Cara Undo Di Laptop Atau PC, Sangat Praktis Bagi Pemula
unsplash.com

Cara Undo Di Laptop Atau PC, Sangat Praktis Bagi Pemula

Ada beberapa cara undo di laptop yang sebenarnya bisa dengan mudah untuk Anda lakukan sehingga Anda tidak perlu khawatir. Undo merupakan menu yang digunakan untuk mengembalikan tindakan yang sebelumnya dilakukan pada laptop atau PC.

Biasanya ketika Anda mengerjakan suatu pekerjaan di Word, PowerPoint, dan Excel, menu undo ini akan otomatis tersedia dan bisa dengan baik kita manfaatkan. Anda bisa menggunakannya untuk mengembalikan pekerjaan yang sebelumnya Anda ubah selama Anda belum menyimpan 100%, undo adalah solusi paling tepat.

Keberadaan fitur ini tentunya akan sangat membantu apabila terdapat kesalahan tindakan ketika sedang menggunakan program laptop. Program seperti Word, PowerPoint dan Excel memang dilengkapi dengan adanya program undo yang akan membantu mengembalikan perubahan terakhir.

Cara Undo Di Laptop Atau PC, Sangat Praktis Bagi Pemula
unsplash.com

Bagaimana Cara Undo di Laptop?

Anda bisa memanfaatkan undo untuk mengembalikan perubahan terakhir sebelum Anda melakukan kesalahan tersebut. Misalnya Anda tidak sengaja menghapus perubahan terakhir yang Anda lakukan. Nah, undo ini akan membantu mengembalikan perubahan yang Anda hapus.

Biasanya fitur ini berupa panah melengkung yang terdapat pada bagian atas program laptop atau PC. Sehingga Anda akan mudah menemukannya. Cara menjalankan program ini juga cukup mudah sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir ketika melakukan kesalahan.

Beberapa program dalam laptop memang sudah dilengkapi dengan program undo yang pastinya akan semakin memudahkan Anda. Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengoperasikan fitur undo pada laptop atau PC.

Undo Pada Windows

Cara undo di laptop pada program Windows sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan sehingga Anda tidak perlu khawatir. Untuk membatalkan tindakan pada program Windows Anda bisa menekan CTRL+Z Anda bisa menemukannya berulang kali jika ingin membatalkan beberapa perubahan.

Atau jika Anda lebih suka menggunakan mouse Anda bisa klik bagian kiri atas pada menu panah melengkung untuk membatalkan beberapa perubahan. Namun, biasanya ketika tindakan tersebut tidak dapat dibatalkan akan berubah menjadi Tidak Dapat Dibatalkan.

Untuk membatalkan tindakan secara bersamaan Anda bisa klik anak panah melengkung dan pilih daftar yang ingin dibatalkan. Cara ini sebenarnya sudah cukup familiar bahkan beberapa orang yang sering melakukan pekerjaan dengan program di laptop sudah tidak asing.

Mengembalikan dan Mengulangi Tindakan Pada Windows

Cara undo di laptop untuk mengembalikan tindakan di Windows Anda bisa tekan Ctrl+Y atau F4 jika tidak berfungsi Anda bisa tekan Fn atau F-Lock. Sedangkan jika Anda ingin mengulangi tindakan Anda bisa klik Ctrl+Y atau F4 sebenarnya cara yang dilakukan sama saja.

Anda bisa menggunakan formula-formula ini untuk mengembalikan tindakan yang sebelumnya Anda lakukan dan ternyata mengalami kesalahan. Atau Anda juga bisa memanfaatkan menu panah melengkung pada bagian kiri atas untuk mengembalikan tindakan.

Cara Undo Pada MacOS

Cara undo di laptop berikutnya ketika Anda menggunakan laptop dengan program mac OS Anda bisa memanfaatkan beberapa formula. Anda bisa tekan tombol formula +Z untuk mengembalikan tindakan yang sebelumnya Anda lakukan dan ternyata salah.

Atau Anda bisa memanfaatkan tombol panah melengkung pada bagian kiri atas untuk mengembalikan tindakan yang sebelumnya dilakukan. Untuk membatalkan beberapa tindakan Anda bisa klik menu panah ini berulang kali hingga semua tindakan sebelumnya kembali.

Sama halnya dengan program Windows mengembalikan tindakan pada mac OS sebenarnya tidak memiliki perbedaan. Namun, ada beberapa perbedaan penggunaan formula pada sistem operasi mac OS yang tidak terdapat pada sistem operasi Windows.

Mengulangi dan Mengembalikan Tindakan Pada MacOS

Kemudian, cara yang tepat untuk mengulangi tindakan tersebut, Anda bisa klik menu anak panah melengkung pada sebelah kanan bagian atas. Sedangkan jika Anda ingin mengembalikan tindakan yang sebelumnya Anda lakukan biasanya Anda harus klik menu anak panah melengkung sebelah kiri.

Atau Anda juga bisa menggunakan formula tertentu untuk mengembalikan tindakan atau mengulangi tindakan yang sebelumnya dilakukan. Langkah ini sudah pasti cukup mudah untuk Anda lakukan sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir ketika akan melakukannya.

Cara Undo Pada Web

Cara undo di laptop selanjutnya untuk Anda yang melakukan pekerjaan menggunakan Word, PowerPoint, dan Excel menggunakan Web. Untuk menggunakan undo Anda bisa memanfaatkan tombol anak panah melengkung pada bagian kiri atas atau menggunakan formula tertentu.

Biasanya undo ini bisa menggunakan formula Ctrl+Z jika Anda tidak bisa membatalkan tindakan biasanya anak panah tersebut akan berwarna redup. Sedangkan jika Anda bisa membatalkan anak panah tersebut akan berwarna terang dan Anda bisa mengembalikan tindakan sebelumnya.

Mengembalikan Tindakan Pada Web

Cara undo di laptop untuk mengembalikan tindakan pada laptop Anda bisa klik menu anak panah melengkung ke kanan. Biasanya jika tidak bisa digunakan, anak panah tersebut akan berwarna redup. Perubahan warna ini sebetulnya memiliki sebuah makna, yang artinya Anda tidak bisa mengembalikan tindakan yang sebelumnya dilakukan.