Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Windows 7, Dijamin Mudah!
marine.co.id

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Windows 7, Dijamin Mudah!

Cara uninstall aplikasi di laptop Windows 7 sangatlah penting untuk diketahui. Hal ini bisa membantu kinerja laptop agar berjalan lebih baik. Uninstall aplikasi memang perlu dilakukan akibat terjadinya penumpukan aplikasi yang tidak penting terinstall di laptop. Untuk itu,  Anda perlu melakukan uninstall aplikasi yang tidak penting di laptop.

Perlu diketahui bahwa aplikasi yang tidak dibutuhkan, namun terinstall di laptop justru akan membuat kinerja laptop melambat. Selain itu, juga bisa mengakibatkan laptop rentan rusak. Untuk mengatasi masalah ini menghapus atau mencabut aplikasi tidak penting menjadikan solusi paling tepat.

Melakukan uninstall aplikasi pada laptop akan membuat kinerja laptop kembali normal dan ruang penyimpanan menjadi lebih besar. Bahkan keamanan laptop menjadi lebih terjamin dan kuat. Meski Windows 7 sudah mulai dilupakan, namun bukan berarti tidak ada lagi yang menggunakannya. Hingga kini masih ada beberapa laptop yang menggunakan Windows 7. Untuk melakukan uninstall aplikasi di windows 7 caranya juga mudah.

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Windows 7, Dijamin Mudah!
marine.co.id

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Windows 7, Langkahnya Sangat Mudah

Laptop merupakan komputer jinjing yang banyak digunakan untuk membantu memudahkan pekerjaan manusia di berbagai bidang. Fungsi dari laptop ini tidak jauh berbeda dengan personal komputer atau PC. Justru perangkat ini lebih mudah digunakan dan pastinya praktis, sebab bisa Anda bawa ke mana saja. Saat ini tersedia banyak pilihan laptop dari sejumlah brand terkenal seperti Asus, Hp, Acer, dan lain sebagainya. Beberapa brand tersebut juga sudah melengkapi produknya dengan prosesor terbaik.

Kapasitas ruang penyimpanannya serta random access memory juga semakin besar. Hal ini memungkinkan Anda untuk menyelesaikan suatu tugas tertentu lebih cepat. Terkadang meski sudah melengkapi dengan spesifikasi tinggi, performa laptop juga bisa menurun. Apalagi dipengaruhi beberapa faktor, misalnya seperti terlalu banyak software atau aplikasi. Jika sudah mengalami masalah ini, maka harus mengetahui cara uninstall aplikasi yang ada di laptop. Dengan begitu, performa laptop tersebut akan kembali berjalan normal.

Hampir semua seri laptop hingga PC yang digunakan secara mandiri oleh seseorang, biasanya menggunakan sistem operasi Windows 10. Meski demikian, ada juga yang masih menggunakan Windows 7. Windows 7 merupakan sistem operasi yang cukup populer pada awal tahun 2007-an. Saat ini OS tersebut mulai banyak yang meninggalkannya. Namun bukan berarti bahwa penggunanya sudah tidak ada lagi. Bagi Anda yang masih menggunakan sistem operasi ini, simak cara uninstall aplikasi di laptop Windows 7 berikut ini.

  • Langkah pertama, buka Control Panel di Start Menu.
  • Selanjutnya pilih menu Programs.
  • Setelah itu, klik Programs and Features.
  • Jika sudah, Anda bisa pilih tombol Uninstall. Selain itu, bisa juga dengan klik kiri dua kali pada ikon aplikasi, lalu tekan Uninstall.
  • Kemudian, tekan Yes untuk menghapus aplikasi di Windows 7 tersebut.

Sebagai informasi, terdapat beberapa aplikasi tambahan yang bisa Anda gunakan untuk mengatur dan menghapus aplikasi di laptop. Aplikasi tersebut bisa mengelola cache sekaligus, namun tersedia dalam mode berbayar saja.

Uninstall Aplikasi dengan Perangkat Lunak Pihak Ketiga

Untuk uninstall aplikasi di laptop selanjutnya juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Sebagian dari Anda tentu sudah menyadari bahwa penguninstalan aplikasi memberikan banyak manfaat. Para pengembang aplikasi juga membuat aplikasi pihak ketiga yang bisa digunakan untuk uninstall aplikasi. Berikut ini adalah dua aplikasi pihak ketiga untuk uninstall aplikasi pada sistem operasi windows.

CCleaner

CCleaner merupakan salah satu perangkat lunak yang berguna untuk membersihkan aplikasi dan sampah yang ada pada laptop. Saat ini sudah banyak yang download aplikasi ini. CCleaner termasuk ampuh untuk meng uninstall aplikasi yang tidak penting di laptop. Cara uninstall aplikasi di laptop Windows 7  melalui CCleaner sebagai berikut.

  • Pastikan Anda sudah melakukan install perangkat lunak ini di laptop.
  • Selanjutnya, buka symbol tab yang terdapat pada sisi kiri bagian atas CCleaner.
  • Kemudian klik aplikasi yang ingin Anda bersihkan atau di uninstall, lalu tekan tombol analisis.
  • Langkah berikutnya pilih run Cleaner setelah analisis sudah selesai.
  • Anda bisa tunggu beberapa saat, hingga aplikasi sudah di uninstall.

Revo Uninstaller

Revo Uninstaller juga bisa menjadi salah satu alternatif perangkat lunak pihak ketiga yang terbukti ampuh untuk menghapus aplikasi atau program di laptop. Pengguna windows banyak yang menggunakan perangkat lunak pihak ketiga ini. Langkah uninstall menggunakan perangkat lunak Revo Uninstaller sebagai berikut.

  • Langkah pertama, download dan install aplikasi Revo Uninstaller terlebih dahulu.
  • Jika sudah install, buka aplikasi tersebut.
  • Selanjutnya masuk di antar muka atau beranda aplikasi dan akan ditampilkan berbagai aplikasi yang terinstall di laptop Anda.
  • Kemudian pilih salah satunya, lalu tekan fitur uninstall.
  • Pastikan tunggu beberapa saat hingga aplikasi sudah  di uninstall.

Coba cara uninstall aplikasi di laptop Windows 7 tersebut tidaklah sulit. Jika sudah berhasil menghapus aplikasi yang tidak Anda butuhkan akan membuat kinerja laptop jadi lebih baik.