang terkait dengan Anda.

Nah, untuk dokumen yang harus Anda persiapkan untuk melakukan pendaftaran peserta BPJS yaitu nomor HP, nomor KK, nomor KTP, pilihan faskes dan alamat email.

Sesudah itu, Anda akan mendapatkan nomor virtual account (VA) melalui SMS atau via email. Nomor VA ini nantinya yang akan menjadi identitas Anda pada saat hendak melakukan pembayaran di bank.

Nah, untuk melakukan pembayaran maksimal selama 30 hari sesudah penerbitan nomor VA tersebut.

Berikan juga alamat lengkap Anda, sebab nantinya kartu BPJS Kesehatan Anda akan diantar langsung ke alamat rumah Anda.

Tak hanya untuk keanggotaan mandiri, anggota keluarga lainnya juga bisa Anda tambahkan untuk dijadikan sebagai peserta mandiri melalui layanan Care Center. Semua prosesnya sangatlah mudah dan simple.

2. Dapat Melakukan Perubahan Data

Tak hanya bisa mendaftar menjadi anggota baru, namun melalui call centre BPJS ini Anda juga bisa melakukan perubahan data mengenai keanggotaan.

Untuk perubahan data yang bisa Anda lakukan diantaranya meliputi perubahan identitas, faskes, serta kelas rawat dengan praktis, cepat dan juga mudah.

Akan tetapi, dalam melakukan berbagai hal tentang perubahan data ini ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan.

Salah satu hal yang harus Anda perhatikan diantaranya yaitu Anda harus sudah terdaftar lebih dari 3 bulan di faskes 1 apabila hendak melakukan pindah faskes.

Selanjutnya, untuk perubahan kelas rawat hanya berlaku bagi para peserta mandiri atau PBPU. Syarat yang harus Anda penuhi yaitu harus sudah terdaftar sebagai anggota aktif BPJS Kesehatan kurang lebih 1 tahun di kelas rawat sebelumnya.

3. Melakukan Konsultasi Kesehatan

Tak hanya dalam hal birokrasi saja, care center BPJS Kesehatan juga bisa menjadi solusi terbaik buat Anda yang ingin melakukan konsultasi masalah kesehatan tanya dokter.

Anggota aktif juga dapat melakukan konsultasi pada dokter umum terkait dengan gangguan kesehatan yang dialaminya.

Untuk layanan kesehatan ini bisa Anda manfaatkan mulai dari hari Senin hingga hari Jumat, yaitu mulai pukul 7 WIB hingga pukul 20.00 WIB.

4. Tersedia Layanan Informasi serta Pengaduan Terpadu

Care Center 1500 400 juga memberikan akses berupa layanan informasi untuk para anggotanya yang hendak melakukan seluk-beluk BPJS Kesehatan. Mulai dari status keanggotaan, urusan faskes, hingga tata cara pembayaran iuran.

Tak hanya itu saja, jika Anda semua ingin melakukan pengaduan mengenai layanan BPJS Kesehatan maka Anda dapat melakukannya via call center BPJS Kesehatan ini.

Nantinya, Anda akan dihubungkan dengan para petugas yang telah terkait. Nah, setelah itu Anda dapat menyampaikan mengenai persoalan terkait.

Cara Mengontak Call Center BPJS

Buat Anda yang belum tahu mengenai cara untuk menghubungi kontak call centre BPJS, maka Anda bisa menerapkan cara seperti berikut ini;

Hubungi Nomor Call Center BPJS Kesehatan

Cara pertama yang harus Anda lakukan pada saat ingin menghubungi care center BPJS yaitu dengan cara mengontak call center BPJS Kesehatan lewat telepon. Walaupun menghubunginya melalui telepon, BPJS menyediakan layanan selama 24 Jam penuh.

Kontak ke nomor 1500 – 400 setelah itu pastikan Anda sudah mempersiapkan berbagai macam data yang diperlukan sebelum Anda melakukan panggilan ke call centre ini.

Data yang dibutuhkan yaitu Nomor Kartu Keluarga (KK), nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP), nomor telepon yang aktif, alamat email, nomor rekening, fasilitas kesehatan, dan kantor cabang BPJS terdekat.

Via Aplikasi Messenger

Agar komunikasi Anda bisa menjadi semakin mudah, call center BPJS Kesehatan juga tersedia dalam bentuk aplikasi messenger. Jadi, Anda bisa mengontak lewat akun resmi BPJS pada aplikasi messengernya.

WhatsApp

Call center BPJS Kesehatan juga sudah tersedia dalam aplikasi messenger WhatsApp. Ini bisa menjadikan layanan menjadi lebih mudah, terutama pada saat ingin menyampaikan  pertanyaan atau memiliki keluhan.

Cobalah untuk kontak call center BPJS Kesehatan lewat akun resmi WhatsApp pada nomor 08118750400. Sebelum Anda mengontak, pastikan sudah menyiapkan berbagai macam data dan dokumen yang dibutuhkan.

Telegram

Call center BPJS Kesehatan juga sudah mempunyai akun resmi, yaitu di aplikasi messenger Telegram. Jika Anda ingin mengontak call center BPJS lewat Telegram, maka yang perlu Anda lakukan yaitu hanya dengan mengetik alamat web ini https://t.me/BPJSKes_bot

Setelah itu, Anda akan langsung diarahkan menuju ke Telegram BPJS Kesehatan. Selanjutnya segera pilih ‘send message’ jika ingin memulai percakapan.

Messenger Facebook

Tak hanya lewat telepon dan whatsapp saja, Anda juga bisa menghubungi call center BPJS Kesehatan dengan lewat Messenger Facebook.

Anda bisa mencari Facebook BPJS Kesehatan RI dengan cara klik menu inbox dan fitur Live CS. Disini, Anda bisa merahasiakan berbagai macam data Anda.

Pada saat akan mengontak call center, maka jangan lupa untuk memberikan data dasar, nama, tanggal lahir, NIK dan juga KTP. Sebab, data-data tersebut nantinya akan digunakan dalam memenuhi kepentingan Anda terkait dengan masalah BPJS kesehatan.

Hadirnya call center BPJS 1500 400 ini tentunya sangat membantu, terutama untuk Anda semua yang membutuhkan segala hal yang sistematis, cepat, praktis, dengan layanan terbaik.

Anda juga tidak perlu lagi repot untuk keluar rumah menuju kantor BPJS dan antri untuk mendapatkan informasi terkait BPJS Kesehatan. Sebab, layanan ini buka selama 24 jam. Jadi, Anda bisa menghubungi kapan saja ketika membutuhkan layanan ini.

Dengan melalui sambungan telepon untuk menghubungi call center BPJS Kesehatan ini, kebutuhan Anda terkait BPJS Kesehatan bisa menjadi terpenuhi dengan cepat.