Harga Sewa Jet Pribadi Kenali Dulu Faktor yang Mempengaruhinya
pixabay.com

Harga Sewa Jet Pribadi Kenali Dulu Faktor yang Mempengaruhinya

Harga sewa jet pribadi sudah pasti jauh lebih murah jika dibandingkan harus membelinya. Saat memutuskan untuk membeli sebuah jet, ada beberapa biaya lain yang menyertainya. Ini harus dipertimbangkan dengan matang karena membuat Anda cukup merasakan sesak nafas.

Berbeda hal jika Anda menyewa. Tinggal duduk manis dan menikmati perjalanan. Di balik kepemilikan jet sendiri, fakta lain mengatakan bahwa sewa jet merupakan solusi cerdas karena dinilai lebih ekonomis dan dirasa lebih masuk akal.

Harga Sewa Jet Pribadi Kenali Dulu Faktor yang Mempengaruhinya
pixabay.com

Hal yang Harus Dipertimbangkan Terkait Harga Sewa Jet Pribadi

Selain dirasa lebih ekonomis, adanya pembatasan operasional penerbangan domestik di maskapai umum sejak pandemi Covid 19 merupakan salah satu faktor mengapa orang lebih memilih menyewa jet pribadi. Dalam dunia sewa menyewa pesawat jet pribadi, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan karena hal ini berpengaruh terhadap harga sewa yang harus Anda penuhi nantinya.

Dikhawatirkan apabila tidak memahami hal tersebut, Anda akan terkejut saat melakukan pembayaran biaya sewa. Faktor-faktor yang umumnya mempengaruhi harga sewa jet pribadi antara lain:

  • Lama waktu penerbangan
  • Usia pesawat jet
  • Kondisi jet air terkini
  • Jarak tempuh
  • Biaya hanggar
  • Bea penanganan
  • Biaya bahan bakar
  • Tarif pendaratan
  • Biaya kru
  • Biaya pembersihan
  • Jarak tempuh
  • dan sederet biaya lain-lain.

Adapun semua faktor sewa tersebut dirangkum dalam 2 metode sewa, yaitu:

Sewa Kering

Sewa kering merupakan metode sewa dimana minyak dan bahan bakar belum termasuk dalam harga sewa, akan tetapi masih menjadi tanggung jawab pilot yang bertugas. Ini memungkinkan pilot untuk mendapatkan opsi bahan bakar jauh lebih murah.

Sewa Basah

Metode ini adalah kebalikan dari sewa kering. Seluruh biaya minyak dan bahan bakar sudah termasuk dalam biaya sewa.

Pilot akan menunjukkan tangki bensin penuh berisi bahan bakar atau sesuai dengan aturan dari kebijakan manajemen. Pilot akan meminta gas sesuai yang diinginkan.

Variasi Biaya Harga Sewa Jet Pribadi

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi jika orang tertarik untuk mengetahui berapa kisaran harga sewa jet pribadi.

Berdasarkan sumber terpercaya, berikut adalah kisaran harga sebagai gambaran untuk menyewa sebuah jet pribadi/jam berdasarkan ukurannya.

  1. Large Aircraft (Jet Besar)

Kategori pertama datang dari jenis large aircraft. Harga termurah dari jenis pesawat jet ini berada di posisi USD4.500 atau setara Rp 64,9 juta per jam. Armada yang ditawarkan berupa pesawat Gulfstream GII dan Cessna Citation Longitude.

Adapun penawaran harga tertinggi di kelas Large Aircraft dimiliki oleh Bombardier Global 7500. Harga sewa jet pribadi di kelas ini sekitar USD15.900 atau setara dengan Rp 229,4 juta/ jamnya.

  1. Medium Aircraft (Jet Sedang)

Berada di kelas selanjutnya, ada Cessna Citation V, diklaim menjadi pesawat jet paling murah dan bisa disewa dengan harga USD2.750 atau sekitar Rp 39,6 juta/jam.

Sedangkan harga termahal di kelas Medium Aircraft dimiliki oleh Gulfstream G200 dengan harga USD 9.000 atau hampir setara dengan Rp 129,8 juta/jam.

  1. Light Aircraft (Jet Ringan)

Beralih ke Light Aircraft atau kelas jet ringan menawarkan harga termurah yang dibanderol adalah sekitar USD2.000 atau sekitar Rp 28,8 juta/jam. Armada yang digunakan yaitu pesawat Cessna Citation I.

Adapun pesawat jet Bombardier Learjet 45XR yang dibanderol dengan harga sewa USD4.000 atau sekitar Rp 57,7 juta/jamnya merupakan pesawat jet termahal di kelas jet ringan.

  1. Very Light Jets (VLJ)

Satu kategori lagi datang dari pesawat jenis VLJ atau pesawat jet sangat ringan. Harga sewa jet pribadi terendah yang dipatok adalah sebesar USD 1.700 atau sekitar Rp 24,5 juta/jam. Armadanya berupa pesawat jet dengan nama Eclipse 500.

Manfaat Menyewa Jet Pribadi

Terkait harga sewa jet pribadi, hal pertama yang harus Anda ketahui adalah sesuaikan dengan kebutuhan. Dengan kata lain, terlebih dahulu harus tahu apakah faktor pendorong yang membuat Anda menyewanya.

Umumnya, orang menyewa jet pribadi untuk keperluan bisnis, kargo, evakuasi darurat, layanan udara ambulans, hingga meeting perusahaan. Namun, tahukah Anda jika menyewa pesawat jet juga bisa memenuhi kebutuhan individu atau keluarga.

Terlebih saat ini alasan keamanan saat terbang menggunakan jet pribadi karena tidak berinteraksi dengan banyak massa benar-benar harus diprioritaskan. Mungkin Anda memikirkan harga sewa jet pribadi yang harus dibayar. Namun, ada segudang manfaat yang bisa Anda peroleh, antara lain:

  • Perjalanan keluarga akan menjadi lebih maksimal. Saat memutuskan menyewa jet pribadi, maka memungkinkan Anda memiliki quality time bersama keluarga sehingga tercipta rasa kebersamaan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, pilih jet pribadi dengan ukuran tepat sehingga memangkas harga sewa jet pribadi.
  • Menikmati hiburan onboard bersama keluarga dimana hal ini tidak akan pernah Anda dapatkan jika mengudara dengan pesawat jet komersial. Jadi, anak-anak tidak akan merasa bosan dan jenuh. Ada akses WiFi, pemutar DVD, iPad, layar TV, bahkan ruang bermain.
  • Pilihan catering lebih bervariasi, tidak hanya menyediakan makanan gourmet. Anda memegang kendali penuh untuk menyajikan hidangan favorit keluarga.
  • Proses onboarding tidak membosankan bahkan untuk anak-anak. Ini karena protokol onboarding pada sewa pesawat jet pribadi cenderung lebih efisien dan santai.
  • Transportasi bagasi jauh lebih mudah dan aman. Anda tidak perlu khawatir kehilangan barang atau dialihkan seperti yang sering terjadi pada maskapai penerbangan komersial.
  • Lingkungan perjalanan terasa lebih tenang karena tidak terganggu oleh penumpang lain. Ini membuat Anda benar-benar memiliki waktu berkualitas bersama keluarga.

Berapa Biaya Sewa Pesawat Jet Pribadi

Harga sewa jet pribadi biasanya dikenakan biaya per jam pemakaian. Jadi, biaya yang harus Anda bayar hanya selama menggunakan pesawat. Rumus mudahnya adalah ketika roda pesawat mulai beranjak dari tanah hingga mendarat ke tanah kembali. Setiap maskapai penerbangan memiliki harga sewa bervariasi.

Harga sewa jet pribadi tergantung pada fasilitas, ukuran, dan kapasitas mesin pesawat. Jika Anda secara konsisten menyewa armada dengan opsi termahal karena fasilitas mewah di dalamnya, maka budget membeli pesawat bisa jadi sepadan dengan biaya sewa. Ini karena selisih biaya, baik untuk membeli maupun menyewa tidak terlalu signifikan.

Akan tetapi jika memutuskan untuk menyewa model yang lebih kecil pasti lebih murah. Ini berarti menyewa jauh lebih murah daripada memiliki pesawat.

Beberapa maskapai penerbangan memiliki opsi untuk membayar sewa berdasar jumlah waktu tertentu per bulan. Opsi terbaik lagi jika Anda mengetahui seberapa sering Anda akan terbang.

Mengenal Maskapai Domestik Super Air Jet

Super Air Jet adalah salah satu maskapai penerbangan domestik terbaru di Indonesia. Perusahaan yang berdiri pada 1 Maret 2021 silam ini baru resmi beroperasi pada 6 Agustus 2021.

Setidaknya ada 30 armada yang siap menemani perjalanan udara Anda. Pelayanan yang diberikan hampir di seluruh wilayah Nusantara. Setidaknya telah menyebar hingga 19 kota.

Terlahir saat Indonesia menghadapi pandemi Covid-19 membuat maskapai domestik ini memiliki beberapa fokus utama yang sekaligus menjadi keunggulan Super Air Jet.

Bila budget Anda tidak cukup banyak untuk membayar harga sewa jet pribadi, maka terbang bersama Super Air Jet adalah solusi cerdas. Ini karena konsep hemat anggaran yang diusungnya sehingga menawarkan biaya yang cukup terjangkau.