Cara Daftar Shopee Affiliate
youtube.com

Cara Daftar Shopee Affiliate Beserta Syarat, Keuntungan, Hingga Komisi

Siapa sih yang tidak kenal Shopee? Saat ini, Shopee telah membuka peluang buat siapa saja yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satunya adalah dengan melalui Shopee Affiliate. Menariknya lagi, cara daftar Shopee Affiliate sangat mudah, lho.

Seperti yang kamu tahu, Shopee telah menjadi salah satu platform jual beli online terbesar. Melalui Shopee para pelaku bisnis dapat meningkatkan pemasaran ataupun penjualannya.

Entah itu pebisnis kecil, pelaku UMKM hingga brand ternama lainnya. Tak hanya mampu menjangkau pelanggan dalam skala yang luas saja, akan tetapi juga meningkatkan keuntungan.

Selain itu, melalui Shopee, banyak pembeli yang mendapatkan banyak kemudahan dalam mendapatkan barang maupun produk yang diinginkan. Bahkan, tak jarang Shopee menawarkan diskon besar-besaran, gratis ongkir, hingga cashback.

Tak cukup sampai disitu saja, kamu juga bisa menambah pundi-pundi rupiah hanya dengan bergabung Shopee Affiliate saja. Lantas, apa itu Shopee Affiliate?

Apa saja persyaratan yang harus dipenuhi? Bagaimana cara mendaftarnya? Daripada semakin penasaran, langsung saja simak pemaparan berikut ini.

Cara Daftar Shopee Affiliate
youtube.com

Pengertian, Syarat, dan Cara Daftar Shopee Affiliate

Sebenarnya, istilah affiliate atau afiliasi pada media sosial ini sudah terdengar sangat familiar. Bagi kamu para pengguna sosial media, pastinya sudah tidak asing lagi dengan Shopee Affiliate.

Shopee Affiliate ini merupakan sebuah program yang Shopee sediakan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara menjadi content creator. Para content creator akan mempromosikan berbagai macam produk melalui media sosial milik mereka.

Nantinya, para peserta Shopee Affiliate memiliki kebebasan dalam membuat konten promosi. Hal ini bisa kamu sesuaikan berdasarkan keterampilan, keahlian, maupun keinginan kamu sebagai peserta.

Menguntungkannya lagi, untuk mengikuti program ini tidak ada ketentuan jumlah minimal followers media sosial. Dengan begitu, kamu tidak perlu capek-capek lagi untuk mengumpulkan followers.

Syarat untuk Daftar Shopee Affiliate

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara daftar Shopee Affiliate, ada baiknya untuk memahami apa saja syarat yang harus kamu persiapkan. Pada dasarnya, syarat utama dari Shopee Affiliate ini adalah dengan memiliki media sosial.

Meskipun demikian, media sosial bukanlah satu-satunya syarat untuk mendaftar ke program ini. Berikut ini merupakan beberapa syarat lainnya.

  • Pertama, kamu harus mempunyai sosial media, seperti YouTube, Instagram, TikTok, Twitter, Facebook, maupun media sosial lainnya.
  • Kemudian, memiliki akun sosial media yang masih aktif, mempunyai konten yang orisinil, dan siapa saja bisa membukanya.
  • Akun sosial media yang kamu miliki bukan milik toko atau penjual, melainkan milik pribadi.
  • Syarat yang tak kalah penting, akun sosial yang kamu miliki tidak mengandung unsur agama, suku, ras, kekerasan, pornografi, hingga bertentangan dengan peraturan undang-undang yang berlaku di Indonesia.
  • Produk yang kamu promosikan merupakan produk Shopee Mall, Shopee Supermarket, Star, dan Star+.
  • Selain itu, terdapat produk yang dilarang, seperti rokok, rokok elektrik, ganja, segala macam obat-obatan terlarang, maupun produk tidak original atau palsu.
  • Kamu akan mendapatkan komisi pembayaran paling cepat setiap dua minggu sekali.
  • Berikutnya, Shopee memiliki hak untuk mengunggah ulang konten tersebut ke media sosial maupun aplikasi e-commerce.

Cara Daftar Shopee Affiliate

Setelah kamu sudah mengetahui syarat Shopee Affiliate tersebut, kini saatnya beralih ke cara daftar Shopee Affiliate. Tak perlu khawatir, karena caranya sangat mudah dan tak membutuhkan waktu lama untuk bisa bergabung. Untuk lebih jelasnya, silakan kamu simak pemaparan selengkapnya berikut ini.

  • Langkah pertama, silakan kamu masuk ke laman shopee.co.id/aff. Kamu bisa menemukan laman tersebut melalui browser di laptop maupun ponsel. Selain mencarinya melalui browser, kamu juga bisa buka aplikasi Shopee, kemudian ketik kata kunci “Shopee Affiliates Program”.
  • Sebelum itu, kamu harus memastikan terlebih dahulu log in ke akun Shopee sebelum melakukan pendaftaran.
  • Selanjutnya, silakan kamu mengisi berbagai informasi yang dibutuhkan secara lengkap, akurat, dan benar.
  • Setelah kamu sudah selesai mendaftar, biasanya kamu akan menunggu untuk mendapatkan email konfirmasi maupun notifikasi melalui aplikasi Shopee. Setidaknya, kamu harus menunggu maksimal tiga hari kerja.
  • Langkah berikutnya, kamu akan mulai mendapatkan komisi dengan mempromosikan produk-produk Shopee menggunakan link Affiliate.
  • Berikutnya, isi informasi rekening maupun NPWP pada pengaturan pembayaran di platform Shopee Affiliate milikmu. Akan tetapi, hal ini bersifat opsional, boleh kamu lakukan atau sebaliknya.

Keuntungan Daftar Shopee Affiliate

Selain mengetahui cara daftar Shopee Affiliate, informasi yang tak kalah penting, yakni keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan mendaftar Shopee Affiliate tersebut. Berikut ini adalah informasinya.

  • Kamu bisa mendapatkan komisi tetap dari 2,5 persen hingga 10 persen untuk produk Shopee Mall, Shopee Supermarket, Star Seller, maupun Star+.
  • Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan komisi ekstra hingga 55 persen dari penjual.
  • Ketika kamu mengikuti campaign Shopee, kamu juga bisa mendapatkan produk maupun voucher gratis.
  • Untungnya lagi, kamu bisa mendapatkan bonus untuk 1.200 pesanan pertama.
  • Dari Shopee Affiliate Team, kamu juga bisa mendapatkan komisi sebesar 20 persen.

Kisaran Penghasilan yang Bisa Kamu Dapatkan Melalui Shopee Affiliate

Kamu tidak akan menyesal dengan mengikuti cara daftar Shopee Affiliate tersebut. Pasalnya, kamu bisa mendapatkan kisaran penghasilan yang cukup lumayan.

Komisi yang akan kamu dapatkan yakni berasal dari harga produk yang berhasil terjual berdasarkan custom link. Itu artinya, semakin banyak orang yang membeli atau semakin banyak produk yang terjual dari custom link tersebut, kamu akan mendapatkan komisi lebih banyak lagi.

Jika kamu berhasil menarik pengguna lama, maka kamu bisa mendapatkan komisi sebanyak 2.5 persen. Misalnya saja, kamu berhasil mengajak 10 pengguna lama, dengan harga produk Rp 50.000.

Maka, kamu akan mendapatkan komisi sebesar Rp 12.500. Kemudian, jika kamu berhasil menarik pengguna baru, kamu akan mendapatkan komisi 10 persen.

Sebagai contoh, terdapat 10 pengguna baru dengan harga Rp 50.000, maka komisi yang bisa kamu dapatkan mencapai Rp 50.000. Komisi tersebut akan dibayarkan melalui Shopee Pay milikmu pada minggu pertama dan minggu ketiga setiap bulannya.

Akan tetapi, jika komisi kamu belum mencapai minimal Rp 10.000, maka akan dikirimkan pada bulan berikutnya. Dengan begitu, komisimu tetap tersimpan dengan aman.

Tips Mengikuti Program Shopee Affiliate

Supaya cara daftar Shopee Affiliate yang kamu lakukan semakin lancar, terdapat tips mudah yang bisa kamu ikuti. Pertama, kamu harus memastikan siapa pengikut media sosialmu.

Kamu bisa mencoba melihat demografi pengikutmu mulai dari usia, jenis kelamin, hingga tempat tinggal. Setelah itu, kamu bisa mempromosikan produk sesuai dengan kebutuhan pengikutmu.

Kedua, ada baiknya jika kamu mempromosikan produk yang tengah menjadi trend. Misalnya saja, kamu bisa menawarkan fashion kekinian dengan harga terjangkau.

Selanjutnya, jangan berikan penjelasan mengenai produk, akan tetapi review atau ulasannya.  Dengan begitu, pengikut kamu akan lebih tertarik membeli produk tersebut.

Bagaimana? Cara daftar Shopee Affiliate sangatlah mudah bukan? Apalagi, banyak keuntungan maupun komisis yang bisa kamu dapatkan. Jadi, tunggu apa lagi? Manfaatkan peluang ini segera dan dapatkan semua keuntungannya.