Cara Scan Barcode Wifi Tanpa Aplikasi, Mudah dan Praktis
unsplash.com

Cara Scan Barcode Wifi Tanpa Aplikasi, Mudah dan Praktis

Ada berbagai cara scan barcode Wifi tanpa aplikasi yang bisa Anda gunakan ketika ingin terhubung ke layanan internet. Wifi menjadi salah satu pilihan untuk menikmati layanan internet terbaik tanpa batas, dan jauh lebih hemat.

Wifi menjadi salah satu solusi bagi Anda yang ingin mengakses internet namun, tidak memiliki kuota internet untuk bisa mengaksesnya. Dengan begitu menyambungkan Wifi dengan milik teman atau tempat umum menjadi salah satu solusi yang kerap kali kita lakukan.

Namun ternyata, Anda tentunya harus mengetahui beberapa hal untuk dapat tersambung ke jaringan suatu Wifi dengan akses tanpa batasan. Sehingga, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam menggunakan wifi yang tersedia tersebut.

Cara Scan Barcode Wifi Tanpa Aplikasi, Mudah dan Praktis
unsplash.com

Cara Scan Barcode Wifi Tanpa Aplikasi, Lebih Gampang dan Langsung Terhubung

Sekarang ini bahkan setiap tempat umum sudah tersedia jaringan Wifi yang bisa diakses dengan mudah. Namun, tidak jarang ada beberapa jaringan Wifi yang memerlukan password untuk bisa mengaksesnya. Sedangkan tidak semua akses password diberikan secara cuma-cuma kepada setiap orang.

Nah, dengan perkembangan teknologi sekarang, Anda bisa terhubung dengan jaringan Wifi hanya menggunakan scan barcode. Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika ingin scan barcode Wifi tanpa menggunakan aplikasi.

Cara Scan Barcode Di Android

Cara scan barcode Wifi tanpa aplikasi yang pertama harus Anda perhatikan. Terutama jika saat ini sedang menggunakan ponsel jenis android. Sebetulnya, proses scan barcode di ponsel jenis android tidaklah sulit. Meskipun begitu, ternyata, hal tersebut bagi sebagian orang masih cukup asing bahkan belum pernah mereka coba sebelumnya.

Oleh karena itu, simak tata caranya berikut ini. Cara yang  pertama, Anda wajib membuka aplikasi pemindai bawaan smartphone. Fitur ini, biasanya akan muncul tampilan scan pada layar. Selanjutnya Anda bisa meletakan kode QR yang sebelumnya sudah Anda dapatkan di depan layar. Anda tinggal tunggu hingga scan selesai dilakukan.

Nantinya, secara otomatis Anda akan diarahkan ke layar persetujuan agar terhubung ke Wifi yang Anda maksud tersebut. Kemudian klik hubungkan ke jaringan ini. Tunggu beberapa saat, hingga smartphone Anda terhubung ke jaringan Wifi tersebut.

Cara Scan Di iPhone

Cara scan barcode Wifi tanpa aplikasi selanjutnya ini, cocok bagi Anda yang menggunakan sistem operasi iPhone. Caranya tidak kalah mudah, Anda hanya perlu memanfaatkan sistem bawaan kamera saja untuk melakukan scan barcode Wifi yang Anda inginkan.

Namun, hal ini hanya bisa digunakan oleh pengguna iPhone dengan versi iOS 11 ke atas saja. Sementara versi lain yang ada di bawahnya, belum bisa menggunakan fasilitas ini. Langkah pertama Anda perlu membuka aplikasi kamera bawaan smartphone. Kemudian arahkan kamera pada scan barcode yang sudah didapatkan.

Tunggu hingga proses pemindaian berjalan dan selesai dilakukan. Kemudian tekan pemberitahuan mengenai informasi yang muncul. Setelah itu pop up mengenai informasi atau link akan muncul dengan otomatis kemudian klik gabung untuk menghubungkannya.

Menggunakan Google Lens

Cara scan barcode Wifi tanpa aplikasi yang selanjutnya, Anda bisa memanfaatkan Google Lens. Sebagian dari kita mungkin saja belum mengetahui apa itu platform dari Google ini. Menurut pengertiannya, Google Lens merupakan fitur terbaru yang hampir rata-rata ada di smartphone yang berfungsi untuk scan gambar.

Nah, Anda bisa menggunakannya juga untuk scan barcode Wifi. Caranya cukup mudah untuk Anda lakukan, sehingga tidak perlu khawatir. Anda bisa tekan serta tahan tombol Home agar muncul Google Asisten, kemudian klik menu Google Lens pada kiri bawah.

Setelah itu, secara otomatis kamera akan terbuka dan tinggal arahkan kamera ke QR code Wifi yang sebelumnya sudah didapat. Tunggu hingga proses scan selesai dilakukan dan Anda sudah terhubung ke Wifi  yang siap ANda gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Menggunakan Situs

Cara terakhir, Anda bisa memanfaatkan situs tertentu untuk scan barcode Wifi melalui salah satu platform online, seperti barcode reader.com. Situs ini menawarkan scan gambar yang sangat mudah untuk Anda lakukan.

Cara scan barcode Wifi menggunakan situs ini, Anda bisa simpan kode QR yang akan di scan kemudian buka browser di atas. Selanjutnya, Anda bisa pilih file yang akan di upload dan pilih menu start.

Tunggu hingga cara scan barcode Wifi tanpa aplikasi selesai. Jika sudah, Anda akan langsung diarahkan ke hasil scan barcode dari situs tersebut. Nah, scan barcode sudah selesai dilakukan, dan Anda bisa langsung terhubung ke jaringan internet.