Cara Upgrade Processor Laptop yang Perlu Diikuti, Mudah dan Anti Ribet!
freepik.com

Cara Upgrade Processor Laptop yang Perlu Diikuti, Mudah dan Anti Ribet!

Cara upgrade processor laptop bisa kita lakukan dengan mudah sekali. Untuk meningkatkan performa dari perangkat silahkan untuk melakukan ini, maka ikuti langkah ini membuat sistem Anda makin baik.

Laptop Anda sering nge-lag dan membutuhkan upgrade sistem segera? Coba untuk cek pada bagian prosesornya untuk membantu kita dalam meningkatkan kualitasnya sekarang juga. Jadi silahkan ikuti langkah berikut ini untuk membuktikannya.

Sehingga tidak perlu membeli laptop dengan spesifikasi yang lebih tinggi dan tentu saja mahal. Oleh karena itu silahkan simak selengkapnya khusus untuk Anda. Praktekkan sambil mengikuti panduan yang kami berikan tersebut untuk memudahkannya.

Cara Upgrade Processor Laptop yang Perlu Diikuti, Mudah dan Anti Ribet!
freepik.com

Cara Upgrade Processor Laptop yang Perlu Diikuti

Apabila Anda ingin melakukan upgrade pada laptop coba pastikan bahwa prosesornya kita pasang dengan tepat. Untuk itulah silahkan mengikuti langkah mudah mengganti prosesor yang akan kita bahas kali ini.

1. Periksa Processor Laptop

Langkah pertama silahkan untuk memeriksa pada processornya tersebut sehingga kita mengetahui apakah memang perlu mengganti atau hanya membersihkannya saja. Cek juga pada prosesor tersebut memang bisa diganti atau sudah permanen.

Perlu Anda ketahui bahwa zaman sekarang ini terdapat laptop yang memang prosesornya berjenis permanen sehingga tentu tidak bisa diganti. Namun jika ingin mencoba cek pada soket yang bisa di cek pada bagian casing laptopnya tersebut. Biasanya ketika melakukan hal seperti ini kita memang akan membutuhkan pelepasan pada heatsinknya sekalian, lakukan dengan hati-hati.

Pemeriksaan prosesor ini yang paling penting adalah untuk memastikan apakah memang permanen atau bisa copot pasang. Hal seperti ini perlu sekali untuk kita cek sedari awalnya tentu saja, jadi jangan sembarangan langsung melepasnya tanpa pertimbangan panjang.

2. Pasang Processor yang Tepat dengan Soket

Selanjutnya silahkan untuk memastikan pada bagian soketnya tersebut. Ketika mengganti tentu saja kita perlu memastikan terlebih dahulu apakah memang akan terpasang dengan merek yang tepat. Hal seperti ini akan memberikan kondisi yang jelas lebih baik untuk dipertimbangkan, jadi jangan sembarangan.

Pastikan soket memang support pada jenis laptop yang Anda gunakan tersebut juga. Berhubungan dengan motherboardnya, kita bisa cari tahu terlebih dahulu sebelum mengganti atau bahkan membelinya nanti.

3. Lakukan Update Bios

Cara upgrade processor laptop yang selanjutnya adalah dengan mengecek pada bagian update Biosnya. Pada dasarnya update ini tidak wajib Anda lakukan segera. Hanya saja dengan melakukan ini kita bisa mendapatkan kinerja laptop yang lebih baik daripada sebelumnya.

Kegunaan Bios sendiri adalah sebagai bentuk penyimpanan untuk segala informasi. Perangkat keras yang akan tersambung langsung pada motherboard ini berkesinambungan untuk Anda perhatikan. Oleh karena itulah mulai sekarang ini silahkan cek kondisinya terlebih dahulu untuk membantu mempersiapkan kondisinya lebih baik secara terkini.

Kami lebih sarankan untuk Anda melakukan upgrade sehingga processor laptop tersebut akan meningkat kualitasnya. Seperti pada spesifikasi perangkat keras yang baru saja diganti sistemnya, nanti akan lebih mudah terdeteksi oleh Bios tersebut. Jangan lewatkan untuk melakukan upgrade sekarang ini.

4. Gunakan Pasta Processor

Cara upgrade processor laptop yang selanjutnya adalah mempersiapkan pastanya. Bagian ini akan membantu dalam mendinginkan heatsink, cooling istilahnya. Permukaan yang bersentuhan akan lebih mudah mengalami pendinginan seperti ini tentu saja.

Oleh karena itulah apabila kita mempertimbangkan penggunaan komponen ini tidak perlu khawatir. Jelas akan memberikan pengaruh yang baik terhadap sistem atau perangkat yang digunakan tersebut sekarang juga.

5. Masukan Processor yang Baru

Langkah terakhir tinggal masukkan processor yang baru ke dalam motherboard yang akan kita gunakan tersebut. Biasanya ketika processor memang sudah sesuai pada soket akan mudah terpasang dengan tepat. Hal seperti ini akan membantu kita dalam meletakkannya dan memastikan pemasangannya sudah benar.

Arah processor juga harus diperhatikan, kita bisa cek pada tanda segitiga masing-masing sudutnya tersebut. Lalu akan bisa masuk ke lubangnya tersebut tanpa perlu khawatir sama sekali.

Manfaat Mengganti Processor

Perlu Anda ketahui bahwa dengan mengganti dan mengetahui cara upgrade processor laptop akan membantu untuk meningkatkan sistem. Selain itu tentu saja laptop akan bekerja dengan lebih baik daripada sebelumnya, hal seperti ini perlu Anda pertimbangkan dengan baik. Karena ketika bisa menggantinya sendiri kenapa harus meminta bantuan kepada orang lain.

Pertimbangkan penghematan seperti ini sekarang perlu Anda lakukan agar lebih efektif. Jangan sampai membuang uang hanya untuk mengganti komponen yang sebenarnya mudah kita pelajari sendiri. Asalkan sudah mengetahui langkah dan mengikutinya dengan tepat kita bisa jamin hasilnya akan berkualitas seperti pemasangan di tempat service andalan.

Cara upgrade processor laptop ini mudah sekali untuk kita coba asalkan memang sudah memiliki gantinya yang tepat. Daripada harus membeli laptop baru kami sarankan Anda mengganti komponen yang ini terlebih dahulu. Selamat mencoba!