Jelaskan Cara Membuat Karya Aplikasi dengan Bahasamu Sendiri, Simak!
youtube.com

Jelaskan Cara Membuat Karya Aplikasi dengan Bahasamu Sendiri, Simak!

Jelaskan cara membuat karya aplikasi dengan bahasamu sendiri memang akan membuat lebih mudah dipahami. Sebab, setiap orang pastinya memiliki daya tangkap yang berbeda.

Terkadang ada orang yang merasa kesulitan jika diterangkan dengan bahasa yang terlalu rumit. Dalam membuat karya seni aplikasi, pemahaman mengenai tahap-tahap pembuatannya harus lengkap.

Jangan sampai Anda salah memahami intruksi yang diberikan dan justru membuat karya berpotensi menjadi gagal. Nah, berikut ini penjelasannya.

Jelaskan Cara Membuat Karya Aplikasi dengan Bahasamu Sendiri, Simak!
youtube.com

Jelaskan Cara Membuat Karya Aplikasi dengan Bahasamu Sendiri, Ini 5 Caranya!

Apakah Anda tahu apa itu karya aplikasi? Sebenarnya ini sama seperti karya seni lainnya. Karya aplikasi juga memiliki nilai estetika atau keindahan yang tinggi.

Seni aplikasi ini biasanya diterapkan untuk menghias sebuah kain atau kertas yang polos. Dasar yang polos tersebut dapat ditempeli dengan aplikasi-aplikasi yang indah sesuai dengan kesukaan agar terlihat semakin menarik.

Perlu Anda ketahui bahwa seni aplikasi ini termasuk ke dalam jenis 3 dimensi. Artinya, karya seni aplikasi memiliki panjang, lebar, tinggi, dan juga volume. Seni 3 dimensi merupakan kebalikan dari 2 dimensi.

Mengetahui seni 3 dimensi pun sangat mudah. Seni 3 dimensi umumnya akan memiliki tekstur dan dapat dirasakan indra peraba manusia, sedangkan seni 2 dimensi tidak. Itu karena seni 2 tidak memiliki volume.

Sebelum masuk dengan jelaskan cara membuat karya aplikasi dengan bahasamu sendiri, Anda harus memahami terlebih dahulu pengertian sebenarnya. Karya aplikasi merupakan suatu teknik dalam karya seni.

Pada seni aplikasi, teknik hias yang biasa diterapkan dalam seni menempel dengan jahit-menjahit pada kain. Sedangkan jika pada kertas, maka seni tempelnya menggunakan lem kertas.

Tanpa sadar pasti Anda sudah sering melihat atau menemukan penerapan dari seni aplikasi dalam keseharian. Memang seni aplikasi ini sangat bermanfaat untuk memperindah kain atau kertas.

Dengan menggunakan seni aplikasi, maka kain milik Anda akan semakin menarik. Sehingga, tampilannya tidak akan monoton seperti sebelum-sebelumnya.

Membuat karya aplikasi ini sebenarnya tidak tergolong sulit. Hanya saja Anda harus mengerti bahwa ada tahap-tahap yang wajib dilakukan secara urut. Nah, berikut ini jelaskan cara membuat karya aplikasi dengan bahasamu sendiri agar tidak salah langkah.

Membuat Desain Aplikasi

Di dalam seni aplikasi, Anda akan menempelkan aplikasi yang dibuat ke atas sebuah kain atau kertas. Jika pertama kali melakukannya, maka pastinya akan sedikit membingungkan.

Namun begitu, sebenarnya membuat karya aplikasi ini cukup sederhana. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat desain aplikasi tersebut. Anda bisa memikirkan hal-hal yang disukai.

Jika masih bingung juga, maka Anda bisa mencarinya di internet. Di sana pasti akan ada begitu banyak inspirasi untuk aplikasi yang akan Anda gunakan dalam cara membuat karya aplikasi dengan bahasamu sendiri.

Gambar Desain di Atas Kertas

Apabila sudah berhasil menemukan desain aplikasi yang tepat, maka gambar terlebih dahulu desain di kertas. Itu sangat memudahkan Anda untuk memotong kain sebagai aplikasi nantinya.

Anda bisa menggambar pola dengan detail. Perlu Anda ketahui bahwa jika ingin membuat huruf atau pola lainnya yang memiliki harus menghadap arah tertentu, maka gambarlah secara berlawanan.

Itu bertujuan agar nanti hasil potongan kain atau kertas aplikasi bisa menghadap ke arah yang diinginkan. Untuk jelaskan cara membuat karya aplikasi dengan bahasamu sendiri yang lebih mudah, maka sebaiknya gunakan saja pensil untuk menggambar.

Apabila Anda menggambar pola di atas lapisan atau kain yang dapat ditempelkan dengan setrika, maka pastikan bahwa menggambarnya di atas sisi yang halus. Lapisan kain keras yang Anda tempelkan dengan setrika biasanya tersedia di toko-toko lain.

Carilah bahan yang memiliki lapisan kertas sehingga mudah untuk Anda lepaskan. Hal ini akan sangat mempermudah Anda saat akan memasangkan aplikasi pada pakaian.

Gunting Pola yang Sudah Digambar

Kemudian, jelaskan cara membuat karya aplikasi dengan bahasamu sendiri selanjutnya adalah masuk ke dalam tahap pemotongan. Agar lebih mudah, akan lebih baik jika Anda menggunakan gunting yang tajam.

Potonglah pola tersebut dengan perlahan tetapi pasti. Anda tidak perlu terburu-buru dalam memotong pola karena justru bisa membuat kesalahan. Sebaiknya Anda memotong dengan perlahan, apalagi jika polas yang Anda pilih itu cukup rumit.

Setelah pola di atas kertas terpotong, Anda bisa langsung menempelkannya jika ingin membuat seni aplikasi di atas kertas. Namun, Anda masih harus memotong kain mengikuti pola di atas kertas tersebut jika menggunakan kain sebagai media seni aplikasi.

Menempelkan Aplikasi

Langkah selanjutnya dalam jelaskan cara membuat karya aplikasi dengan bahasamu sendiri adalah menempelkannya. Sebelum menempelkan potongan pola aplikasi, Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa bahan dasarnya sudah bersih. Jika menggunakan kain, pastikn kain tersebut sudah disetrika.

Jika Anda menggunakan bahan katun atau sejenisnya yang bisa mengecil kapan saja, maka cucilah menggunakan mesin cuci dan mesin pengering untuk mempersiapkannya sebelum dipasangkan dengan aplikasi.

Sebelum benar-benar merekatkannya, Anda bisa mencoba memposisikan aplikasi tersebut di atas kain agar tahu tempat yang tepat. Jika sudah mantap, maka Anda bisa segera menjahitnya.

Satu hal yang perlu Anda ketahui, jika membuat seni aplikasi dengan bahan dasar kain, maka Anda tidak harus menjahitnya dengan mesin jahit. Anda tentunya bisa menempelkannya dengan metode jahit manual menggunakan tangan. Itu akan jauh lebih efektif sekaligus membuat diri Anda sendiri belajar bagaimana menjahit dengan tepat.

Jahitlah beberapa senti dari ujung potongan aplikasi. Ini akan membuatnya jahitnya semakin lekat dan memiliki risiko keluar yang lebih sedikit. Sedangkan jika Anda memiliki aplikasi dengan beberapa lapisan, maka jahitlah lapisan yang ada di bawah terlebih dahulu.

Setelah itu barulah Anda bisa menempatkan jahitan lapisan kedua di atasnya, dan begitupun seterusnya. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan penggunaan warna yang berbeda untuk setiap lapisan kain.

Merapikan Hasil Tempelan Aplikasi

Apabila proses menempel dalam jelaskan cara membuat karya aplikasi dengan bahasamu sendiri sudah selesai, maka bukan berarti Anda sudah selesai. Nyatanya, masih ada tahap terakhir yang harus Anda lakukan agar hasil karya lebih rapi lagi.

Tahap terakhir yang harus Anda lakukan adalah merapikan hasil karya aplikasi tersebut. Tahap merapikan ini bukan hanya untuk menghilangkan benang-benang atau lem tambahan di sekitar aplikasi, tetapi juga sekaligus mengecek apakah semuanya sudah maksimal atau belum.

Banyak orang yang terlalu asik menempelkan aplikasi sehingga tidak sadar akan kesalahan kecil. Adapun kesalahan kecil seperti itu memang seringkali terlihat jika sudah selesai. Oleh karena itu, Anda tidak boleh melewati tahap terakhir ini jika menginginkan hasil yang sempurna dengan sedikit kesalahan.

Anda bisa mulai melakukan cara di atas sendiri di rumah ataupun untuk kebutuhan praktek di sekolah. Mengetahui jelaskan cara membuat karya aplikasi dengan bahasamu sendiri pastinya akan lebih mudah dipahami, sehingga kesalahannya akan lebih sedikit.