cara menyembunyikan aplikasi di hp Xiaomi
pixabay.com

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi, Bisa Pakai Fitur Bawaan

Ada beberapa cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi yang cukup simpel dan mudah untuk dilakukan. Terlebih lagi, HP Xiaomi ini sudah dilengkapi fitur bawaan yang untuk menyembunyikan sebuah aplikasi. Namun, tak sedikit juga yang masih belum mengetahui fitur tersebut. Nah, jika kamu penasaran, yuk, langsung saja perhatikan penjelasannya berikut ini.

cara menyembunyikan aplikasi di hp Xiaomi
pixabay.com

Serangkaian Cara Menyembunyikan Aplikasi Di HP Xiaomi

Terkadang ada beberapa aplikasi HP yang perlu disembunyikan untuk menjaga privasi. Maka dari itu, tak heran jika ada banyak orang selalu ingin melakukan hal tersebut. Salah satu HP yang sudah mempunyai fitur bawaan untuk menyembunyikan aplikasi yaitu Xiaomi.

Dengan fitur tersebut, tentunya akan membantu pengguna untuk tetap menjaga keamanan akses data pribadi ketika dipinjam orang lain. Fitur tersebut juga dapat mempermudah para penggunanya tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan.

Biasanya, pada semua tipe Xiaomi juga sudah dilengkapi fitur bawaan, namun sistem operasinya saja yang sedikit berbeda-beda. Nah, buat kamu yang termasuk pengguna Xiaomi namun belum mengetahui hal tersebut, sebaiknya perhatikan cara-caranya berikut ini.

1. Xiaomi Versi MIUI 11 dan 12

Untuk Xiaomi versi ini, kamu hanya perlu menggunakan fitur App Lock yang ada didalamnya. Caranya juga cukup mudah, kamu hanya perlu pergi ke menu pengaturan, lalu melakukan beberapa hal saja. Namun jika kamu belum mengetahuinya, silahkan perhatikan berikut ini.

  1. Pertama-tama, silahkan buka menu “Setting” atau menu “Pengaturan”.
  2. Apabila sudah, pilih opsi “Apps” atau “Aplikasi”.
  3. Setelah itu, pilih opsi “Apps Lock” lalu masukkan kata sandi yang kamu gunakan untuk mengamankan aplikasi. Kamu juga bisa menghubungkannya melalui email atau password Mi Account.
  4. Selanjutnya, aktifkan fitur fingerprint atau facelock apabila diperlukan serta mempunyai device yang telah mendukung.
  5. Setelah itu, pilih opsi “Hidden Apps”, lalu seleksi aplikasi yang ingin kamu sembunyikan.

2. Xiaomi Versi MIUI 13

MIUI 13 ini terbilang menjadi versi Xiaomi dengan operasi sistem paling terbaru. Selain itu, juga terdapat fitur bawaan yang memudahkan para penggunanya ketika ingin menyembunyikan aplikasi. Walaupun fitur tersebut sudah ada di versi sebelumnya, namun sistemnya mempunyai peningkatan. Nah, untuk cara menggunakannya, bisa pahami point berikut ini.

  1. Pertama-tama, silahkan buka menu pengaturan “Security”, lalu scroll ke bawah hingga muncul opsi “Hide Apps”.
  2. Setelah muncul, silahkan klik opsi “Hide Apps” tersebut, lalu secara otomatis akan memunculkan jendela opsi tersebut.
  3. Langkah berikutnya, silahkan pilih aplikasi yang ingin disembunyikan.

3. Menggunakan Fitur “App Tersembunyi”

Cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi berikutnya yaitu dengan menggunakan fitur “App Tersembunyi”. Fitur ini juga terdapat pada Xiaomi versi terbaru. Caranya juga cukup mudah, kamu dapat memperhatikan berikut ini.

  1. Pertama-tama, silahkan buka aplikasi “Keamanan” yang sudah ada di HP kamu.
  2. Setelah itu, scroll ke bawah hingga muncul opsi “alat”, lalu pilih menu “App tersembunyi”.
  3. Setelah itu, silahkan masukkan password apabila HP kamu menggunakannya.
  4. Apabila sudah terbuka, langkah selanjutnya yaitu aktifkan toggle aplikasi yang ingin disembunyikan.
  5. Apabila kamu ingin membuat pengaturan seperti notifikasi yang akan diterima atau membuat password, silahkan tab ikon setelan, lalu aktifkan toggle-togglenya.

4. Menggunakan Fitur Ruang Kedua

Perlu kamu ketahui, HP Xiaomi ini juga mempunyai kelebihan, salah satunya yaitu fitur ruang kedua. Namun, fitur tersebut hanya dimiliki pada Xiaomi versi MIUI 9 keatas. Nah, fitur tersebut dapat berguna untuk menyembunyikan aplikasi. Caranya juga tak kalah mudah, yakni seperti berikut ini.

  1. Pertama-tama, silahkan masuk ke menu “Pengaturan” terlebih dahulu.
  2. Apabila sudah, ketik di kolom pencarian “ruang kedua”.
  3. Apabila sudah muncul, silahkan aktifkan fitur tersebut dengan cara mengklik “Hidupkan Ruang Kedua”.
  4. Setelah itu, atur semua yang diperlukan untuk mengakses fitur tersebut.
  5. Jika sudah, pilih aplikasi yang ingin dipindahkan ke ruang kedua tersebut, lalu atur password untuk memberi keamanan.

Jadi itulah serangkaian cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi yang terbilang cukup mudah serta tanpa aplikasi tambahan. Bagaimana, cukup simpel bukan? Dengan begitu, aplikasi pribadi kamu akan mudah untuk disembunyikan dan menjadi tetap aman walaupun HP sedang dipinjam orang lain.