Cara Menyembunyikan File di Laptop
unsplash.com

Cara Menyembunyikan File di Laptop Paling Mudah

Cara menyembunyikan file di laptop berikut ini sangat mudah dan simpel untuk Anda terapkan sendiri di laptop masing-masing. File di laptop ternyata juga bisa kita sembunyikan sehingga orang lain tidak akan mengetahuinya. Hal ini tentunya sangat berguna dan juga penting.

Dalam laptop kita memang sering menyimpan berbagai file yang bersifat privasi. Artinya tidak sembarangan orang boleh melihatnya kecuali diri sendiri. Namun karena laptop mungkin sering dipinjam, muncul kekhawatiran jika si peminjam melihat file privasi tersebut.

Untuk mencegahnya Anda bisa memilih untuk menyembunyikan file laptop tersebut. Dengan begitu maka orang lain tidak akan bisa membaca atau membuka file tersebut sembarangan. Hal ini juga berfungsi untuk mencegah terjadinya pencurian data penting sehingga file tetap aman.

Cara Menyembunyikan File di Laptop
unsplash.com

Cara Menyembunyikan File di Laptop yang Bisa Anda Coba

Windows memang memiliki fitur untuk menyembunyikan file yang sifatnya rahasia. Dengan ini maka Anda bisa menyembunyikan berbagai file seperti dokumen, gambar, video, audio bahkan foldernya sekalipun. File yang di sembunyikan ini nantinya juga bisa Anda atur keamanannya dengan PIN atau Password.

Dengan begitu maka jika seseorang berhasil menemukan file tersebut, ia akan tetap kesulitan untuk membukanya sebab harus memasukkan PIN atau Password. Akhirnya isi file akan lebih terlindungi dan Anda bisa tetap tenang selama meminjamkan laptop untuk orang lain.

Meskipun sangat berguna namun mungkin banyak orang yang masih belum tahu bagaimana cara menyembunyikan filenya. Padahal sebenarnya caranya tidak terlalu rumit. Berikut adalah beberapa caranya:

1. Dengan CMD

Cara menyembunyikan file di laptop pertama yaitu dengan bantuan CMD yang bisa membuat file benar-benar tersembunyi. Dengan metode ini maka file tidak akan muncul meskipun seseorang sudah mengatur File Explorer untuk menampilkan folder tersembunyi. Berikut ini adalah langkah-langkahnya yang bisa Anda terapkan.

  • Pertama buka “Prompt Windows”, Anda bisa menggunakan dua cara, pertama dengan menulis format CMD pada kotak pencarian lalu klik “Prompt”. Kedua tekan tombol Windows pada keyboard dan huruf R, selanjutnya ketikkan formal CMD dan klik “Enter”.
  • Selanjutnya Anda bisa menuliskan path file yang ingin Anda sembunyikan.
  • Jika sudah maka klik Enter dan file tersebut akan tersembunyi.

2. Dengan Hidden Properties

Cara yang kedua yaitu menggunakan menu Properties. Metode ini juga tidak memerlukan aplikasi tambahan apapun dan caranya cukup mudah. Berikut adalah cara menyembunyikan file di laptop yang bisa Anda terapkan:

  • Cari dan tentukan folder mana yang ingin Anda sembunyikan lalu klik kanan pada file tersebut.
  • Setelah itu pilih menu “Properties”.
  • Pada tab General perhatikan bagian yang ada di paling bawah dan centang box pilihan “Hidden” dan klik “Ok”.
  • Selanjutnya Anda bisa memilih “Apply changes to this folder only”.
  • Kemudian buka menu organize yang ada pada bagian pojok kiri atas dan buka “folder option”.
  • Berikutnya pilihlah tab “view”.
  • Setelah itu pilihlah “don’t show hidden files, folder dan drivers”.
  • Selesai, folder Anda pun sudah tersembunyi.

Meskipun sangat mudah namun sayangnya cara ini terkesan kurang aman. Sebab Anda tidak menyertakan password sehingga orang lain masih bisa membukanya jika berhasil menemukannya.

3. Mengubah Icon Folder

Cara terakhir yaitu Anda bisa membuat icon folder seolah tidak terlihat sehingga bisa mengelabuhi orang lain. Berikut ini adalah cara menyembunyikan file di laptop dengan mengubah icon:

  • Pertama pilih folder tempat Anda menyimpan file yang ingin disembunyikan, lalu klik kanan folder tersebut dan pilih “Properties”.
  • Selanjutnya pilih tab “Customize” yang ada di bagian atas dan pilih “Change Icon”.
  • Setelah itu Anda akan melihat banyak ikon, pilihlah ikon kosong dan klik “Ok” lalu klik “Ok” lagi dan folder pun tidak akan terlihat lagi.
  • Berikutnya Anda tinggal membuat namanya tidak terlihat dan cara merenamenya.
  • Saat akan mengganti namanya, tekan dan tahan tombol ALT kemudian ketikkan 0160.
  • Selesai, folder sudah tidak akan terlihat lagi.

Itulah beberapa cara menyembunyikan file di laptop yang bisa Anda terapkan. Cara di atas tentunya sangat mudah dan simpel untuk Anda coba bukan? Anda bisa memilih metode mana yang paling aman untuk Anda terapkan.