Cara Verifikasi Instagram Melalui Email
Gawai Mikro

Cara Verifikasi Instagram Melalui Email, Mudah dan Terbukti Cepat

Cara verifikasi Instagram melalui email merupakan trik terbaik supaya tidak terjadi pembobolan akun. Dengan mengamankan data yang tersimpan di aplikasi populer tersebut, Instagram tidak akan memberikan celah sekecil apapun bagi oknum tak bertanggung jawab untuk memanfaatkan akun milik Anda. Hal ini terbukti dengan rutin meng-update keamanan pengguna hingga melapisi perlindungan keamanan ke para user.

Cara Verifikasi Instagram Melalui Email
Gawai Mikro

Berikut Ini Cara Verifikasi Instagram Melalui Email

Mayoritas pengguna Instagram menggunakan email saat mendaftarkan akun IG mereka. Tentu hal ini menjadi awal yang baik sebelum mempraktekkan cara verifikasi Instagram melalui email.

Namun, ada beberapa persyaratan dan ketentuan yang berlaku dan harus Anda patuhi. Salah satu syarat tersebut antara lain adalah profil Instagram masih bisa mengakses alamat email yang Anda daftarkan sebelumnya.

Bila syarat tersebut sudah terpenuhi barulah Anda bisa melanjutkan tahap verifikasi melalui email. Tutorial lengkap yang akan memandu Anda adalah:

  • Terlebih dahulu silakan melakukan restart terlebih dahulu. Pastikan juga jaringan internet di sekitar Anda lancar tanpa kendala.
  • Tahap selanjutnya sebagai cara verifikasi Instagram melalui email adalah silakan lanjutkan dengan login ulang masuk ke akun Instagram. Klik Account Instagram.
  • Setelah jendela baru terbuka, Anda akan berhadapan dengan tampilan halaman yang menyatakan bahwa Instagram minta untuk melakukan verifikasi.
  • Saat muncul 2 pilihan, silakan klik opsi tombol Verify by email.
  • Selanjutnya, buka email dari Instagram untuk mengambil kode keamanan Instagram milik Anda.
  • Selanjutnya, silakan kembali ke Instagram dan masukkan kode verifikasi tersebut. Kode verifikasi tersebut berupa 6 digit angka.
  • Langkah akhir verifikasi Instagram melalui email adalah segera ganti atau ubah password Anda. Ini bertujuan supaya Anda tidak lagi mendapat aba-aba untuk melakukan verifikasi Instagram kembali.

Beberapa kasus yang terjadi di lapangan sering menunjukkan bahwa pengguna Instagram kerap gagal mengakses akun email untuk mendaftar Instagram. Tak perlu panik. Anda bisa menggunakan cara verifikasi jika lupa password dan email.

Cara Mendapatkan Kode Verifikasi Instagram Lewat SMS

Selain cara verifikasi Instagram melalui email, Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara verifikasi jika lupa password dan email. Sama seperti tutorial sebelumnya, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus Anda perhatikan.

Syaratnya adalah pastikan Anda telah melengkapi profil Instagram dengan nomor HP dan nomor tersebut masih aktif.

Bila yakin Anda telah memenuhi persyaratan tersebut silakan menerapkan cara mendapatkan kode verifikasi melalui SMS. Tutorial selengkapnya adalah,

  • Terlebih  dahulu silakan me-restart atau mulai ulang ponsel cerdas milik Anda.
  • Kemudian lanjutkan dengan login ke akun Instagram. Di tahap ini, Instagram akan meminta kode verifikasi.
  • Karena kasusnya lupa, maka pilih opsi Verify by SMS.
  • Tunggu beberapa saat hingga Instagram akan mengirim kode verifikasi melalui pesan ke SMS.
  • Setelah menerima pesan berupa kode verifikasi, silakan kembali ke Instagram.
  • Selanjutnya, ketikkan kode verifikasi yang tertera di pesan masuk SMS tadi.
  • Tunggu beberapa saat sampai akun email terbuka.
  • Langkah terakhir adalah silahkan untuk mengubah password supaya lebih aman.

Pada beberapa kasus, pengguna juga sering tidak menerima pesan berupa kode verifikasi. Tentu ada sebabnya.

Pada intinya, verifikasi Instagram hanya memerlukan waktu sekejap. Kurang lebih sekitar 1 minggu. Bila pihak IG tidak mengabulkan pengajuan verifikasi, maka Anda harus menunggu hingga 30 hari ke depan untuk melakukan pengajuan verifikasi akun kembali.

Cara Mendapatkan Kode Verifikasi Instagram yang Tidak Terkirim atau Email dan Nomor HP sudah Ganti?

Meski tidak diinginkan, namun beberapa pengguna Android sering menghadapi masalah seperti lupa nomor HP yang digunakan untuk mendaftarkan Instagram, HP hilang sehingga terpaksa harus mengganti ke nomor baru, atau lupa mengingat nomor HP yang Anda pakai untuk mendaftar Instagram dahulu.

Seakan telah memprediksi masalah tersebut, para pengembang IT terus mengembangkan inovasi pembaruan di bidang teknologi. Salah satu hasilnya adalah sukses menemukan cara mendapatkan kode verifikasi IG yang tak kunjung Anda terima. Terapkan langkah-langkah berikut ini:

  • Silakan membuka aplikasi Instagram terlebih dahulu.
  • Selanjutnya, klik opsi Dapatkan bantuan untuk masuk.
  • Lanjutkan dengan mengetikkan nama pengguna, dalam hal ini adalah Anda. Bisa juga dengan mengetikkan email atau nomor HP yang masih aktif dan terhubung.
  • Tunggulah beberapa saat hingga beranda menampilkan foto dan nama Anda tersemat di sana.
  • Selanjutnya, silakan tap Tidak memiliki akses.
  • Kemudian lanjutkan dengan memberi tanda checklist pada semua pilihan yang ada.
  • Nah, langkah terakhir untuk mendapatkan kode verifikasi untuk Instagram baik melalui email atau cara lain adalah klik report hacked account atau other.
  • Bila muncul kolom, maka tuliskan keluhan Anda mengapa tidak berhasil mendapatkan kode konfirmasi berupa 6 digit angka.
  • Tunggu hingga ada pemberitahuan bahwa email telah menerima pesan masuk yang baru, dimana isi pesan adalah kode verifikasi yang Anda minta.

Langkah selanjutnya adalah menulis kode tersebut di kertas kemudian berswa foto dengan kertas tersebut. Foto tersebut lantas akan dikirim sebagai balasan pesan masuk tadi.

Untuk selanjutnya, silakan menunggu email untuk mereset password Instagram.

Cara Supaya Akun Instagram Terverifikasi

Berselancar di dunia maya, dalam hal ini adalah Instagram cukup mengasyikkan. Terlebih IG dikenal sebagai aplikasi canggih berbekal segudang akun-akun asli milik para tokoh publik, brand, hingga selebriti.

Uniknya, Instagram menyediakan banyak akun asli. Hal ini bertujuan untuk memudahkan semua pengguna IG untuk menemukan akun tersebut.

Namun, jika pengguna IG mengalami kegagalan dalam memverifikasi akun, kemungkinan besar syarat-syarat wajibnya belum terpenuhi dengan baik. Oleh karena itu, perlu mengetahui beberapa persyaratan berikut ini.

Bersifat autentik, yakni akun yang digunakan tidak boleh menyimpang. Artinya, harus dapat mewakili orang, bisnis, maupun entitas yang sebelumnya telah terdaftar.

Syarat supaya Instagram mengabulkan verifikasi akun IG Anda adalah harus bersifat unik. Ingat bahwa Instagram tidak pernah mengijinkan verifikasi akun minat umum, kecuali untuk akun dengan bahasa tertentu. Singkatnya, akun tersebut harus unik sehingga mewakili setiap orang atau brand.

Akun wajib bersifat publik dan mempunyai kelengkapan seperti bio, foto profil, hingga satu postingan. Ini karena IG tidak bisa mencantumkan tautan Tambahkan saya ke sosial media lain.

Akun berfungsi sebagai pantulan cermin. Dengan demikian setidaknya akun Anda harus populer terlebih dahulu dan banyak dicari.

Instagram meninjau akun yang ditampilkan di berbagai platform berita dan tidak ada pertimbangan untuk konten berbayar atau promosi sebagai sumber peninjauan. Satu hal yang pasti adalah bila akun tersebut famous maka banyak pihak yang akan mencarinya.

Kini tak perlu bingung lagi menerapkan bagaimana cara verifikasi Instagram melalui email. Hal penting untuk Anda ketahui adalah meskipun berhasil mendapatkan logo verified, namun tanpa persetujuan siapapun, IG masih berkuasa mencabut atau menonaktifkan hingga menghapus akun milik Anda tersebut. Hal ini terjadi ketika Anda melakukan pelanggaran.