Cara Menyembunyikan File di HP Termudah, No Tipu-Tipu
www.kosngosan.com

Cara Menyembunyikan File di HP Termudah, No Tipu-Tipu

Cara menyembunyikan file di HP selain rooting ternyata lebih mudah. Bahkan bisa melakukannya dengan atau tanpa aplikasi tambahan apapun. Keduanya memungkinkan untuk menyimpan file-file sesuai kehendak Anda. Tujuan menyembunyikan file tersebut tidak lain adalah agar orang lain tidak bisa mengaksesnya.

Terlebih HP Android saat ini semakin canggih daripada keluaran tempo dulu. Hal ini memudahkan pengguna untuk menggunakannya sesuai kebutuhan.

Cara Menyembunyikan File di HP Termudah, No Tipu-Tipu
www.kosngosan.com

7 Cara Menyembunyikan File di HP Termudah dengan atau Tanpa Aplikasi

Password, interface detection, dan fingerprint, yang ada pada Android merupakan fitur keamanan Android supaya penggunanya merasakan kenyamanan. Namun ternyata pengguna masih saja was-was meski telah mengaktifkan ketiga fitur tersebut.

Pengguna masih khawatir ada tangan jahil yang hendak membobol privasi mereka. Oleh karena itu, mereka memilih menyembunyikannya beberapa file supaya lebih aman dengan cara berikut.

Mengubah Ekstensi File

Cara ini merupakan trik mengelabui agar bagian galeri Android tidak bisa melacak keberadaan file yang hendak Anda simpan. Cara menyembunyikan file adalah cukup menambahkan akhiran pada nama file supaya sistem tidak mengenali file tersebut.

Sebagai contohnya adalah misal pengguna hendak menyimpan file yang sebelumnya berakhiran .JPEG, maka gantilah akhirannya dengan akhiran lain. Bisa juga dari yang semula .JPEG menjadi .JPEX.

Nah, untuk menyembunyikan file di HP berupa video, silahkan mengubah nama file dari .MP4 menjadi .MPX. Boleh juga menggunakan akhiran lain. Haal yang terpenting akhiran tersebut tidak bisa terbaca oleh sistem Android.

Bila hendak memunculkan kembali, tinggal mengubahnya ke ekstensi file sebelumnya. Bagaimana, mudah bukan?

Rename dengan Menyematkan Tanda Titik

Masih mengandalkan aplikasi bawaan, tepatnya file manager pada Android, kita hanya perlu melakukan rename atau mengganti nama file. Cukup menambahkan tanda titik di awal nama file atau folder pada file yang hendak Anda sembunyikan.

Cara ini berlaku untuk Android yang tidak memiliki fitur untuk mengunci atau menyembunyikan file. Misal bagi pengguna Realme 2 Pro, bisa menerapkan cara simpel ini.

Cukup Menyematkan Tanda Titik di Awal Nama File atau Folder

Misal nama file semula adalah IMG-20190407-WA0014.jpg maka tambahkan tanda titik di awal sehingga format nama menjadi .IMG-20190407-WA0014.jpg. Maka file tidak akan terlihat di galeri karena sistem telah menyembunyikannya secara otomatis. Bila menghendaki memunculkan kembali, silakan memanfaatkan Show Hidden File.

Buat File .nomedia

Membuat file baru di dalam folder juga menjadi cara alternatif menyembunyikan file di HP. Cukup menyalin nama file yang hendak Anda sembunyikan kemudian rename menjadi .nomedia. Nah, bila ingin mengembalikan file tersebut cukup menghapus penambahan .nomedia tadi.

Selain membuat file baru di dalam folder, Anda juga bisa membuat folder khusus seperti panduan berikut ini.

Membuat Folder Khusus

Masih mengandalkan file manager pada Android, pengguna juga bisa membuat folder khusus sebagai cara termudah untuk menyembunyikan file di HP. Caranya adalah menambahkan tanda titik  pada nama folder yang baru.

Misalnya Anda hendak menggunakan nama folder .Rahasia, maka ketikkan nama tersebut pada kolom New Folder yang tersedia kemudian klik opsi OK.

Bila sudah, barulah memindahkan file-file yang hendak disembunyikan ke folder baru tersebut. Selanjutnya, jangan lupa menonaktifkan kembali opsi file tersembunyi di Android.

Gunakan Aplikasi Hide It Pro

Bila masih ingin tahu cara termudah, maka bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Rekomendasi aplikasi tersebut adalah Hide It Pro. Dengan aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan kontak, aplikasi, gambar, hingga video.

Meski tersedia dalam versi premium tetapi keamanan data pengguna tetap terjamin 100%. Silahkan mengunduhnya di Play Store. Penggunaan aplikasi sangat mudah sehingga tidak akan kesulitan menerapkannya.

Aplikasi Fotox

Aplikasi Fotox akan membantu menyembunyikan aplikasi-aplikasi penting yang Anda miliki. Menariknya, uninstall aplikasi ini hanya bisa dilakukan oleh penggunanya sendiri. Setidaknya Fotox menawarkan 4 jenis proteksi seperti password, PIN, pola, dan pendeteksi wajah. Bila ingin foto Anda aman sebaiknya andalkan Fotox.

Menurut Anda, cara menyembunyikan file di HP mana yang termudah? Apapun caranya silahkan pilih yang paling mudah sehingga tidak kesulitan menerapkannya. Hal terpentingnya adalah lindungi privasi Anda mulai sekarang.