Cara Scan Foto di HP Tanpa Aplikasi, Pengguna Android Harus Tahu!
istockphoto.com

Cara Scan Foto di HP Tanpa Aplikasi, Pengguna Android Harus Tahu!

Cara scan foto di hp tanpa Aplikasi sangat mudah sekali hanya membutuhkan waktu singkat dan cepat. Maksud dari scan foto tanpa Aplikasi ini yakni Anda hanya memanfaatkan dan menggunakan fitur bawaan pada ponsel tanpa menggunakan bantuan pihak ketiga Aplikasi.

Scan foto sendiri menjadi salah satu hal yang wajib diketahui, khususnya bagi orang awam. Secara umum scan foto digunakan untuk membuat dokumen file menjadi bentuk digital. Salah satunya melakukan scan sebuah dokumen maupun foto bisa Anda lakukan hanya dengan bantuan ponsel saja.

Artikel kali ini akan menjelaskan dan memberikan cara untuk scan foto pada ponsel tanpa menggunakan Aplikasi mudah dan cepat sekali.

Cara Scan Foto Di HP Tanpa Aplikasi
istockphoto.com

Inilah Cara Scan Foto di HP Tanpa Aplikasi, Mudah!

Apakah Anda belum tahu mengenai cara scan foto di HP tanpa Aplikasi? Jika belum maka kami akan memberikan sebuah cara dan solusi mudah untuk Anda coba skerakang.

Ya, pada zaman dahulu untuk melakukan scan foto harus menggunakan alat khusus. Namun seiringnya perkembangan zaman dan berjalannya waktu, Anda sudah bisa menggunakan ponsel untuk solusi tersebut.

Jadi dengan memanfaatkan fitur pada ponsel yang ada, para pengguna bisa melakukan scan foto dengan cepat. Solusi ini tentu hanya membutuhkan waktu cepat dna hingga berjam-jam.

Maka langsung saja berikut ini metode dan langkah-langkahnya bisa Anda coba:

Melalui Google Drive

Metode dan cara untuk scan foto pada ponsel tanpa Aplikasi yaitu menggunakan bantuan Aplikasi Goole Drive. Metode sati ini merupakan cara mudah sebab hanya menggunakan langkah-langkah sederhana yang bisa Anda tiru dan coba.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Aplikasi Drive pada ponsel Android Anda.
  2. Jika belum punya, maka silahkan unduh melalui Google Play Store.
  3. Pada halaman utama, klik ikon + tepatnya bagian kanan bawah.
  4. Lalu Anda lanjutkan pilih popsi “Pindai”.
  5. Silahkan arahkan kamera ponsel ke dokumen yang ingin Anda scan.
  6. Lalu ambil foto, pastikan posisinya sudah bagus.
  7. Setelah itu edit atau atur foto sesuai keinginan Anda sendiri.
  8. Nantinya hasil dari scan tersebut akan tersimpan dalam format PDF pada Google Drive.

Setelah Anda mengetahui cara scan foto di HP tanpa Aplikasi, kini giliran Anda tahu sebenarnya apa sih scan itu? Scan sendiri merupakan proses memindai sebuah objek dokumen yang akan Anda ubah menjadi suatu data digital berupa file.

Sedangkan untuk scanner merupakan alat untuk scan dokumen. Scan ini lebih ke arah pengerjaan yang Anda lakukan dalam pemindaian dokumen dengan alat yang bernama scanner. Scanner sendiri bisa menduplikat sebuah objek dari bantuan sensor cahaya yang ada pada dalamnya.

Fungsi Scan

Fungsi scan dengan alat bantu scanner adalah untuk melakukan pemindaian objek dokumen berupa struktur tulisan maupun gambar terdeteksi oleh sensor mesin scanner yang bisa mengkonversikannya dalam bentuk data digital berupa file JPEG atau PDF.

Dalam fungsinya, scanner bisa menggandakan objek hard copy berupa kertas atau foto ke dalam bentuk digital. Selanjutnya, Anda bisa menyimpannya ke dalam komputer. Jadi kondisi ini akan memudahkan pengguna dalam menyimpan berkas. Dengan demikian, apabila dokumen disknya rusak atau hilang, masih terdapat cadangan lainnya dalam bentuk digital.

Cara Kerja Scan

Scan adalah proses yang telah dikerjakan untuk memindai sebuah objek yang digunakan dengan bantuan alat khusus untuk mengkonversinya. Langsung saja berikut ini beberapa cara kerja dari scan perlu Anda ketahui.

  • Pertama saat Anda melakukan objek dokumen berupa kertas dan menekan tombol scan pada layar kaca scanner. Secara otomatis mesin akan melakukan proses scanning.
  • Selanjutnya, akan muncul cahaya yang terpancar oleh mesin.
  • Dari teknologi CCD tersebut, selanjutnya pemindaian dikirim ke ADC untuk menerima data berasal dari CCD serta mengubahnya menjadi bentuk digaital.
  • Setelah hasil masuk ke komputer, file bisa langsung Anda simpan atau edit sesuai keinginan Anda dalam memilih format filenya.

Sudah sangat jelas bukan bagaimana cara scan foto di HP tanpa aplikasi beserta informasi seputar mengenai scan, mulai dari pengertian hingga cara kerjanya. Sehingga Anda dapat langsung mempraktikkannya.