Cara Scan Kode QR WiFi di Android Tanpa Aplikasi
Unsplash.com

Cara Scan Kode QR WiFi di Android Tanpa Aplikasi dengan Cepat!

Penggunaan QR Code saat ini sudah menjadi keperluan yang semakin meningkat. Tidak jarang juga banyak orang membagikan lokasi menggunakan QR Code di undangan acara yang mereka buat, terutama pada WiFI. Akan tetapi tidak semua orang dapat mengakses QR Code yang sudah diberikan. Alasannya karena tidak semua orang memiliki aplikasinya. Maka berikut ini cara scan kode QR WiFi di Android tanpa aplikasi yang bisa kamu terapkan.

Cara Scan Kode QR WiFi di Android Tanpa Aplikasi
Unsplash.com

Cara Scan Kode QR WiFi di Android Tanpa Aplikasi dengan Cepat

Cara scan kode QR WiFi di Android dan tanpa aplikasi cukup mudah untuk kamu lakukan. Saat ini sudah ada banyak perangkat yang dapat berbagi sandi WiFi menggunakan scan barcode. Misalnya seperti kode QR WiFi. Hal ini memungkinkan jaringan WiFi dapat dibagikan melalui kode QR dan perangkat lain dapat scan kode tersebut. Smartphone kini sudah banyak yang menyertakan fitur ini, dengan demikian perangkat tinggal scan barcode tersebut dan otomatis akan tersambung.

Deskripsi Singkat QR Code

QR code ini merupakan singkatan dari quick response code. Kode ini merupakan barcode dengan dua dimensi yang dapat memberikan berbagai jenis informasi secara cepat dan langsung. Biasanya QR code ini dapat menyimpan 2089 digit atau bisa 4289 karakter yang sudah termasuk karakter spesial dan tanda baca. Dengan demikian QR code dapat menampilkan teks kepada pengguna, membuka URL, menyimpan kontak, dan banyak hal lagi.

QR ini terdiri dari susunan kotak hitam di dalam kotak persegi pada latar belakang putih. Kode ini dapat terbaca oleh perangkat pencitraan seperti kamera dan kemudian diproses menggunakan koreksi kesalahan Reed-Solomon lalu pada akhirnya gambar bisa ditafsirkan dengan tepat. Nantinya data ini akan diekstraksi dari pola yang sudah ada di dalam komponennya.

Proses dari scan ini tidak membutuhkan alat khusus seperti scan barcode. Karena kamu dapat memanfaatkan smartphone untuk proses scannya. Jadi kamu tidak perlu khawatir scan QR code di smartphone Android tidak memerlukan aplikasi tambahan. Jika kamu ingin menghemat penyimpanan internal bisa menggunakan cara di bawah ini.

Menggunakan Google Lens 

Rata-rata pada smartphone sekarang terlebih lagi keluaran terbaru sudah tersemat fitur Google Lens. Google Lens ini bisa kamu temukan di Google Assistant. Fitur ini kebanyakan digunakan untuk scan gambar dan juga mencari tahu informasi dari sebuah gambar. Menariknya fitur ini juga bisa kamu gunakan untuk scan kode QR. Cara scan kode QR WiFi di Android tanpa aplikasi ini mudah.

Ini dia cara scan kode QR WiFi menggunakan Google Lens:

  • Pertama-tama tekan dan tahan beberapa detik tombol home agar Google Assistant dapat muncul.
  • Selanjutnya kamu klik tab icon Google Lens di bawah kiri yang berbentuk kotak.
  • Kemudian tab icon akan memunculkan kamera.
  • Langkah terakhir kamu tinggal mengarahkan kamera ke barcode dan dia akan otomatis scan kode QR WiFi. Kamu perlu mengarahkan kamera dengan letak yang benar agar Google Lens dapat membaca dengan benar.

Menggunakan Pemindai Bawaan Smartphone 

Ada beberapa brand smartphone sudah memberikan fitur scan untuk penggunanya. Contoh brand Android yang sudah menyediakan fiturnya seperti Xiaomi. Menariknya lagi fitur ini dapat kamu gunakan untuk scan barcode WiFI. Berikut ini cara untuk scan kode QR WiFi menggunakan fitur bawaan:

  • Pertama-tama kamu bisa buka fitur untuk scan bawaan smartphone.
  • Saat kamera sudah terbuka kamu bisa arahkan kamera ke kode QR WiFi. Jangan lupa untuk memposisikan kamera ke barcode dengan benar agar bisa terbaca.
  • Kemudian tunggu proses scan hingga selesai.
  • Setelah selesai otomatis akan tersambung ke WiFI tanpa perlu memasukan kata sandi lagi.

Melalui Situs 

Selanjutnya kamu juga bisa menggunakan situs tertentu untuk scan kode QR WiFi. Kamu biasa menggunakan situs onlinebarcodereader.com dan berikut caranya:

  • Pertama-tama kamu bisa menyimpan gambar kode QR dahulu.
  • Kemudian buka browser dan masuk ke situs onlinebarcodereader.com.
  • Setelah itu klik Pilih File dan upload gambar kode QR WiFi lalu klik start.
  • Setelah proses selesai kamu akan diarahkan ke hasil scan dan selesai.

Itu tadi cara scan kode QR WiFi di Android tanpa aplikasi. Caranya mudah dan kamu tidak akan kehilangan penyimpanan internal untuk mendownload aplikasi. Selamat mencoba.