Cara Scroll di Laptop Bisa Dilakukan dengan Berbagai Metode Mudah
satutitiknol.com

Cara Scroll di Laptop Bisa Dilakukan dengan Berbagai Metode Mudah

Cara scroll di laptop terkadang menjadi hal yang sangat penting diketahui. Bagi beberapa orang yang sudah bisa mengoperasikan laptop mengenai caranya scroll seperti apa mungkin bukanlah suatu hal yang asing lagi. Akan tetapi hal tersebut tidak berlaku jika Anda baru pertama kali belajar mengoperasikan laptop. Penggunaan laptop dalam kehidupan sehari-hari nyatanya juga sangatlah penting.

Komputer desktop dan laptop merupakan dunia yang terpisah mengenai hal konfigurasi perangkat keras. Keduanya mempunyai banyak perbedaan. Secara default penggunaan laptop itu bisa kita operasikan dengan menggunakan touchpad bukan Mouse. Kendati demikian bukan berarti penggunaan laptop itu tidak bisa kita pasang Mouse eksternal. Laptop juga bisa menggunakan motor tersebut untuk scroll. Meskipun begitu adanya touchpad pada laptop terkadang banyak orang yang memilih untuk tidak menggunakan Mouse.

Adanya touchpad pada laptop tentunya bukan menjadi teknologi dunia wilayahnya. Tapi sebelum membahas lebih jauh mengenai seperti apa cara scroll di laptop. Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan scroll itu sendiri? Mungkin istilah tersebut sebenarnya sudah tidak asing. Tapi ketika ditanya mengenai pengertiannya bukan tidak mungkin juga jika kita kesulitan memberikan pernyataan yang lebih tepatnya. Selama ini kita hanya paham bahwa scroll merupakan aktivitas menaik turunkan kursor.

Cara Scroll Laptop Bisa Dilakukan dengan Berbagai Metode Mudah
satutitiknol.com

Cara Scroll di Laptop, Simak!

Mengenai Scroll itu sendiri ternyata bisa kita lakukan dengan berbagai cara. Sedangkan cara scroll laptop yang paling mudah adalah menggunakan mouse. Saat menggunakan mouse Anda hanya harus menggulirkan tombol scroll pada mouse itu. Maka secara otomatis halaman tersebut akan bergeser sesuai dengan keinginan. Jika sudah demikian itu, berarti sekolah merupakan kegiatan yang sangat penting dilakukan supaya kita bisa mendapatkan informasi lebih banyak mengenai apa yang sedang kita kerjakan menggunakan laptop tersebut.

Perlu Anda ketahui bahwa scroll berasal dari bahasa Inggris yang apabila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia melalui Google Translate adalah menggulir. Dengan kata lain istilah tersebut merupakan kegiatan menggeser  bagian suatu halaman ke arah atas, bawah, samping dengan tujuan bisa melihat bagian yang lainnya. Tentunya halaman tersebut sebelumnya belum kita lihat. Mungkin sudah menjadi pengetahuan umum jika setiap halaman desktop itu mempunyai banyak bagian.

Maka tidak heran jika semua yang ditampilkan itu tidak bisa kita lihat dalam satu halaman saja. Melainkan akan ditampilkan menjadi beberapa halaman. Nah salah satu upaya, yang bisa dilakukan untuk mengetahui semua halaman yakni dengan melakukan scrolling. Sebagai contohnya ada mempunyai file yang berupa word dengan jumlah 100 halaman. Maka untuk bisa melihat seluruh halaman tentunya Anda harus melakukan scrolling.

Bagi Anda yang belum mengetahui seperti apa cara scroll di laptop berikut ini informasi lebih jelasnya. Pertama ada bisa scroll menggunakan keyboard. Bagaimana caranya? Seperti yang sudah kita ketahui pada bagian akibat laptop itu terdapat tombol arah. Yaitu arah atas, bawah, kanan dan kiri yang berbentuk panah. Mungkin sebelumnya kita memanfaatkan tombol panah tersebut untuk memindah letak ataupun posisi kursor.

Cukup mudah caranya ketika anda ingin melakukan scroll atas maka katakanlah bentuk panah ke arah atas. Kemudian Jika Anda ingin menggeser ke kanan ataupun kiri maka Pilihlah tombol panah ke arah kanan dan kiri begitu juga jika Anda ingin melakukan scroll ke bawah.

Scroll Bar

Tidak hanya bisa menggunakan keyboard melainkan cara scroll di laptop juga bisa dengan bar. Scroll bar sendiri merupakan menu navigasi pada halaman desktop. Letaknya adalah di bagian pojok kanan dan pada bagian bawah. Berupa garis-memanjang. Guna bisa menggunakan cara yang satu ini Anda cukup menekan dan menahan garis strip yang memanjang tersebut. Setelah itu tahan kemudian tarik ke bawah ataupun atas.

Untuk scroll bar ini sendiri juga bisa dilakukan menggunakan mouse. Dengan demikian itu berarti Scroll bar juga akan bergerak mengikuti arah scroll yang kita lakukan.

Touchpad

Tidak hanya itu saja cara scroll di laptop. Pasalnya, Anda juga bisa scroll menggunakan touchpad. Nggak bisa dikatakan juga mungkin cara ini merupakan cara yang paling populer bagi mereka yang tidak menggunakan Mouse eksternal. Anda bisa menggerakkan pointer kemudian klik kiri. Lalu, gerakan pointer ke arah atas dan bawah.

PgUp, PgDn, Home dan End

Metode lain untuk laptop adalah lewat keyboard namun, bukan pada tombol yang berbentuk anak panah. Melainkan tombol page up, page down End dan home. Hal penting yang harus Anda ingat ketika menggunakan cara scroll di laptop yang satu ini adalah hanya bisa digunakan untuk scroll ke atas dan bawah.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah tekan tombol page up dengan tujuan melakukan Scroll ke halaman atas. Kemudian tekan tombol page down untuk scroll ke halaman bawah. Berikutnya adalah tombol home yang berfungsi scroll langsung ke bagian awal. Terakhir end supaya Anda bisa langsung ke bagian akhir.

Sebelumnya juga sudah disinggung bahwa cara Scroll di laptop bisa dilakukan menggunakan mouse. Jika sebelumnya juga sudah dijelaskan bahwa scroll menggunakan touchpad merupakan cara yang populer. Maka metode menggunakan mouse ini merupakan cara yang paling mudah dilakukan.